x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Kamis, 22 September 2022 12:11 WIB

Destinasi Wisata Unik dan Menarik di Indonesia

Bicara soal keindahan destinasi wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Ada banyak spot indah untuk menghabiskan waktu liburan yang dijamin bikin betah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bicara soal keindahan destinasi wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Ada banyak spot indah untuk menghabiskan waktu liburan yang dijamin bikin betah. Hal ini juga mengundang banyak wisatawan asing untuk datang menikmati keindahan alam Indonesia, seperti pantai dan pegunungan.

Destinasi wisata di Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang sayang untuk tidak dikunjungi secara langsung. Menikmati berbagai tempat wisata yang unik dan menarik, serta anti mainstream akan membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

Apalagi tempat wisata yang dikunjungi hanya ada di Indonesia, baik alam maupun budaya lokalnya yang unik tentunya akan membuat anda bangga dan takjub. Oleh karena itu, yuk cari tahu lebih jauh tentang destinasi wisata unik yang hanya ada di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apa Saja Rekomendasi Destinasi Wisata Unik dan Menarik di Indonesia?

 1. Danau Kakaban

Danau Kakaban adalah danau air tawar yang benar-benar unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Di danau ini, Anda akan menemukan banyak ubur-ubur yang tidak beracun. 

Ubur-ubur ini sudah terperangkap di sini selama ribuan tahun sehingga racunnya hilang sehingga Anda bisa melompat dan berenang di sana. Saat ini Danau Kakaban yang berada di Kepulauan Derawan mulai menjadi destinasi andalan yang mampu mengungguli Raja Ampat di Papua.

2. Danau tiga warna, Kelimutu, Flores

Siapa yang tidak mengenal Danau Kelimutu? Terkenal dengan keajaibannya sebagai danau tiga warna hingga menjadi ikon uang kertas Rp 5.000, membuat danau ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Danau Kelimutu adalah sebuah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena mempunyai tiga warna berbeda yaitu merah, biru, dan putih.

Namun, warna ketiga danau tersebut dapat berubah seiring waktu. Menurut peneliti, penyebab perubahan warna Danau Kelimutu secara acak disebabkan oleh proses geokimia di dasar danau yang menghasilkan zat kimia tertentu di dalam air.

 3. Danau Toba dan Samosir

Yang menyebabkan Danau Toba unik dan tidak bisa ditandingi oleh danau-danau lain di dunia adalah adanya pulau di tengahnya. 

Di tempat ini, Anda bisa menjelajahi danau yang luas sambil memancing atau mendarat di Pulau Samosir dan menikmati kearifan lokal penduduk yang tinggal di sana. Saat berkunjung ke tempat ini jangan lupa cicipi makanan disini karena makanannya terkenal unik dan enak.

4. Kawah Ijen

Tempat wisata yang menawarkan kawah mungkin banyak ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, kawah yang mampu memancarkan cahaya biru saat fajar ini hanya ada di Ijen, Banyuwangi, Indonesia. 

Di kawah Ijen, Anda dapat melakukan dua aktivitas menarik. Yang pertama melihat blue fire di dini hari dan yang kedua trekking sambil melihat para penambang yang lewat tanpa lelah dengan batu belerang yang sangat besar.

 5. Pulau Komodo

Pulau ini sangat eksotis juga di setiap sudutnya sangat indah. Anda bisa menemukan spot menarik yang berisi komodo yang merupakan kadal raksasa yang hanya ada di Indonesia. 

Selain komodo, Anda bisa mendapatkan pantai dengan pasir pink yang sangat indah. Berkunjung ke Pulau Komodo akan memberikan pengalaman berharga bagi siapa saja, termasuk wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh.

 6. Tanjung Puting

Tanjung Puting adalah taman nasional yang di dalamnya terdapat banyak orangutan yang menakjubkan. Saat mengunjungi Tanjung Puting, Anda bisa melakukan tur selama tiga hari. 

Pada sesi tour ini, Anda akan dibawa berkeliling kawasan hutan sambil berjalan menyusuri sungai yang sangat lebar. Puas dengan pemandangan hutan dan orangutan yang terkadang muncul, Anda juga bisa datang ke penangkaran untuk memberi makan hewan langka ini.

 7. Gunung Kelimutu

Keunikan Gunung Kelimutu adalah adanya tiga danau kawah di puncaknya. Danau ini memiliki warna yang berbeda-beda dan selalu berubah dari waktu ke waktu. Terkadang berwarna hijau, hitam, juga biru tergantung kadar air dan juga pengaruh cuaca. 

Bagi warga sekitar, telaga ini menjadi tempat arwah pulang. Tak heran jika masyarakat di sini sangat menghormati Gunung Kelimutu yang kawahnya super unik.

8. Kuburan Trunyan

Berkunjung ke Bali tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Desa Trunyan. Di tempat ini, Anda tidak akan menemukan objek wisata menarik seperti Kuta atau Seminyak, melainkan sebuah kuburan tradisional yang sangat menyeramkan. 

Di tempat ini, orang meninggal tidak dikubur di dalam tanah. Mereka ditinggalkan sendirian di tanah lalu ditutupi dengan kain putih dan ditutupi dengan kayu di sekitar mereka. Walaupun dibiarkan membusuk di tanah, bau mayat sama sekali tidak tercium. Daerah ini tetap segar karena bau mayat diserap pohon Taru Menyan.

 9. Makam Bayi (Passiliran)

Masih tentang kuburan, kali ini kita lompat ke Tana Toraja. Di sini ada tempat unik bernama Kambira yang memiliki pohon untuk pemakaman bayi. Mereka yang meninggal sejak kecil dan tidak memiliki gigi akan dimakamkan di pohon Tarra. 

Pohon ini dipilih karena mempunyai kandungan getah yang sangat tinggi. Masyarakat setempat mengira bahwa nira ini merupakan pengganti susu dari ibunya. Pemakaman dengan cara ini dianggap mengembalikan bayi ke rahim ibunya untuk dilahirkan kembali.

 10. Kawah Dieng

Berbeda dengan kawah Ijen yang memiliki api biru, kawah Dieng justru memiliki kawah yang bisa bergerak. Pada periode waktu tertentu, uap panas dan material vulkanik berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Tak heran jika kawah ini diberi nama Sikidang yang diambil dari nama hewan Kidang (Rusa) yang suka melompat dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Kawah Sikidang menjadi daya tarik tersendiri meski berada di dataran tinggi yang sangat dingin.

 11. Gua Gong

Gua Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini terlihat indah bukan hanya karena stalaktit dan stalagmit yang memenuhi ruangan. Tapi juga karena banyaknya bebatuan yang bisa menggemakan suara. 

Setiap kali batu dipukul, suara yang menyerupai gong akan terdengar sangat keras dan menggema. Dari bebatuan yang bisa dijadikan gong, destinasi ini menjadi terkenal dan saat ini menjadi salah satu destinasi andalan di daerah Pacitan.

12. Danau Napabale

Berenang di air danau yang sejuk terlihat sangat menggoda bukan? Airnya yang segar selalu berhasil membuat kita merasa segar kembali. Namun pernahkah Anda berpikir tentang keberadaan sebuah danau yang airnya asin. 

Wisata telaga air asin itu benar-benar ada. Danau yang diberi nama Napabale ini terletak di Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Alasan utama mengapa airnya asin adalah karena danau ini terhubung langsung dengan perairan Selat Buton melalui terowongan alami berupa karang. 

Tempat ini cocok bagi anda yang ingin rehat sejenak dari kejenuhan aktivitas. Pemandangan yang masih alami dengan tanaman, karang dan air yang jernih akan menjadi obat mujarab bagi anda yang sedang merasa penat.

 

Sumber : Sewa Mobil Lombok

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler