x

Ganjar Pranowo memberikan salam kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputeri dan Katua DPP Puan Maharani, di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Juni 2022. Tempo/M taufan Rengganis

Iklan

Stanislaus Bandut

Penulis Indonesiana|| Saya Punya Hobi Menulis Khususnya Yang Bertema Politik, Pendidikan dan Juga Karya Fiksi. Beberapa Karya Fiksi Saya Pernah dibukukan, sebuku dengan Penulis ternama di Indonesia Gol A Gong (Gema Takbir, Gudang Peluru, Buah Simalakama)
Bergabung Sejak: 4 November 2022

Senin, 7 November 2022 13:19 WIB

Pilpres 2024: PDIP Jagokan Ganjar Pranowo atau Puan Maharani?

Apa saja prestasi Ganjar Pranowo dan Puan Maharani?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

(OLEH: Stanislaus Bandut,S.Pd)

Ganjar Pranowo dan Puan Maharani merupakan tokoh politik yang sangat potensial dari  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dua tokoh politik ini, diisukan menjadi kandidat kuat dari partai PDIP yang nantinya menjadi bakal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024 mendatang. Ganjar Pranowo saat ini masih menjabat Gubernur Jawa Tengah dan Paun Maharani Ketua  Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Atas munculnya dua nama dari partai PDIP  yang digadang-gadang akan menjadi bakal calon Presiden pada gelaran pemilu 2024 nanti, kini makin menyita perhatian publik. Berbagai spekulasipun  muncul keberanda publik tentang mengapa PDIP belum mengantongi nama bakal capresnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini memang PDIP belum membuka suara, tentang siapa yang menjadi bakal calonnya untuk kontestasi politik 2024. Atas dasar ini, perhatian publik semakin tertuju pada nama Ganjar Pranowo dan Paun Maharani, karena memang belakangan ini, dua nama tersebut selalalu mencul dan mencuat keberanda publik.

Akhir-akhir ini, berdasarkan beberapa survei tentang elektabilitas, Ganjar pranowo masih jauh lebih tinggi tingkat elektabilitasnya dibandingkan Puan Maharani. Hal ini menandakan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat masih lebih dominan kepada Ganjar Pranowo. Namun, hasil survei ini nanti mungkin bisa berubah-ubah lagi, mengingat pemilihan presiden (Pilpres) masih dua tahun lagi, ada banyak hal yang masih bisa dilakukan Puan Maharani untuk menarik simpati masyarakat indonesia.

Lalu apa saja prestasi Ganjar Pranowo dan Puan Maharani?

Dikutip dari beberapa sumber, dua tokoh politik ini memiliki sederet prestasi yang perlu diperhitungkan yaitu Pertama, Ganjar pranowo mempunyai sederet prestasi selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah  diantaranya tiga kali berturut-turut dinobatkan sebagai provinsi terinovatif pada tahun 2019, 2020 dan 2021, selain itu dibidang pendidikan Ganjar telah banyak membangun sekolah asrama gratis yang diperuntukkan bagi siswa miskin, sekolah virtual yang diperuntukkan bagi mereka yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan serta masih banyak sederet prestasi lainnya.

Tak kalah jauh dari Ganjar Pranowo, sosok Puan Maharani juga memiliki sederet prestasi gemilang diantaranya jadi menteri termuda dalam Kabinet Jokowi-Jk yang tercatat muri, Menteri coordinator wanita pertama dan Anugrah bintang bhayangkara utama dari polri dan masih banyak prestasi lainnya.

Berdasarkan prestasi-prestasi dan rekam jejak yang sudah mereka lalui, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk memimpin Indonesia, dan bisa menjadi acuan kita untuk melihat lebih jauh tentang kedua tokoh politik ini dalam rangka pilpres 2024 mendatang.  

Namun demikian, hak sepenuhnya menjadi keputusan ketua umum  PDIP Megawati Soekarno Putri, untuk memilih siapa yang menjadi bakal calon Capres menuju 2024 nanti. Kita menyadari bahwa sosok Megawati bukan orang sembarangan dalam kanca perpolitikkan kita. Megawati adalah orang yang sudah lama melintangi dunia politik. Jadi beliau paham betul dalam menentukan dan memilih siapa yang berpotensi maju menjadi Capres, Apakah Ganjar atau Puan?

Hal tersebut terbukti PDIP sudah mengantongi dua kali menang berturut-turut dalam kontestasi pilpres dari 2014 hingga 2019 yang lalu dibawah kepemimpinan Megawati Soekarno Putri. Oleh karena itu kita tunggu saja jawabannya nanti.

 

Ikuti tulisan menarik Stanislaus Bandut lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler