x

Ikan Cupang. Foto: Wikipedia

Iklan

Adinda Mecca

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Agustus 2022

Senin, 29 Agustus 2022 18:53 WIB

Cara Ternak dan Budidaya Ikan Cupang Hias

Jika Anda ingin memelihara hewan, ikan bisa menjadi pilihan. Cupang Hias adalah salah satu ikan hias paling populer di dunia karena warna dan keindahan ekornya. Selain ikan ini cukup mudah dipelihara. Memelihara ikan memiliki manfaat untuk menghilangkan stres.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika Anda ingin memelihara hewan, ikan bisa menjadi pilihan. Cupang Hias adalah salah satu ikan hias paling populer di dunia karena warna dan keindahan ekornya. Selain ikan ini cukup mudah dipelihara. Memelihara ikan memiliki manfaat untuk menghilangkan stres. Lihatlah tulisan tentang fakta -fakta tentang ikan cupang dan juga cara memelihara dan mengolah ikan Cupang di bawah ini.

1. Siapkan rumah untuk ikan Cupang 

Masih ada banyak orang yang berpikir bahwa ikan Cupang tidak membutuhkan akuarium dan filter besar. Padahal ini adalah kesalahan besar. Akuarium kecil lebih mudah kotor dan membuat lingkungan ditinggalkan oleh ikan Cupang memburuk. Ini akan menyebabkan stres ikan Cupang, sakit dan bahkan kematian dini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meskipun ikan Cupang memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di lingkungan yang buruk, itu tidak berarti ikan Cupang tidak membutuhkan akuarium. Ikan Cupang adalah anabantid, ia memiliki organ khusus yang memungkinkan ikan cupang untuk menghirup oksigen dari permukaan dan bertahan hidup dalam genangan berlumpur untuk sementara waktu.

Ikan Cupang adalah ikan tropis yang membutuhkan air bersih. Oleh karena itu filter air diperlukan saat Anda ingin menaikkan atau memelihara ikan cupang. Ikan penyakit biasanya disebabkan oleh air kotor dan akuarium yang jarang dirawat. Filter air sangat penting, tanpa itu, kotoran dari ikan betta (urin, tinja) dan makanan yang tersisa dapat membuat air menjadi beracun.

Hanya karena Cupang berasal dari sungai yang dangkal tidak berarti mereka dapat disimpan dalam mangkuk atau tangki plastik kecil. Akuarium yang diperlukan untuk membuat ikan cupang hidup dengan nyaman setidaknya 18 liter air. Tentu saja, semakin besar semakin baik. Tangki air 18 liter adalah volume terendah yang diperlukan untuk membentuk siklus nitrogen.

Selain membutuhkan filter, ikan cupang juga membutuhkan pemanas atau pemanas. Pada dasarnya, ikan cupang adalah ikan tropis. Jika airnya terlalu dingin, ikan Cupang bisa sakit. Tetapi perlu berhati -hati, jika airnya terlalu panas, ikan Cupang akan menua lebih cepat. Pilih pemanas yang dilengkapi dengan termostat sehingga suhu dalam air dapat dipantau.

Selain itu, beli kerikil kecil kecil sehingga ikan betta Anda tidak melukai dirinya sendiri. Kerikil ini memiliki peran penting dalam ekosistem akuarium Anda. Bakteri menguntungkan akan tumbuh di permukaan dan dapat membantu memecah limbah. Jika Anda memilih kerikil yang terbuat dari potongan batu besar, makanan dan limbah dari akuarium dapat macet dan merusak kesehatan lingkungan akuarium Anda.

2. Siapkan peralatan pertanian ikan cupang 

Kesalahan terbesar yang dibuat oleh penjaga ikan Cupang adalah bahwa mereka mencoba menggigit akuarium biasa. Faktanya, untuk membiakkan ikan Cupang membutuhkan tangki khusus karena biji ikan sangat rapuh dan membutuhkan kondisi air yang selalu bersih. Terpisah dari tangki ikan cupang jantan sehingga dia tidak melihatnya sebagai ancaman.

Berikut adalah beberapa peralatan yang Anda butuhkan jika Anda ingin sukses dalam memuliakan ikan cupang :

Langkah kedua adalah membeli peralatan untuk akuarium. . Berikan ruang yang cukup untuk ikan cupang hewan peliharaan Anda. Anda tidak perlu menambahkan substrat (media yang digunakan untuk menanam tanaman, atau tanah di akuarium) karena akan menyulitkan jantan untuk mengambil telur, dan roches dapat terjebak di dalamnya.
25 Watt pemanas yang bisa direndam dalam air. Ini untuk membuat suhu air di ideal akuarium.
Filter spons. Filter spons juga diperlukan untuk menjaga air tetap bersih dan tidak menyebabkan terlalu banyak arus yang dapat menyebarkan telur.
Pompa: Filter spons akan menggunakan ini untuk menarik air dari tangki atau akuarium.
Pembungkus plastik atau bungkus plastik untuk menciptakan lingkungan yang lembab.

https://ikantawar.com/

Ikuti tulisan menarik Adinda Mecca lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB