Mau Liburan ke Bali? Cek Rekomendasi Hotel dan Vila Ini - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Pantai Dreamland Bali (piknikwisata.com)

Shinta Dewi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juli 2022

Rabu, 27 Juli 2022 07:46 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Mau Liburan ke Bali? Cek Rekomendasi Hotel dan Vila Ini

    Artikel ini membahas rekomendasi Vila dan Hotel di Bali berdasarkan rating Traveloka dan Tiket.com

    Dibaca : 881 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bali yang sering disebut sebagai Pulau Dewata menjadi salah satu pilihan destinasi wisata favorit baik untuk turis lokal maupun turis mancanegara. Berdasarkan hasil riset dari World's Best Award Survey, Bali menduduki peringkat ke-3 sebagai pulau terfavorit di Asia dengan skor sebesar 90,32. Maka, tidak dipungkiri apabila Pulau Seribu Dewa selalu ramai dikunjungi khususnya pada saat musim liburan.

    Selain karena budayanya yang sangat kental dan keindahan alam yang menawan, tidak jarang pula para turis mempertimbangkan akomodasi penginapan yang pas dan cocok untuk menghabiskan waktu berlibur mereka selama di Bali. Apalagi adanya tren dan program pemerintah untuk Work From Bali selama pandemi Covid-19 menjadikan tempat penginapan sebagai salah satu concern utama para wisatawan. 

    Akomodasi penginapan baik itu Hotel dan Vila yang nyaman akan memberikan kesan positif tersendiri bagi turis yang sedang menghabiskan waktu mereka di Bali. Oleh karena itu, kami merilis riset mengenai rekomendasi 5 Hotel dan 5 Vila berdasarkan analisa yang dilakukan pada OTA (Online Travel Agency) Traveloka dan Tiket.com. Traveloka dan Tiket.com merupakan 2 OTA terpopuler di Indonesia dalam pencarian tiket pesawat, hotel, maupun tiket online lainnya (Statista, 2020).
    Pemandangan Alam di Bali - Source:hotels.com
    Adapun ketentuan untuk menganalisa 5 Hotel dan 5 Vila di Bali adalah sebagai berikut:

    1. Merupakan hotel dan vila dengan rata-rata rating tertinggi

    2. Memiliki bintang minimal 4 di Traveloka dan Tiket.com

    3. Memiliki rating lebih dari 8.0 di Traveloka dan rating lebih dari 4.0 di Tiket.com

    4. Minimal review adalah 5 di masing-masing OTA

    5. Harga kamar minimal Rp1.000.000/malam

     

    Infografis Rekomendasi Hotel dan Vila Berdasarkan Analisa di Traveloka dan Tiket.com :

    Infografis Rekomendasi Hotel dan Vila di Bali - Source:Mai Melali Content Marketing

    Catatan:

    • Riset ini dilakukan pada bulan Juli 2022

    • Rating di Tiket.com untuk masing-masing hotel dan vila dikali 2 untuk memudahkan perhitungan

     

    Berdasarkan infografis di atas, didapatkan hasil sebagai berikut:

    1. Bali Nusa Dua Hotel merupakan hotel dengan rata-rata rating tertinggi yaitu sebesar 8,85 dan Theanna Eco Villa & Spa menduduki peringkat pertama vila dengan rata-rata rating tertinggi yaitu 9,5.

    2. Discovery Kartika Plaza Hotel merupakan hotel dengan jarak paling dekat ke bandara Ngurah Rai International yaitu 2,6km, dan Maca Villas & Spa merupakan vila dengan jarak yang paling dekat ke bandara yaitu 12,4km.

    3. Dengan syarat budget minimal Rp1.000.000/malam wisatawan dapat menikmati kamar hotel dengan luas sekitar 30m2, sedangkan untuk vila wisatawan dapat menikmati area yang lebih luas yaitu sekitar 100m2 .

    4. Adanya ketentuan maksimal jumlah tamu hotel pada setiap kamarnya, umumnya maksimal 2 orang per kamar, sedangkan di vila tidak ada maksimal jumlah pengunjung.

    5. Berdasarkan hasil riset di atas, 4 dari 5 vila memiliki fasilitas dapur pribadi, sedangkan untuk hotel tidak tersedia fasilitas dapur pribadi. Untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan memasak makanan pribadi akan lebih cocok untuk bermalam di vila.

    6. Adanya fasilitas arena bermain anak pada beberapa hotel di atas, sedangkan untuk vila tidak ada arena khusus untuk bermain anak. Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan tersendiri untuk wisatawan yang memiliki anak kecil.

    7. Fasilitas olah raga ataupun gym tersedia pada semua hotel, sayangnya untuk vila belum ada fasilitas khusus olahraga seperti di hotel.

    8. Di hotel para pengunjung dapat menikmati room service yang siap siaga 24 jam, sedangkan hanya 1 dari 5 vila yang memiliki fasilitas room service 24 jam yaitu Nunamkhalu Villa.

    9. Kolam renang pribadi terdapat di semua vila sehingga para tamu dapat menikmati kolam renang hanya bersama keluarga maupun rekan mereka. Namun, untuk hotel di atas hanya terdapat kolam renang umum dimana pengunjung harus saling berbagi untuk menikmati fasilitas tersebut.

    Lalu, Bagaimana dengan Fasilitas maupun Review Hotel dan Vila Tersebut?

    Hotel

    1. Bali Nusa Dua Hotel

    Bali Nusa Dua menduduki peringkat pertama dengan rata-rata rating tertinggi di Traveloka dan Tiket.com dengan nilai 8,85. Di hotel ini para wisatawan akan disuguhkan dengan fasilitas menarik seperti kolam renang outdoor, spa, kids clubmeeting room, dan masih banyak berbagai fasilitas lainnya.

    Selain itu fasilitas yang tidak kalah menarik adalah adanya sepeda untuk tamu hotel yang dapat digunakan untuk berkeliling di kawasan Nusa Dua Hotel, fasilitas antar jemput pantai, pusat perbelanjaan, dan bandara. Untuk fasilitas antar jemput ini dapat kamu konsultasikan lebih lagi dengan pihak hotel ya.

    Bali Nusa Dua juga terletak di kawasan komplek resort yang ekslusif nih. Tidak perlu khawatir karena disekitar hotel juga dikelilingi dengan pusat perbelanjaan maupun cafe seperti Kopi Petani, Cornerstone Deli, dan lain sebagainya. 

    Bali Nusa Dua Hotel - Source: balinusaduahotel.com

    • Harga: Mulai dari Rp1.000.000,00
    • Alamat: Kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot NW/1, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 11,3km
    • Instagram: @balinusaduahotel
    • Wisata sekitar : Bali National Golf Club, Pantai Nusa Dua, Pantai Samuh

    2. Discovery Kartika Plaza

    Hotel yang juga tidak kalah mempesona adalah Discovery Kartika Plaza. Hotel yang terletak di kawasan Kuta ini menjadi salah satu pilihan para turis untuk menghabiskan liburan mereka saat di Bali. Pemandangan hotel yang menghadap ke arah pantai semakin membuat hotel ini menarik untuk dikunjungi.

    Discovery Kartika Plaza Hotel memiliki 3 restoran dan 4 bar sehingga wisatawan tidak perlu repot-repot untuk mencari kuliner di luar sana. Selain itu, adanya fasilitas kids club tidak hanya akan membuat anak-anak nyaman tetapi orang tua pun juga akan sangat dimudahkan. Salah satu fasilitas yang juga cukup menarik hotel ini menyediakan fasilitas pengasuh bayi lho, yang tentunya juga akan ada biaya tambahan ya.

    Discovery Kartika Plaza Hotel - Source: discovery-hotel.com

    • Harga : Mulai dari Rp1.300.000,00
    • Alamat : Jl. Kartika Plaza, Kuta, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 2,6km
    • Instagram : @discoverykartikaplaza
    • Wisata sekitar : Pantai Kuta, Waterbom Bali Indonesia

    3. Nikko Bali Benoa Beach

    Hotel yang berlokasi di daerah Kuta Selatan ini memiliki kamar yang cukup mewah dengan dekorasi khas Bali. Dilengkapi dengan fasilitas free wifi, balkon kamar, dan coffee maker akan membuat kenyamanan tersendiri bagi wisatawan.

    Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas kelas yoga lho, sangat cocok untuk para tamu untuk istirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Untuk tamu hotel yang ingin menikmati olahraga yang lebih berat bisa juga menikmati fasilitas gym ataupun berenang. 

    Nikko Bali Benoa Beach - Source: hotelnikkobali-benoabeach.com

    • Harga : Mulai dari Rp1.200.000,00
    • Alamat : Jl. Pratama No.68X, Tj. Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 12,8km
    • Instagram : @hotelnikkobali
    • Wisata sekitar : Pantai Nusa Dua, Tanjung Benoa

    4. Jambuluwuk Oceano Seminyak Bali

    Selanjutnya, yang tidak kalah menarik adalah Hotel Jambuluwuk Oceano Seminyak Bali. Dilengkapi dengan dekorasi ala bali dan suasana tropis menjadikan wisatawan semakin nyaman untuk menginap di hotel ini. Untuk wisatawan yang ingin menikmati breakfast ala-ala di kolam renang juga bisa lho

    Jambuluwuk Oceano Seminyak Bali - Source: booking.com

    • Harga : Mulai dari Rp1.000.000,00
    • Alamat : Petitenget St No.108, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung Regency, Bali 80361
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 12,6km
    • Instagram : @jambuluwukseminyak
    • Wisata sekitar : Pantai Seminyak, Mano Beach House

    5. Pullman Bali Legian Beach Hotel & Resorts

    Hotel ini berlokasi di daerah Kuta, salah satu daerah favorit para turis apabila berkunjung ke Bali. Beberapa kamar hotel dilengkapi dengan pemandangan pantai yang akan membuat tamu hotel semakin nyaman untuk menginap di hotel ini.

    Fasilitas free wifigym, kolam renang juga tersedia di hotel ini. Selain itu, untuk anda yang menyukai yoga, Pullman menyediakan yoga kit yang dapat digunakan selama menginap di hotel. Beberapa spot di Pullman Bali juga sangat instagramable sehingga cocok untuk diabadikan dan diunggah ke media sosial kamu.

    Pullman Bali Legian Beach - Source: booking.com

    • Harga : Mulai dari Rp1.300.000,00
    • Alamat : Hotel Pullman Bali Legian Nirwana, 1 Melasti Bali, Legian, Kuta, Badung Regency, Bali 80361
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 8,5km
    • Instagram : @pullmanbali
    • Wisata sekitar : Pantai Legian, Nasi Pedas Ibu Andika

    Vila

    1. Theanna Eco Villa & Spa

    Villa yang sangat cantik ini berlokasi di kawasan Canggu. Salah satu kawasan favorit di Bali yang sering dikunjungi para wisatawan. Perpaduan gaya Jepang, Bali, dan Skandinavia membuat Theanna Eco Villa & Spa semakin menawan apalagi ditambah dengan ornamen tradisional Bali.

    Fasilitas yang ditawarkan oleh Theanna Eco Villa & Spa diantaranya adalah fasilitas dapur pribadi, free wifi, bathtub, dan lain sebagainya. Pelayanan yang sangat ramah dan kebersihan vila yang terjaga menjadikan vila ini sebagai vila dengan rata-rata rating tertinggi. 

    Bahkan ulasan di google review juga menunjukan nilai yang cukup tinggi yaitu 4,8. Pantas saja vila yang satu ini sering menjadi perhatian wisatawan yang berkunjung ke daerah Canggu, Bali. 

     

    Theanna Eco Villa and Spa -Source: theasiacollective.com

    • Harga : Mulai dari Rp2.300.000,00
    • Alamat : Jl. Pantai Batu Bolong No.25 A, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 18,1km
    • Instagram : @theannavilla
    • Wisata sekitar : Petingetet Beach & Temple, Kerobokan Village

    2. Nunamkhalu Private Villas & Spa

    Apabila anda menyukai daerah pantai, vila yang satu ini bisa jadi list yang perlu dipertimbangkan untuk bermalam bersama keluarga maupun dengan teman kamu. Terdapat beberapa pantai yang sangat cantik seperti Pantai Pandawa, Melasti, dan Gunung Payung.

    Salah satu yang menarik dari vila ini selain tempatnya yang hommy adalah pelayanannya. Anda akan disambut dan dimanjakan dengan minuman segar, buah-buahan, dan pijat kaki selama 15 menit lho. 

    Terdapat juga fasilitas breakfast di kolam renang yang akan menjadikan liburan anda semakin menyenangkan. Sangat cocok juga untuk tamu vila yang sedang Work From Bali karena adanya fasilitas free wifi. Setelah bekerja seharian bisa juga lho menikmati fasilitas spa di vila ini. Hmmm menarik sekali ya.

    Nunamkhalu Private Villa and Spa - Source: booking.com

    • Harga : Mulai dari Rp1.000.000,00
    • Alamat : Jl. Melasti II, Kutuh, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 16,9km
    • Instagram : @nunamkhalubali
    • Wisata sekitar : Pantai Melasti

    3. Maca Villas & Spa

    Hanya berjarak sekitar 3km dari Pantai Seminyak menjadikan Macca Villas & Spa sebagai rekomendasi Vila Mai Melali. Maca Villas & Spa memiliki gaya klasik modern dengan dihiasi ornamen tradisional Bali.

    Vila ini menawarkan fasilitas kelas yoga, spa, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, tamu vila mendapatkan free akses ke Soham Wellness Center.

    Maca Villas & Spa - Source:villabaliholidays.com

    • Harga : Mulai dari Rp2.600.000,00
    • Alamat : Jl. Lb. Sari Jl. Petitenget No.7, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 12,4km
    • Instagram : @macavillasbali
    • Wisata sekitar : Pura Petitenget

    4. The Awandari Villas

    The Awandari Villas berlokasi di Seminyak dan dikelilingi oleh tempat wisata yang cukup populer seperti Pantai Berawa dan Potato Head Beach Club. Fasilitas yang ditawarkan oleh vila ini adalah kolam renang pribadi, spa, dan juga bathtub pada setiap kamar mandi.

    Kamu juga bisa menikmati float breakfast di Vila yang satu ini. The Awandari Villas juga sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan dinner bersama keluarga karena tempatnya yang private  dan fasilitas pelayan yang ramah.

    The Awandari Villas - Source:booking.com

    • Harga : Mulai dari Rp1.500.000,00
    • Alamat : Jl. Cendrawasih No.77, Petitenget, Seminyak, Bali -- Indonesia
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 12,7km
    • Instagram : @theawandarivillas
    • Wisata sekitar : Potato Head Beach Club, Pantai Berawa

    5. Kayangan Villa Ubud

    Kayangan Villa Ubud dikelilingi oleh persawahan yang semakin membuat para wisatawan tenang saat bermalam di vila ini. Seringkali Kayangan Villa Ubud menawarkan paket menginap untuk wisatawan seperti paket menginap saat nyepi, chinese new year, dll. 

    Fasilitas yang ditawarkan adalah kolam renang pribadi, spa, maupun laundry service.  Tidak hanya itu, kamu bisa bersepeda di komplek persawahan di sekitar vila lho atau mengikuti kelas yoga dengan pemandangan langsung ke sawah. 

    Kayangan Villa Ubud - Source: kompas.com

    • Harga : Mulai dari Rp1.000.000,00
    • Alamat : Kenderan, Tegallalang, Gianyar Regency, Bali 80561
    • Jarak ke Bandara Ngurah Rai : 46km
    • Instagram : @kayanganvillaubud
    • Wisata sekitar : Tenggalang Rice Terrace, Ubud Palace

     

    Simpulan

    Bali, sebagai salah satu pulau yang indah di Indonesia masih menjadi pilihan favorit tersendiri baik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan liburan mereka. Akomodasi penginapan khususnya hotel dan vila seringkali menjadi salah satu pertimbangan utama para turis agar liburan mereka lebih menyenangkan dan berkesan. Adanya tren Work From Bali juga menjadikan penginapan di Bali makin populer.

    Melalui riset ini, saya berharap dapat mempermudah para wisatawan untuk memutuskan akomodasi penginapan terbaik mereka dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Selain itu, artikel maupun infografis yang telah dirilis ini juga dapat dijadikan pertimbangan bagi para stakeholder untuk terus meningkatkan kualitas baik itu hotel maupun vila yang ada.

    Untuk mendapatkan tips & trick maupun informasi wisata di Bali dapat mengunjungi website Mai Melali.

    Ikuti tulisan menarik Shinta Dewi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.