x

Kawasan Industri Jatengland

Iklan

marissya Febby

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Rabu, 26 Oktober 2022 07:22 WIB

Greenpeace dan Pengaruhnya pada Gaya Hidup demi Bumi yang Lebih Baik

gaya hidup manusia berpengaruh pada lingkungan, gaya hidup menunjukkan bentuk jati diri seseorang tersebut. melalui upaya green lifestyle manusia dapat melakukan kegiatan yang melandasi kepeduliannya atas lingkungan hidup disekitarnya dan mulai fokus pada isu lingkungan hidup dan peduli terhadap permasalahan lingkungan yang terdapat di muka bumi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gaya hidup merupakan hal yang melekat pada manusia, dari mulai kegiatan sehari-hari. Atau aktivitas Minat, bakat opini serta bagaimana seseorang memanajemen uang dan waktunya. Semua hal tersebut hakikatnya dapat terlihat dari bagaimana gaya hidup seseorang tersebut. Gaya hidup menunjukan keseluruhan bentuk jati diri seseorang dalam berinteraksi dilingkungannya.

Terdapat salah satu gaya hidup, yaitu gaya hidup yang ramah dengan lingkungan atau disebut dengan green lifestyle. Gaya hidup ini merupakan suatu gaya hidup yang kini banyak dipraktikkan oleh masyakat di dunia. Bentuk gaya hidup ini dilandasi oleh dasar-dasar kepedulian atas lingkungan hidup dan kelestarian alam. Hal ini sebab kita hidup dibumi dan bumi merupakan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber daya energi dan pangan semakin hari semakin terkuras da mencapai kritis dan terbatas sehingga berdampak ke kualitas hidup dan masyarakat. Dampak ini tidak hanya dialami oleh masyarakat dengan industri maju saja, melainkan begi manusia di seluruh muka bumi ini. Bentuk dari krisis lingkungan ini contohnya adalah polusi dan perubahan iklim yang berdampak pada seluruh manusia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bentuk perubahan gaya hidup ramah lingkungan atau green lifestyle ini adalah metode yang dikampanyekan oleh greenpeace untuk menangani isu lingkungan dalam ranah global. Organisasi Greenpeace yang merupakan suatu organisasi Internasional non-Governmental yang bertujuan untuk melindungi hak lingkungan, mengungkapkan dan menghentikan kejahatan lingkungan dan memprioritaskan pembangunan yang baik. Inti dari tujuan organisasi ini adalah fokus dengan isu lingkungan hidup dan berperan dalam upaya tentang mengurus permasalahan lingkungan yang ada dimuka bumi. 

 Kebiasaan manusia yang tidak perduli terhadap lingkungan cukup menjadi pengaruh dalam kerusakan lingkungan. Dimulai dengan kebiasaan masyarakat menggunakan kantong plastik sebagai tempat untuk membawa barang belanjaan, menjadikan plastik sebagai wadah makan dan minum, membuang sampah sembarangan serta tidak melakukan daur ulang dan lain-lain. Hal tersebut merupakan gaya hidup manusia yang menciptakan kerusakan lingkungan.

Greenpeace yakin cara gaya hidup seperti ini harus segera diubah dan mulai mencoba green lifestyle. Greenpeace yakin dengan adanya gaya hidup baru yang fokus pada keramahan lingkungan dan akan dilaksanakan oleh sebagaian bahkan seluruh masyarakat didunia sehingga dapat mencegah dan menanggulangi kerusakan lingkungan yang ada disekitar kita. Upaya kampanye merubah kebiasaan gaya hidup menjadi green lifestyle tidak ada hentinya diserukan Greenpeace.

Dengan upaya kampanye yang dilakukan greenpeace mengenai kerusakan lingkungan yang berasal dari tingkah laku manusia, serta efek dari kebiasaan gaya hidup buruk yang tidak ramah lingkungan  memberntuk keinginan masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan dan membuat masyarakat menjadi peduli terhadap masa depan bumi berserta alam dan isinya. Hingga masyarakat sadar bahwa memang sudah sepatutnya green lifestyle ini diterapkan sesegera mungkin. Rasa peduli dan sadar inilah yang membuat masyarakat dapat merubah kebiasaan gaya hidupnya menjadi green lifestyle. 

Bentuk Green lifestyle yang dijelaskan oleh greenpeace terdiri dari kegiatan-kegiatan sederhana yaitu diawali dengan melakukan penghematan dalam penggunaan sumber energi dimanapun kita berada. Hal-hal tersebut dapat berpengaruh dalam pencegahan terjadinya pemanasan global dan krisis energi dibumi. Bisa juga mengurangi polusi udara dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat hendak pergi kesuatu tempat yang terjangkau dan membiasakan menggunakan transportasi umum untuk pergi ketempat yang sekiranya jauh, hal-hal tersebut merupakan bagian dari gaya hidup yang ramah lingkungan.

Tip membiasakan hidup dengan lifestyle yang ramah akan lingkungan adalah menghindari kebiasaan menggunakan plastik dan mulai melakukan 3R ( reuse, reduce, recycle). Reuse maksudnya adalah menggunakan kembali produk yang telah digunakan, lalu reduce adalah mengurangi penggunaan produk yang dapat menghasilkan sampah, kemudian recycle yaitu ialah kegiatan mendaur ulang limbah. Dengan cara meminimalisir konsumsi daging dan memilih produk yang ramah lingkungan, membeli baju bekas, tidak membuang makanan dan mulai memilih peralatan tubuh ataupun mandi yang ramah lingkungan  juga merupakan kegiatan dari gaya hidup ramah lingkungan. Sebab, sektor peternakan banyak menyumbang gas rumah kaca dan limbah pabrik pakaian banyak menjadi penyebab kerusakan lingkungan.

Konsep 3R atau reduce, reuse, recycle tersebut sangatlah memiliki manfaat yang besar dimana pengaruhnya terhadap alam dan alam akan lebih terjaga sehingga bisa tercipta masa depan yang baik dan berkelanjutan bagi umat manusia kedepannya. Sumber daya energi di bumi yang akan digunakan dapat lebih hemat dan menyebabkan efek rumah kaca dari emisi gas dapat jauh lebih terminimalisir dan membuat lingkungan menjadi lebih sehat, metode 3R ini  juga menjadi limbah sampah produk dan berkurang sehingga tidak memberikan resiko ke alam dampaknya juga sampai kelaut, dimana hewan-hewan yang tinggal di laut  akan aman dari gangguan serta ancaman sampah yang membahayakan. 

Penggunaan istilah dan sebuan yang merujuk kepada aksi peduli lingkungan yang semakin masif digunaan selama dua dekade belakangan ini. contohnya adalah istilah “green” dan “eco” yang merupakan istilah yang sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Green product, green industry, green beauty, ecodevelopemnet dan lain-lain banyak tertera dan digunakan pada kegiatan serta produk yang terdapat disekitar kita bahkan di dunia. Hal seperti ini menjadi bukti bahwa kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan telah biasa dilakukan dan diterapkan oleh banyaj orang didunia dan berhasil menjadi tren gaya hidup manusia untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik mulai dari sekarang dan kedepannya.

  Dengan dibiasakannya penerapan kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan atau green lifestyle oleh banyak orang didunia. Maka berarti Greenpeace telah berhasil dan sukses dalam menciptakan sebuat pengaruh yang menjadi tren gaya hidup baru dengan tujuan yang baik yaitu menjaga lingkungan dan menyelamatkan krisis lingkungan yang ada didunia ini.

 Kita berhak mendapatkan hidup yang lebih baik begitu pula bumi, apabila kita terus terbiasa melakukan hal-hal yang merusak alam, cepat atau lambat kita akan kehilangan rumah kita. Waktunya kita ubah gaya hidup dan menghentikan kekejaman kita terhadap bumi!

Ikuti tulisan menarik marissya Febby lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler