x

painting by Katie m. Berggren

Iklan

Fahmi Setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2023

Jumat, 6 Januari 2023 06:47 WIB

Mengapa Kamu Butuh Sebuah Pelukan?

Kamu mungkin sering mendengar mengenai berbagai manfaat dari berpelukkan. Seperti membantumu meredakan tangisan, atau membuat kamu lebih nyaman saat merasa sedih.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah kamu mengalami hari yang berat? Atau kamu sedang merasa sedih? Mungkin yang kamu butuhkan adalah sebuah pelukan.

Kamu mungkin sering mendengar mengenai berbagai manfaat dari berpelukkan. Seperti membantumu meredakan tangisan, atau membuat kamu lebih nyaman saat merasa sedih. Namun ternyata berpelukan dapat memberikan manfaat yang jauh lebih luas. Berpelukan ternyata juga baik untuk kesehatan mentalmu.

Kapan terakhir kali kamu memeluk atau dipeluk orang lain?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beberapa dari kamu mungkin sudah sangat terbiasa untuk memeluk dan dipeluk. Namun, ada juga yang belum terbiasa dan merasa aneh dengan sentuhan fisik berupa pelukan.

Tapi tahukah kamu, bahwa pelukan sederhana memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan? Cek di bawah ini.

1. Memberikan Rasa Aman

Pelukan dapat memberikan rasa aman dan mengurangi stress. Kamu yang kerap dipeluk saat masa kecil memiliki simptom stress yang lebih rendah dibandingkan individu yang jarang dipeluk pada masa kecilnya.

2. Tingkatkan Bonding Dengan Orang Lain

Saat berpelukan, tubuhmu mengeluarkan hormon oksitosin dalam jumlah banyak. Hormon ini adalah salah satu hormon yang meningkatkan perasaan dekat, kepercayaan dan koneksi dengan orang lain.

Inilah yang menyebabkan perasaan kesepian atau loneliness berkurang saat menerima pelukan dari orang lain yang kamu sayangi.

3. Membantu Mengatasi Depresi

Tubuh juga menghasilkan hormon dopamin. Hormon dopamin ini dikenal sebagai hormon yang berhubungan dengan rasa bahagia saat mendapatkan reward atau penghargaan.

Dopamin juga berperan penting dalam mengontrol respon emosi. Hal ini membuat kamu merasakan kebahagiaan dan lebih terpacu untuk mencapai reward tersebut.

4. Kesehatan Fisik Yang Lebih Baik

Hormon oksitosin yang dikeluarkan saat kamu berpelukan tidak hanya meningkatkan reaksi tubuh dalam proses penyembuhan namun juga men-shutdown memori-memori yang tidak menyenangkan yang pernah kamu alami.

Dengan hal itulah, tekanan darah akan menurun dan tentunya akan berdampak positif dalam kesehatan fisik kamu secara umum.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Self Love

Pelukan hangat akan mengajarkan bagaimana memberi dan menerima orang lain.

Pelukan membuat kamu merasa disayangi dan tahu bagaimana cara menyayangi orang lain. Tidak hanya itu saja, pelukan juga dapat meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri (self-love). Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih percaya dengan orang lain dan tentunya percaya terhadap diri sendiri.

Tidak ada orang yang bisa memeluk dirinya sendiri, untuk itulah kita harus belajar memeluk tanpa ada niat yang lain kecuali niat baik seperti yang sudah disebutkan di atas.

Ikuti tulisan menarik Fahmi Setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu