x

Gaji YouTuber

Iklan

Fidelia Simamora

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ yang mencoba berbagi sedikit cerita.
Bergabung Sejak: 16 Desember 2022

Sabtu, 17 Desember 2022 18:56 WIB

Mengapa Fans Rela Mengeluarkan Uang Nonton Bangku Kosong dalam Subathon Youtuber Gaming?

Pernahkah kalian menonton seorang youtuber melakukan live streaming dengan waktu yang dihitung mundur ?Mengapa banyak orang yang tetap menonton live walaupun hanya melihat bangku kosong ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

28 hari live streaming dalam rangka subathon, Devin seorang youtuber gaming selalu siap menemani penontonya.
 
Menjadi seorang content creator terkenal adalah beberapa impian anak muda pada zaman sekarang. Hal ini disebabkan oleh perkembangan platform live streaming seperti YouTube. YouTube memberi kebebasan setiap orang untuk membagikan video dan melakukan live streaming, bahkan setiap youtuber memiliki kemungkinan untuk mendapatkan uang dari tiap video. Salah satu cara selain pendapatan endorse dan adsense, yaitu subathon.
 
Pada konsepnya subathon adalah live streaming yang memiliki durasi waktu dan tiap orang bisa menambah waktu live dengan menyawer melalui saweria.com, lalu dirubah menjadi hitungan menit. Seorang youtuber gaming yang sedang subathon akan mengisi live dengan aktivitas yang dilakukan seperti main game, ngobrol dengan penonton, menampilkan kegiatannya pada hari itu, bahkan tidur meninggalkan bangku gaming yang kosong menjadi tontonan. Walau hanya menonton bangku kosong masih banyak fans yang setia menonton live streaming, mereka berinteraksi dengan penonton lainnya di kolom komentar. Kegiatan ini akan terus berulang karena fansnya rela mengeluarkan uang dari sepuluh ribu, bahkan sampai jutaan rupiah untuk memperpanjang durasi subathon.
 
Salah satu youtuber gaming yang melakukan subathon, yaitu Corneval atau sering disebut Devin. Dia sudah melakukan subathon selama 28 hari berturut-turut. Kegiatannya selama live didominasi aktivitas seperti main game dan mengobrol dengan penontonnya. Komunikasi yang terjadi antara penonton dan Devin disebut komunikasi antarpribadi atau interpersonal. Topik pembicaraan selama live sangat beragam.
 
Masa 28 hari bukan waktu yang singkat, lalu apa alasan utama penontonnya ingin terus menambah waktu subahton? Kita tahu bahwa game salah satu cara untuk menghilangkan suntuk. Namun, tidak semua orang yang memiliki perangkat yang memadai untuk main game di komputer. Salah satu cara untuk menyiasatinya dengan menonton orang bermain game.
 
Devin memiliki skill game yang baik. Selama bermain game Devin ditemani oleh temannya, canda tawa mengalir dengan waktu yang dihitung mundur. Daya tarik dari live streamingnya terletak dari pembawaannya yang apa adanya, mau melakukan hal yang direquest penonton dan sering merespon live chat. Kebiasaannya itu membuat penontonnya ingin terus menonton. Menurut Devito tujuan dari komunikasi interpersonal ada lima, yaitu menemui jati diri, menciptakan relasi, membantu, menawarkan dan hiburan. Dengan subathon penontonnya mendapatkan hiburan dan menciptakan kepuasan karena dapat berinteraksi dengan youtuber idolanya.
 
Penonton tetaplah penonton, kalimat yang mungkin keluar dari beberapa pikiran orang. Walaupun komunikasi yang terjadi hanya membahas tentang hal-hal random dan tidak membahas masalah kehidupannya secara mendalam namun ada ikatan yang timbul antara keduanya. Jika dicocokkan dengan level interaksi sosial yang dipopulerkan oleh Martin Buber dalam bukunya ‘I and Thou’ (Buber & Kaufmann,1970) komunikasi tersebut berada pada level I and You. Level ini menjelaskan bahwa ada peran sosial yang terjadi namun hanya sekadar kenal. Devin dapat mengenal fansnya dari nama akun yang komentar disaat livenya berlangsung. YouTube memiliki fitur channel memberships yang berfungsi sebagai penanda bahwa kita merupakan penggemar sesungguhnya. Walaupun hanya sebagai penonton namun kita saling membutuhkan karena tanpa feedback komunikasi berhenti.
 
Lalu mengapa subathon menjadi fenomena dikalangan youtuber gaming? Selain untuk berinteraksi dengan penonton manfaat lain subathon yaitu menambah subscriber YouTube. Makin lama live streaming memungkinkan penonton baru yang datang makin meningkat karena penambahan jumlah subscriber bisa dirumah menjadi hitungan menit. Subathon berpotensi menjadi sumber pendapatan terbesar seorang youtuber. Jumlah subscriber YouTube dan tingkat keroyalan penontonya sangat berpengaruh terhadap hasil uang yang terkumpul. Lamanya subathon yang dilakukan oleh Devin membuktikan bahwa penontonnya sangat royal. Selama 28 hari jumlah uang yang terkumpul selama subathon berkisar 70 juta lebih melalui saweria. Hal tersebut membuktikan fitur hubungan personal menurut Woods (Wood,2017) berupa adanya investasi dalam hubungan berupa waktu, tenaga hingga uang. Tanpa semua itu hubungan interpersonal tidak akan ada. Fakta menarik, Devin telah 7 kali melakukan subathon. Subathon Devin yang ke-7 selesai tanggal 07 Desember 2022.
 
Subathon fenomena yang menguntungkan semua pihak. Pada satu sisi ini adalah cara cepat untuk mengumpulkan uang dan membuat fans menjadi senang bisa berbicara dengan idolanya. Dengan perkembangan platfrom live streaming seperti YouTube mempermudah komunikasi antara penggemar dan idolanya. Kita bisa menikmati berbagai konten yang disajikan, bahkan ngobrol melalui fitur live streaming. Kalian punya youtuber favoritkan udah disubscribe belum ? Jangan lupa pencet tombol merah, nyalain notifikasi, dan join membershipnya supaya kalian ga ketinggalan konten menarik lainnya.

Ikuti tulisan menarik Fidelia Simamora lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler