Belajar Teori Komunikasi dari Film Kupu-kupu Malam - Hiburan - www.indonesiana.id
x

pixabay.com

Fidelia Simamora

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Desember 2022

Jumat, 16 Desember 2022 16:40 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Belajar Teori Komunikasi dari Film Kupu-kupu Malam

    Komunikasi adalah hal yang utama untuk memahami seseorang. Melalui komunikasi kita dapat memahami seseorang. Prinsip hidup seseorang dapat dipahami dengan semakin sering berkomunikasi.

    Dibaca : 1.613 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    "Ini perempuan beda, selain dia punya prinsip ada sesuatu di diri dia yang bikin gue penasaran, lu tau kan gak pernah ada perempuan yag nolak gw dengan alasan apapun," ucap Arif dalam adegan film Kupu-kupu Malam.

    Tidak ada yang menyangka seorang mahasiswa lugu memiliki dua sisi kehidupan yang berbeda. Terlihat lugu tidak bisa menjamin fakta yang terjadi di kehidupan seseorang. Kupu-kupu Malam adalah suatu film yang menceritakan kehidupan seorang perempuan bernama Flo. Pada cerita ini Flo merupakan mahasiswa dan seorang PSK. Salah satu klien ari Flo adalah Arif. Arif adalah sosok yang sangat percaya bahwa semuanya bisa diselesaikan dengan uang.

    Apa keunikan dari film ini? Film ini sangat menarik karena alur ceritanya yang sangat unik. Film yang menunjukan tentang sisi lain dari kehidupan. Sebuah kenyataan yang tidak semua orang ingin mengumbarnya. Film ini menjelasakan bertapa uang dan kekayaan dapat mengintimidasi seseorang. Selain alur yang menarik, cara pengambilan gambar pada film ini juga keren. Pemain film ini juga tidak diragukan lagi, mereka dapat memainkan perannya sehingga penonton dapat menikmati alur yang disajikan.

    Tokoh utama dalam film ini adalah Flo atau Laura seorang mahasiswa biasa di kampusnya. Suatu film tidak akan menarik jika tokoh utamanya tidak ditemani oleh tokoh tambahan. Tokoh utama harus disandingkan oleh beberapa tokoh tambahan karena ini adalah sebuah film, bukan monolog. Tokoh tambahan atau pelengkap, yaitu Pak Arif, Mami Rachel, Dani, Melinda dan lainnya. Dalam film ini tentu terjadi komunikasi antara tokoh yang saling berkelanjutan. Komunikasi yang terjadi antara tokoh bisa disebut dengan komunikasi interpersonal atau antarpribadi.

    Kedekatan seseorang dapat dipahami dari komunikasi yang terjadi tiap tokoh. Komunikasi interpersonal dapat dibagi menjadi dua hubungan, yaitu hubungan impersonal dan hubungan personal. Komunikasi impersonal hanya membahas tentang hal-hal umum kehidupan seseorang. Berbeda dengan hubungan personal yang membahas lebih mendalam dari seseorang yang bisa mencakup prinsip dan harapannya. Salah satu hubungan personal dalam film ini adalah hubungan antara Flo dan ibunya. Menurut Sanjaya komunikasi yang terjadi bisa disebabkan oleh adanya hubungan relasional yang timbul. Flo dan ibunya bisa dikatakan komunikasi relasional karena ada hubungan yang jelas.

    Walaupun menjalankan komunikasi antartokoh namun tetap memiliki level interaksi sosal yang berbeda. Mengapa terjadi perbedaan level interaksi sosial ? Menurut tingkatan interaksi sosial yang dipopulerkan oleh Martin Buber dalam bukunya ‘I and Thou’ (Buber & Kaufmann,1970) adanya perbedaan saat seseorang melakukan komunikasi. Tingkatan dalam level interaksi sosial ini dimulai dari It, You, dan Thou. Komunikasi yang terjadi antara Flo dan mami berada pada level I and Thou. Hal ini disebabkan karena adanya hubungan yang jelas dan terikat. Namun tentu berbeda ketika membandingkan dengan Flo dan Pak Arif. Tingkatan hubungannya berada pada level I and You, pada tingkatan ini menjelaskan bahwa mereka saling menerima karena ada peran sosial yang terjadi. Peran sosial yang timbul karena Pak Arif hanya dianggap sebagai client dari Flo.

    Apakah mungkin terjadi perubahan level interaksi ? Ya tentu saja bisa. Sebagai contohnya di kehidupan nyata, kita tidak mungkin memutuskan untuk menjalin hubungan berupa pacaran jika tidak adanya proses komunikasi. Menurut Sanjaya (Moerdijati, 2016:166) menjelaskan bahwa komunikasi yang terjadi antara tiap pribadi adalah suatu proses perkembangan dari sifatnya tidak personal menjadi lebih intim. Adegan dalam film ini menjelaskan pembicaraan personal dapat dilihat ketika adegan Flo yang menjelaskan bahwa dia tidak pernah layani clientnya dua kali karena menyangkut dari prinsip hidupnya. Sebenarnya dengan intimnya komunikasi yang terjadi seseorang dapat mengerti lawan bicaranya. Hal ini menjelaskan teori penetrasi sosial (Altman dan Taylor) bahwa ada tahapan komunikasi dimulai dari biografi umum sampai konsep diri.

    Walaupun menerima penolakan dari Flo, Pak Arif yang sangat kagum dengannya. Mendengarkan prinsip dan alasannya menjalani kehidupannya menjadi kupu-kupu malam demi pengobatan adiknya. Tidak habis akal, Pak Arif mencoba mengintimidasi mami agar dia bisa bertemu dengan Flo lagi. Pak Arif melakukannya karena dia tahu bahwa ibunya bisa merayu Flo. Benar saja, ibunya membujuk Flo agar bertemu dengan Pak Arif. Menurut Devito tujuan dari komunikasi interpersonal ada lima, yaitu menemui jati diri, menciptakan relasi, membantu, menawarkan dan hiburan. . Komunikasi yang mami lakukan dengan Flo memiliki tujuan untuk mempersuasi Flo agar melayani Pak Arif.

    Tidak semua film diangkat dari kejadian nyata yang terjadi kehidupan seseorang. Namun film bisa menjelaskan kejadian yang terjadi dimasyarakat. Hal yang terjadi di film bisa membantu kita menjelaskan teori yang ada. Pada film ini menjelaskan bahwa bertapa komunikasi interpersonal atau antarpribadi sangat penting. Walaupun melakukan komunikasi dengan orang yang sama tetap terjadi perbedaan level interaksi sosial. Jika tertarik kalian bisa menonton rangkaian film ini di platform favorit anda.

    Ikuti tulisan menarik Fidelia Simamora lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.