x

Gambar oleh \x3ca href\x3d\x22https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/?utm_source\x3dlink-attribution\x26amp;utm_medium\x3dreferral\x26amp;utm_campaign\x3dimage\x26amp;utm_content\x3d1867751\x22\x3ePexels\x3c/a\x3e dari \x3ca href\x3d\x22https://pixabay.com/id//?utm_source\x3dlink-attribution\x26amp;utm_medium\x3dreferral\x26amp;utm_campaign\x3dimage\x26amp;utm_content\x3d1867751\x22\x3ePixabay\x3c/a\x3e

Iklan

Fais Afifah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Desember 2022

Minggu, 4 Desember 2022 20:34 WIB

Membaca dalam Hati

Membaca merupakan suatu aktivitas penting karena kegiatan ini sangat berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari, itulah mengapa seseorang yang pengetahuannya luas serta aktual selalu gemar membaca.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keterampilan Membaca

Pengertian Membaca Dalam Hati

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Membaca merupakan suatu aktivitas penting karena kegiatan ini sangat berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari, itulah mengapa seseorang yang pengetahuannya luas serta aktual selalu gemar membaca. Pada umumnya setiap orang akan membaca bahan bacaan yang sesuai dengan selera pilihannya masing-masing tanpa paksaan dari pihak lain. Terdapat bermacam-macam jenis teknik membaca yang dapat diterapkan bagi seorang pembaca, namun harus tetap melihat konteks tujuan yang akan didapatkan. Dari sekian banyak jenis teknik membaca salah satunya ada teknik membaca dalam hati. Membaca dalam hati ialah kegiatan membaca yang dilakukan tanpa mengeluarkan suara. Kegiatan ini sering dilakukan agar tidak mengganggu orang sekitar.

Membaca dalam hati (senyap), Tarigan dalam Dalman menjelaskan, Dalam membaca senyap pembaca hanya mepergunakan ingatan visual yang melibatkan pengaktifan mata dan ingatan. Latihan-latihan pada membaca senyap haruslah dimulai sejak dini, sehingga anak-anak sudah bisa membaca sendiri, dan pada tahap ini anak hendaknya dilengkapi bahan bacaan tambahan yang penekanannya diarahkan pada ketrampilan menguasai isi bacaan dan memperoleh serta memahami ide-ide dengan usahanya sendiri. (Wathoni, 2020: 112).

Membaca dalam hati dapat dilakukan dengan sempurna tanpa suara, desauan, dan gerakan lidah. Bahkan dalam membaca dalam hati tidak ada getaran pita suara pada pangkal teggorokan pembaca. Ini berarti bahwa makna pada kata-kata yang tertulis berpindah langsung kepada ingatan pembaca tanpa melalui tahapan bunyi. (Al-Khuliy, 2016: 83)

Menurut Rahim (2011:122), bahwa membaca dalam hati adalah pembelajaran membaca yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengingatkan urutan peristiwa, dan memahami teks secara mendalam. Berdasarkan paparan di atas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa membaca dalam hati adalah salah satu keterampilan membaca yang penekanannya diarahkan pada keterampilan menguasai isi bacaan, sehingga memperoleh serta memahami ide-ide dalam teks, dan memperkaya kosa kata pembaca. (Yanto, 2015: 8).

 

Tujuan Membaca Dalam Hati

Adapun tujuan khusus dari membaca dalam hati adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan yang dibacanya, menangkap isi bacaan secara cepat dan cermat, baik tersirat maupun tersurat.

 

Macam-Macam Membaca Dalam Hati

  • Membaca ekstensif ialah membaca dengan objek sebanyak-banyaknya dengan waktu yang singkat. Tujuan dari membaca ini ialah untuk memahami isi yang penting dengan tepat, cepat, serta hemat (efisien).
  • Membaca intensif ialah membaca yang dilakukan dengan seksama yaitu hanya membaca beberapa pilihan yang ada untuk mengasah serta menumbuhkan kemampuan membaca secara kritis. Tujuannya ialah agar sukses dalam pemahaman penuh terhadap argumen yang logis, untuk mengetahui serta menelaah isi suatu bacaan secara mendalam, untuk memperoleh ide yang terdapat dalam suatu bacaan, menambah kosa kata, dan mengembangkannya.

 

Penutup

Menurut saya membaca dalam hati dapat diterapkan bagi para pembaca karena membaca dalam hati cenderung lebih meningkatkan fokus seseorang secara maksimal dalam memahami isi suatu bacaan atau bisa dibilang lebih efektif. Saran saya jika ingin lebih fokus untuk membaca dalam hati para pembaca memilih tempat, suasana, dan lingkungan yang nyaman sehingga terhindar dari kebisingan juga rasa bosan. Maka dari itu membaca dalam hati dapat berjalan dengan baik dan fokus.

 

Ikuti tulisan menarik Fais Afifah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler