x

Iklan

sucahyo adi swasono

Pegiat Komunitas Penegak Tatanan Seimbang (PTS); Call Center: 0856 172 7474
Bergabung Sejak: 26 Maret 2022

Selasa, 1 November 2022 07:20 WIB

Sumpah Pemuda, Cita Persatuan Bangsa yang Tersisa

Jangan sekali-kali mempermainkan atau mencederai makna Sumpah Pemuda sebagai komitmen yang wajib diimplementasikan ke dalam realitas kehidupan sosial budaya bangsa di negeri ini. Sebab, sumpah itu, janji itu, ikrar itu yang merupakan komitmen, telah dihadapkan kepada Tuhan Sang Pembina kehidupan semesta alam.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Manakala kita mau memahami tentang hakikat kata "sumpah", maka alternatif makna leksikalnya adalah pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau kepada sesuatu yang dianggap suci (untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhannya dan sebagainya). Sedangkan pemuda adalah taruna harapan bangsa. 

Dengan demikian, maka Sumpah Pemuda yang pernah berkumandang dan ditonggakkan pada 28 Oktober 1928 di bumi Indonesia_Nusantara ini, merupakan janji, ikrar teguh suci yang disaksikan oleh Tuhan semesta alam. 

Oleh karenanya, jangan sekali-kali mempermainkan atau mencederai makna Sumpah Pemuda sebagai komitmen yang wajib diimplementasikan ke dalam realitas kehidupan sosial budaya bangsa di negeri ini. Sebab, sumpah itu, janji itu, ikrar itu yang merupakan komitmen, telah dihadapkan kepada Tuhan Sang Pembina kehidupan semesta alam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Artinya, bahwa Sumpah Pemuda itu adalah sejarah yang seharusnya terus menerus bergulir sampai kepada generasi berikutnya, yakni hingga generasi saat ini yang masih eksis sebagai bangsa dan negeri Indonesia_Nusantara, dalam perwujudan persatuan yang tak boleh terpecah belah sebagaimana ruh cita-cita Sumpah Pemuda dalam berjuang melepaskan diri dari belenggu imperialisme kolonialisme (Hindia Belanda) dengan spirit persatuan di atas kemajemukan yang pluralistik. 

Tak peduli suku kita apa, agama kita apa, ras kita apa, dan golongan kita apa? Itulah yang seharusnya dan semustinya diterjemahkan dan dipraktikkan secara nyata pada saat ini sebagai penerima dan penerus tongkat estafet dari generasi pengikrar Sumpah Pemuda. 

Bertanah air satu, tanah air Indonesia. Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Berbahasa satu, bahasa Indonesia. Itulah trilogi cita-cita Sumpah Pemuda yang wajib dibuktikan oleh generasi bangsa Indonesia_Nusantara saat ini dalam wujud tindak nyata. 

Bukan hanya sekedar basa-basi, dan hanya pada batas selebrasi-selebrasi belaka, tanpa adanya sentuhan kesadaran makna terhadap ruh Sumpah Pemuda sebagai ikrar suci, janji suci, sumpah suci ke hadapan Ilahi Robbi ...

      
Sumpah Pemuda, cita membangun tatanan hidup seimbang bertanah air satu, tanah air Indonesia_Nusantara
Sumpah Pemuda, cita membangun tatanan hidup seimbang berbangsa satu, bangsa Indonesia_Nusantara
Sumpah Pemuda, cita membangun tatanan hidup seimbang, berbahasa satu, bahasa Indonesia_Nusantara
Di atas kemajemukan, keanekaragaman kekayaan alam serta sosial budaya bangsa adalah suatu anugerah, bukan musibah
Jaga dan peliharalah makna Sumpah Pemuda ke dalam persatuan tak tepecah belah dalam wujud bangsa yang kokoh
Bangsa Indonesia_Nusantara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, beridiologi satu jua, Pancasila
Bernaung di bawah Ketuhanan Yang Maha Esa dengan iman dan taqwa bagi manusia Indonesia_Nusantara
Buktikanlah, tak usah berpura-pura!
Sebab itu akan menyiksa kita selama-lamanya ...
Sadarilah! 

*****

Kota Malang, Oktober di hari ketiga puluh satu, Dua Ribu Dua Puluh Dua.

Ikuti tulisan menarik sucahyo adi swasono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler