x

Memberikan buku kas usaha kepada pelaku UMKM Gethuk Lindri

Iklan

Dita Yulia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Agustus 2022

Sabtu, 27 Agustus 2022 07:08 WIB

Pelatihan Pembukuan Usaha pada UMKM Gethuk Lindri di Desa Tawangsari

Mahasiswa KKNT MBKM UNISRI 2022 kelompok 10 melakukan pelatihan pembukuan usaha pada UMKM Gethuk Lindri di rumah produksi ibu Muji yang beralamat di dusun Sentono, desa Tawangsari, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar pada hari Jumat tanggal 19 Agustus 2022.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sejak adanya pandemi, kondisi perekonomian di Indonesia berada di titik rendah. Banyak dari mereka yang usahanya gulung tikar, tetapi kita percaya akan selalu ada peluang dan harapan disaat kesulitan melanda. Karena beragam kreativitas dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat menggerakan roda ekonomi Indonesia, perkenomian mulai bangkit kembali. Dengan ini terbukti bahwa kinerja UMKM mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia dan menjadi tulang punggung Indonesia. Untuk itu, UMKM harus memiliki kinerja yang baik. Melalui kinerja tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

UMKM yang berada di desa Tawangsari sangat beragam diantaranya adalah Gethuk Lindri, Konveksi, Anyaman plastik dan kayu, Marning Rudal, Kaligrafi krikil, Gurameh, Lele dan masih banyak lainnya. Sedangkan sasaran umkm yang dituju untuk program kerja ini adalah UMKM Gethuk Lindri. Tujuan menargetkan UMKM Gethuk karena diantara umkm yang sudah dikunjungi, umkm gethuk ini yang belum menerapkan pembukuan dalam usahanya padahal umkm gethuk ini sudah banyak dikenal, sudah banyak relasinya, dan satu-satunya di desa Tawangsari. Jadi sangat perlu diadakan pembukuan dalam usahanya. 

Merespon hal tersebut, kelompok 10 Unisri yang berada di desa Tawangsari melakukan pelatihan pembukuan usaha pada UMKM Gethuk Lindri di desa Tawangsari. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Menurut saya, pembukuan ini sangat penting dilakukan terutama di UMKM, pencatatan sederhana sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Melalui pembukuan, pemilik UMKM dapat melihat kondisi dan perkembangan bisnis, termasuk keuntungan dan kerugian usaha. Dengan ini, pembukuan dapat dijadikan patokan dalam merancang strategi bisnis kedepannya,” ujar Dita Yulia, selaku pelaksana kegiatan. 

Harapannya, pelatihan pembukuan ini bisa bermanfaat dan setelah pelatihan pembukuan pelaku UMKM dapat membuat pembukuan sendiri secara sistematis dan tertib dalam melakukan pencatatan keuangan sehingga pemasukan, pengeluaran serta keuntungan yang diperoleh dapat terukur.

Membantu proses produksi sebelum melakukan pelatihan pembukuan usaha pada UMKM Gethuk Lindri di Desa Tawangsari.

Ikuti tulisan menarik Dita Yulia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu