x

image: LoveToKnow

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 26 Februari 2023 10:52 WIB

Saat Mimpi Anda Berubah

Kenyataannya adalah bahwa salah satu bagian kehidupan yang paling konstan dan tak terhindarkan adalah perubahan. Perubahan konstan. Itu berarti Anda berubah dan sebagai hasilnya, begitu juga impian Anda. Itu tidak apa-apa. Itu bukanlah tanda kegagalan, menyerah, atau mengecewakan siapa pun. Itu hanyalah bagian dari diri Anda yang berubah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak apa-apa untuk berkembang dan berubah pikiran.

Poin-Poin Penting

  • Ketika mimpi berubah, itu bukanlah tanda kegagalan atau menyerah.
  • Melepaskan mimpi yang tidak lagi sesuai dengan kehidupan seseorang dapat memakan waktu dan membutuhkan kesedihan.
  • Berhubungan kembali dengan diri sendiri saat ini dapat mengarah pada mimpi baru.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

John Lennon dengan terkenal berkata, "Hidup adalah apa yang terjadi pada Anda saat Anda sibuk membuat rencana lain." Selama bertahun-tahun, saya akhirnya mulai memahami hal ini. Sebagai individu yang ambisius dan didorong oleh pencapaian, saya selalu menetapkan tujuan. Itu spesifik, terukur, dapat dicapai, dan hal lain yang dimaksudkan untuk menjadi tujuan. Tujuan-tujuan ini telah menjadi batu loncatan menuju impian saya yang lebih besar. Mimpi yang sering saya alami sejak lama. Mimpi yang membuat saya bersemangat. Mimpi yang saya lihat menjadi kenyataan. Namun, saya tidak pernah mempertimbangkan, bahwa dalam perjalanan menujunya, impian saya akan berubah.

Tumbuh dewasa, saya selalu disuruh mengejar impian saya. Saya didorong untuk bekerja keras, tetap percaya, dan tidak pernah menyerah. Untuk terus berjalan apapun yang terjadi.

Tetapi … bagaimana jika hal-hal tidak seperti yang Anda pikirkan? Bagaimana jika jalan menuju impian Anda membawa Anda ke kehidupan yang tidak Anda sukai? Bagaimana jika apa yang Anda pikir Anda inginkan mulai terasa seperti beban? Bagaimana jika mimpi yang selalu Anda impikan tidak lagi tepat untuk Anda? Bagaimana jika Anda melebihi impian Anda? Kita tidak mendapatkan buku panduan tentang cara menangani semua ini.

Kenyataannya adalah bahwa salah satu bagian kehidupan yang paling konstan dan tak terhindarkan adalah perubahan. Perubahan konstan. Itu berarti Anda berubah dan sebagai hasilnya, begitu juga impian Anda. Itu tidak apa-apa. Itu bukanlah tanda kegagalan, menyerah, atau mengecewakan siapa pun. Itu hanyalah bagian dari diri Anda yang berubah.

Namun, ini tidak berarti itu mudah. Melepaskan sesuatu yang sangat Anda percayai dan usahakan itu sulit. Ini bisa memakan waktu, terutama jika Anda sudah lama bermimpi. Tiba-tiba, Anda kehilangan arah dan tujuan. Anda tidak lagi tahu apa yang Anda tuju dan Anda merasa tersesat. Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Anda tidak sendiri. Ini semua adalah bagian dari proses.

Apa yang harus dilakukan ketika impian Anda berubah

Untuk menavigasi perubahan dalam mimpi Anda ini, mulailah dengan langkah-langkah ini:

1. Akui bahwa tidak apa-apa jika impian Anda berubah. Sama seperti tidak apa-apa bagi Anda untuk berubah, tidak apa-apa jika impian Anda berubah. Oleh karena itu, jangan menyalahkan diri sendiri tentang perubahan tersebut atau berpikir Anda telah gagal. Sebaliknya, Anda berhasil menjadi diri Anda yang sekarang dan mengikutinya.

2. Duka mimpi yang Anda lepaskan. Hanya karena Anda telah melampaui impian Anda, bukan berarti Anda tidak kecewa karena melepaskannya. Jika impian Anda berarti bagi Anda, wajar jika itu akan menyakitkan. Jika ya, biarkan saja. Mencoba menyangkal luka hanya akan membuatnya tumbuh. Beri diri Anda waktu untuk berduka dan sembuh.

3. Terhubung kembali dengan siapa Anda hari ini. Untuk menemukan arah dan tujuan baru Anda, hubungkan kembali dengan siapa Anda hari ini. Lepaskan siapa diri Anda dan apa ambisi masa lalu Anda. Identifikasi apa yang paling penting bagi Anda hari ini. Kehidupan seperti apa yang ingin Anda jalani? Apa yang membuat Anda senang? Apa yang menggairahkan Anda dan menginspirasi Anda? Bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu Anda?

4. Memelihara pertumbuhan. Untuk mendapatkan kembali momentum Anda, fokuslah pada pertumbuhan Anda. Ambil langkah terkecil yang Anda bisa untuk maju dan berkembang dalam sesuatu yang penting bagi Anda. Gunakan ini sebagai motivasi untuk terus berjalan. Seiring waktu, saat kegembiraan Anda mulai kembali, Anda akan menemukan impian baru untuk diusahakan.

***
Solo, Sabtu, 25 Februari 2023. 9:12 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan