x

Iklan

M.Syifaaul Jinan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Oktober 2022

Senin, 10 Oktober 2022 06:22 WIB

Kemajuan Teknologi Informasi dan Kaitannya dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

artikel yang membahas kemajuan teknologi informasi dan kaitannya dengan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KAITANNYA DENGAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWAGANEGARAAN

           

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Seiring berajalannya waktu, kemajuan teknologi semakin berkembang pesat dan pasti akan terus berkembang ke depannya. Kemajuan teknologi ini mencakup hampir semua bidang kehidupan, tak terkecuali dalam bidang informasi. Dulu kita hanya bisa memperoleh infomasi hanya dari surat kabar, radio, dan yang sebagainya, sekarang kita sangat mudah memperoleh informasi hanya dari smartphone kita.

Kemudahan memperoleh informasi di zaman sekarang sangat bermanfaat bagi banyak orang, hanya dengan membuka aplikasi tertentu atau sebuah situs berita , kita sudah bisa mendapat informasi terbaru yang tengah terjadi saat ini. Selain kemudahan dalam memperoleh informasi, sekarang juga kita sangat mudah untuk menyebarluaskan informasi kepada siapapun dengan begitu kemudahan dalam memperoleh informasi akan semakin meningkat.

Kemajuan teknologi informasi juga tidak lepas dari dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari kemajuan teknologi informasi hampir tak terhitung jumlahnya, namun dampak negatif dari kemajuan tersebut juga sama banyaknya, seperti banyaknya informasi palsu dan sebagainya. Semuanya tergantung bagaimana kita memanfaatkan kemajuan ini dengan sebaik – baiknya.

Kemajuan teknologi juga secara langsung berpengaruh terhadap bidang pendidikan, khusus di artikel ini akan membahas tentang kaitan antara kemajuan teknologi dengan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Di zaman serba maju saat ini, pendidikan pancasila masih tetap dan  harus terus di ajarkan pengetahuan dan cara pengamalannya  kepada semua kalangan masyarakat, baik yang muda maupun yang tua semuanya tetap harus memiliki pengetauan tentang pancasila dan kewarganegaraan agar bisa diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar tumbuh rasa cinta dan rela berkorban untuk tanah air.

Dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi, dapat kita manfaatkan untuk mengedukasi semua kalangan masyarakat mengenai pancasila dan kewarganegaraan. Sebagai contoh, kita bisa membuat sebuah blog atau artikel mengenai pancasila dan kewarganegaraan, selain bisa kita jadikan sebagai pengasilan sampingan, juga bisa sebagai  bahan edukasi untuk di manfaatkan masyarakat luas sehingga semuanya bisa mendapatkan manfaat.

Selain itu juga kita bisa membuat webinar–webinar interaktif mengenai pendidikan Pancasila disertai keuntungan yang bisa diperoleh partisipan sehingga bisa menarik banyak minat masyarakat untuk mengikuti webinar tersebut. Saat ini sudah banyak instansi pemerintah maupun non pemerintah bergerak dalam ruang lingkup pendidikan terutama ppkn yang menggunakan cara – cara tersebut untuk menarik minat masyarakat agar lebih memahami pancasila agar bisa diamalkan setiap nilai nilainya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain cara – cara diatas, ada juga cara agar masyarakat bisa mempelajari pancasila dan kewarganegaraan dengan lebih mendalam, yaitu dengan cara mengadakan lomba mengenai pengetahuan tentang pancasila dan kewarganegaraan secara online dan tentunya berhadiah. Banyak instansi baik pemeintah maupun non pemerintah mengadakan lomba secara online, selain tidak terkendala jarak, juga bisa menjangkau partisipan lebih luas dengan memanfaatkan kemudahan menyebarkan informasi. Meskipun hal ini lebih dikhususkan untuk para pelajar dan mahasiswa, namun ini justru memiliki manfaat tersendiri yaitu, bisa menanamkan nilai – nilai pancasila dan kewarganegaraan sejak muda.

Kemajuan teknologi khususnya dalam bidang informasi sangat membantu dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan pancasila. Tidak seperti dulu dimana informasi masih belum terlalu mudah untuk didapat, dengan memanfaatkan kemudahan mendapatkan informasi yang ada sekarang ini, masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan mengenai pancasila dan bisa menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kesimpulannya, kemajuan teknologi infomasi sangat berkaitan erat dengan dalam bidang apapun, dalam konteks artikel ini adalah dalam bidang pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, karena kemajuan teknologi sangat membantu dalam menyebarkan informasi dalam skala yang sangat luas dan bisa menjangkau siapapun sehingga memberikan manfaat bagi banyak orang , terlepas dari dampak negatifnya. Pada intinya kemajuan dapat memberikan manfaat yang sangat besar tergantung bagaimana cara kita memanfaatkan kemajuan tersebut.

”Hal keseluruhanya adalah bahwa teknologi baru tidak semestinya menggantungkan teknologi yang lama, tapi akan memperbaharuinya. Dengan ketentuan ini, akhirnya, teknologi baru akan menggantikan teknologi yang lama. Itu seperti orang-orang yang memiliki TV hitam putih ketika TV berwarna diciptakan. Mereka menentukan apakah teknologi yang baru senilai dengan investasi.” –Steve  Jobs, Pendiri Apple Inc.

Ikuti tulisan menarik M.Syifaaul Jinan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 jam lalu

Terpopuler