x

Referensi foto saya ambil dari https://www.google.com/url?sa\x3di\x26url\x3dhttps\x253A\x252F\x252Fwww.harapanrakyat.com\x252F2020\x252F01\x252Fini-teknologi-tercanggih-masa-depan-yang-segera-terwujud\x252F\x26psig\x3dAOvVaw0r2CTfHz_HfEfzyHTpMACg\x26ust\x3d1637047755042000\x26source\x3dimages\x26cd\x3dvfe\x26ved\x3d0CAsQjRxqFwoTCLiwvKXsmfQCFQAAAAAdAAAAABAD

Iklan

Kholfan Faruq

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2022

Senin, 17 Oktober 2022 11:48 WIB

Teknologi dalam Era Globalisasi

Di era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi sangat bermanfaat dalam perekonomian. Akan tetapi, kolaborasi antara teknologi dengan SDM harus seimbang, agar Indonesia tercegah akan tingkat penganggurannya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN ERA GLOBALISASI

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh:

Muhammad Kholfan Faruq

faruqkholfan03@gmail.com

 

 

Teknologi Informasi memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan manusia yang semakin bertambah banyak. Mulai dari berinteraksi, belajar, membaca berita, transaksi, dan masih banyak lagi. Bahkan semuanya memakai produk-produk Teknologi Informasi. Dalam era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi membawa manfaat yang luar biasa untuk kemajuan peradaban manusia, pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan kekuatan dan energi fisik, kini sudah dapat menggunakan perangkat mesin robot otomatis. Walaupun pasti ada hal-hal negatif yang ditimbulkan akibat perkembangan teknologi tersebut.

 

Pada beberapa tahun terakhir ini teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat masih akrab dengan jasa post, telepon analog, mesin ketik, atau telegram, maka pada saat ini semuanya sedikit demi sedikit terasingkan. Seiring dengan pesatnya inovasi dan perkembangan teknologi, masyarakat kini telah beralih menggunakan smartphone, tablet, internet, dan berbagai alat-alat canggih lainnya. Sangat sulit dipertanyakan, apakah bisa masyarakat di era sekarang ini dapat hidup tanpa gadget atau koneksi internet?

 

Teknologi informasi kini seperti tangan kanan manusia yang handal, yang dapat melakukan banyak hal di seluruh aktivitas manusia termasuk kegiatan bisnis, ekonomi, bahkan negara. Banyak unit usaha  yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mengembangkan bisnisnya. Sistem informasi yang sebelumnya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi, menunjukkan manfaat yang besar dalam dunia bisnis. Adapun manfaat teknologi informasi dalam dunia bisnis adalah untuk membantu proses dan operasi, pengambilan  keputusan, dan membentuk strategi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

 

Dalam perbisnisan, baik skala kecil menengah maupun besar, penggunaan teknologi menjadi hal yang wajib dan dominan digunakan sebagai sarana komunikasi, penyebaran informasi, atau menjalin kerjasama bisnis. Era globalisasi telah menghilangkan batas ruang dan masa yang mengakibatkan munculnya bisnis baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi.

 

Inilah yang mengakibatkan terjadinya perkembangan dibidang ekonomi, yang semula pertukaran barang dilakukan secara nyata, sekarang menjadi pertukaran secara maya (melalui media teknologi). Perubahan yang terjadi ini secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Pada level besar, perkembangan teknologi mendorong maju pembangunan ekonomi  dan memberikan kontribusi yang baik pada pertumbuhan ekonomi.

 

Perkembangan teknologi informasi juga dapat memperkuat daya saing sebuah negara dalam membangun perekonomiannya. Perusahaan-perusahaan yang sudah berkembang,  dapat meningkatkan pendapatan nasional yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

 

Dari pembahasan peran teknologi di atas, dapat di simpulkan banyak sekali manfaat dan peran teknologi dalam kehidupan manusia. maka dari itu sebagai manusia kita harus bisa mengikuti perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini, bahkan jika bisa membuat teknologi ciptaan kita sendiri yang dapat berguna bagi masyarakat dan negara.

 

Memang tidak bisa dipungkiri segala sesuatu terdapat dampak positif dan negatifnya, perkembangan teknologi informasi inipun juga memiliki dampak negatif, seperti ketika tenaga mesin dapat menghasilkan output yang lebih besar dengan biaya yang lebih kecil dari pada manusia, maka tenaga manusia akan tergantikan oleh mesin. Inilah yang akan menyebabkan terjadinya pengangguran sebab teknologi. Selain itu, sumber daya manusia yang belum siap menghadapi perubahan akan kehilangan pekerjaan karena tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja pada keadaaan perekonomian yang baru.

 

Efisiensi akan banyak dicapai melalui pemanfaatan teknologi tanpa harus merusak nilai-nilai kemanusiaan. Justru sistem teknologi yang dikembangkan harus mampu mengangkat harkat dan nilai-nilai kemanusiaan dengan terciptanya layanan publik yang lebih bermutu dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia di dalam era globalisasi ini.

 

Teknologi yang dikembangkan harus menuju terwujudnya sistem terpadu yang dapat membangun simbiosis antar komponen yang ada dalam unsur perbisnisan, sehingga dunia bisnis menjadi lebih dinamis dalam konstribusi teknologi dan manusia guna memperoleh dan meraih peluang-peluang yang ada untuk pengembangan perekonomian di Indonesia.

 

Di era globalisasi peranan teknologi menjadi semakin penting digunakan untuk mengungkapkan data dan fakta menjadi sebuah informasi yang bisa dimanfaatkan. Akan tetapi, tidak terlepas dari suatu tanggung jawab agar data dan fakta yang didapat, bisa dibuktikan dan disebarkan di masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Kholfan Faruq lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler