Unik, Gedebog Pisang Jadi Camilan Berduit - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Actavia Nur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Juni 2022

Jumat, 1 Juli 2022 08:46 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Unik, Gedebog Pisang Jadi Camilan Berduit

    Memutar ide demi kestabilan perekonomian di tengah pandemi. KKN membawa dampak positif pada UMKM. Ide kreatif dapat dijadikan peluang mendapatkan uang.

    Dibaca : 473 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    SURABAYA – Dalam upaya menjaga kestabilan perekonomian Indonesia, wirausahawan berusaha mengolah dan berfikir kreatif terhadap barang di sekitarnya supaya menjadi uang dan dapat melanjutkan kehidupannya di tengah pandemi.

    Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sectoral yang dilakukan pada waktu dan daerah tertentu.

    Pada KKN Semester genap 2021 UNTAG Surabaya ini salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi, Actavia Nur Asita berkesempatan untuk KKN di daerah Desa Tegalagung Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban selama 12 hari mulai tanggal 16 Juni 2022 – 27 Juni 2022. Sebuah kebanggaan tersendiri dapat menyelesaikan kegiatan KKN dan memberikan edukasi kepada mitra terkait digital marketing sehingga dapat menambah pendapatan. Selama menjalankan kegiatan KKN Actavia dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dwi Harini Sulistyawati S.ST.,MT sehingga program kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan baik dan lancar.

    “Awalnya saya cuma iseng saja memotong gedebog pisang dan menggorengnya, kemudian istri saya mencoba hasil gorengan itu dan berkata enak tetapi tidak ada rasa. Dalam waktu 3 hari berturut-turut istri saya mencoba untuk membuat resep bumbu yang cocok untuk dicampurkan sama gedebog pisang ini sehingga menimbulkan rasa pada keripiknya. Tidak lama saya dan istri mempunyai ide untuk dijual saja selain menghasilkan uang juga mengisi waktu luang di rumah,” ujar Ali Pemilik Usaha Gedebog Pisang.

    Dalam program kerjanya Actavia membantu dalam memasarkan produk yang dimiliki oleh pak Ali melalui media sosial dan juga market place, sehingga mendapatkan keuntungan lebih dari hasil penjualan melalui media sosial.

    “Alhamdulillah dengan adanya KKN daru UNTAG Surabaya, usaha saya jadi dikenal oleh banyak orang karena dibantu dalam memasarkan melalui media sosial dan juga foto produk sehingga menarik masyarakat untuk membeli produk ini,” ujar Rana anak pemilik usaha keripik gedebog pisang.

    Diharapkan untuk ke depannya UMKM di Indonesia dapat dikenal lebih jauh oleh masyarakat sehingga dapat membantu perekonomian UMKM di Indonesia.

    #UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

    Ikuti tulisan menarik Actavia Nur lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.