Pengaruh Imunisasi dan PHBS Terhadap Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Imunisasi dan PHBS terhadap tumbuh kembang dan kesehatan anak

NABILA ANUGRAH SISGASARI

NABILA ANUGRAH SISGASARI
Bergabung Sejak: 17 November 2022

Jumat, 18 November 2022 06:55 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Pengaruh Imunisasi dan PHBS Terhadap Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak

    Imunisasi merupakan suatu upaya pemerintah untuk mencapai Milennium Development Goals (MDGs), yang salah satu tujuannya adalah untuk menurunkan angka kematian anak. Imunisasi sangat penting diberikan pada bayi hingga anak usia 12 tahun karena dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh anak. Disamping itu, penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) juga sangatlah penting dilakukan dalam suatu upaya pencegahan penyakit. Masa anak-anak ialah masa dimana seluruh waktu yang ada hanya ingin dihabiskan untuk bermain saja, tak selalu anak-anak bermain pada wilayah yang menurut kita bersih. Dalam hal ini, pengaruh imunisasi dan PHBS terhadap tumbuh kembang dan kesehatan anak sangat nyata.

    Dibaca : 540 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Menuju Indonesia Sehat
    Imunisasi dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
    “Pengaruh Imunisasi Dan PHBS Terhadap Tumbuh Kembang Dan Kesehatan Anak”

    Imunisasi merupakan suatu upaya pemerintah untuk mencapai Milennium Development Goals (MDGs), yang salah satu tujuannya adalah untuk menurunkan angka kematian anak. Imunisasi dasar sangat penting diberikan pada bayi berusia 0-12 bulan, untuk memberikan kekebalan dari penyakit. Selain imunisasi dasar, terdapat beberapa imunisasi tambahan yang diberikan saat berada di bangku sekolah dasar yang membantu memperkuat kekebalan tubuh anak.

    Disamping itu, penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) juga sangatlah penting dilakukan dalam suatu upaya pencegahan penyakit. PHBS disekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat.

    Adapun manfaat PHBS disekolah yaitu mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan kenyamanan dalam proses belajar mengajar, serta siswa dan warga sekolah yang lain menjadi sehat. Sekolah yang sehat dengan anggota komunitas tingkat sekolah yang berperilaku hidup bersih dan sehat dapat mencegah sekolah menjadi titik penularan atau sumber berbagai penyakit.

    Masa anak-anak ialah masa dimana seluruh waktu yang ada hanya ingin dihabiskan untuk bermain saja, tak selalu anak-anak bermain pada wilayah yang menurut kita bersih. Banyak kuman, bakteri, bahkan virus yang mengancam kesehatan anak. Dalam hal ini, pengaruh imunisasi dan PHBS terhadap tumbuh kembang dan kesehatan anak sangat nyata.

    Perbedaan anak yang rutin imunisasi dan melakukan PHBS dengan baik, dengan anak yang tidak rutin imunisasi dan tidak melakukan PHBS dengan baik akan tampak seiring bertambahnya usia anak yang semakin hari tumbuh menjadi anak yang ceria dan kuat dengan anak yang lesu, lemas, dan mudah sakit.

    Ikuti tulisan menarik NABILA ANUGRAH SISGASARI lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.