x

Google

Iklan

Dien Matina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2022

Kamis, 16 Maret 2023 20:52 WIB

Pesan-pesan Tersembunyi di Film Animasi

Pada perkembangannya film animasi semakin menarik dan unik. Tidak hanya dipersembahkan untuk anak-anak, beberapa film animasi dibuat hanya untuk dikonsumsi orang dewasa. Bukan karena ada adegan 18+ tetapi makna ceritanya yang lebih bisa dipahami oleh orang dewasa. Berikut rekomendasi film animasi yang juara versi saya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

1. Love, Death + Robots Volume I 

 

Film animasi ini lahir dari imajinasi tentang cinta, kematian, dan teknologi. Hasilnya dark tapi keren! Suguhan spesial bagi pecinta sci-fi, fantasy atau horror tanpa khawatir soal waktu sebab tiap episodenya tak sampai 20 menit. ⁣Di sini penonton bebas memilih 18 episodenya tanpa khawatir ketinggalan cerita, sebab tidak saling terhubung. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sonnie's Edge

Serunya pertarungan 2 monster ala gladiator yang dikendalikan manusia. ⁣ 

Three Robots

Setelah umat manusia punah, tiga robot mulai menjelajahi reruntuhan kota. 

The Witness

Thriller psikologi. Pengulangan ingatan yang begitu nganu dan sebuah pertanyaan, apa sih yang terjadi sebelumnya?⁣

Suits

Ini tentang keluarga petani, robot, alien, perang, dan kehidupan masa depan. ⁣

Sucker of Souls

Iblis yang haus darah menyerang sekelompok pembunuh bayaran setelah dibangunkan oleh aktivitas penggalian arkeologi. 

When The Yogurt Took Over

Bayangkan jika yogurt yang dikembangkan oleh para ilmuwan menjadi berakal dan menguasai dunia. 

Beyond The Aquila Rift

Ketika sebuah pesawat ruang angkasa keluar dari jalurnya sejauh ratusan tahun cahaya. Creepy. ⁣ 

Good Hunting

Diadaptasi dari cerpen Ken Liu dengan judul yang sama. Sedapnya ramuan cerita rakyat tradisional dan dunia modern. Apik! 

The Dump

Problematika seorang pegawai pemerintah yang membujuk Ugly Dave untuk pindah dari rumahnya yang terletak di tempat pembuangan akhir, tapi Dave dan hewan peliharannya keukeuh tidak mau pindah. 

Shape-Shifters

Tentang 2 werewolf keren sebagai garda depan militer Amerika dalam perang Afghanistan. ⁣ 

Helping Hand

Kisah seorang astronaut yang mempertaruhkan nyawanya di luar angkasa. 

Fish Night

Dua pedagang terjebak di gurun dan menemukan keganjilan di sana pada malam hari. Apakah yang terjadi? 

Lucky 13

Seorang pilot menceritakan misi-misinya sebagai pilot pesawat Lucky 13. 

Zima Blue

Filosofis sekali ini mah. Ngebahas arti kehidupan yang endingnya, bahagia itu sederhana.  ⁣ 

Blindspot

Regu robotik mencoba merampok truk barang. 

Ice Age

Pasangan yang baru saja pindah apartemen menemukan perabadan makhluk hidup di dalam kulkas tua. Serasa melihat mainan yang hidup. 

Alternate Histories

Semacam aplikasi simulasi penelitian sejarah alternatif yang menampilkan kematian Adolf Hitler dalam 6 waktu yang berbeda. Seandainya sejarah bisa diubah ya. 

Secret War

Rombongan Tentara Merah yang memburu makhluk zombi di hutan pedalaman Siberia. 

 

⁣ 

2. Love, Death + Robots Volume II 

 

Automated Customer Service

AI mungkin canggih dan mengagumkan, tapi apakah kecerdasan buatan itu sekeren ekspektasi kita? Tidak! Dalam banyak hal robot tidak bisa menggantikan manusia. 

Ice

Ice sebetulnya punya ide cerita unik. Sayangnya, agak gimana ya, saya tidak menemukan gregetnya. 

Pop Squad

Saya sukaaa episode ini! Related dengan yang belakangan viral, childfree. Salah satu pelaku mengaku awet muda karena memilih childfree, maka banjirlah hujatan warganet. Tidak apa-apa padahal ya, namanya juga pilihan hidup, jalani saja semuanya dengan bahagia dan tidak perlu terlalu banyak bicara. 

Anyway Pop Squad adalah dunia khayalan, tetapi bisa saja suatu saat nanti akan terjadi di mana manusia mampu menemukan jawaban tentang keabadian dengan formula tertentu, dengan konsekuensi harus menjadi childfree. 

 

Snow in the Desert

Ini menjadi salah satu cerita yang seimbang dari segi filosofi maupun aksi. Berkisah tentang Snow, manusia abadi yang diburu banyak orang yang juga pengin bernasib sama.

Padahal ya, menjadi manusia abadi tidak seasyik yang dibayangkan orang-orang. Seperti Snow yang kesepian setelah istrinya meninggal. 

 

The Tall Grass

Bukan kisah yang dalam, tetapi cukup memuaskan saya yang suka film horor misteri dan alien. Aksinya juga bagus. 

 

All Through The House

Penasaran tidak dengan wajah asli Santa Claus? Seandainya wajahnya tidak seperti yang kita bayangkan bagaimana? Leah dan Billy akan menceritakannya. 

 

Life Hutch

Hanya di sini ditampilkan manusia asli yang diperankan Michael B. Jordan, meski dipenuhi CGI. 

 

The Drowned Giant

Epidose ini berkisah dari sudut pandang seorang peneliti. Gambaran sifat manusia yang mudah heboh sekaligus mudah melupakan, dan cenderung suka memanfaatkan sesuatu yang terlihat berharga. Dasar, manusia! 

 

 

3. Love, Death + Robots Volume III 

 

Three Robots : Exit Strategies

Tiga robot dari volume pertama melanjutkan perjalanan mencari tahu mengapa manusia musnah. 

 

Bad Travelling

Perjalanan kapal penangkap ikan yang penuh unsur pemberontakan dan pengkhianatan. 

 

The Very Pulse of The Machine

Pendaratan di bulan gagal, co-pilot tewas, lalu apa yang terjadi? 

 

Night of The Mini Dead

Pesan moralnya, berpikirlah dahulu sebelum bertindak. Jangan bodoh! 

 

Kill, Team, Kill

Musuh luar biasa sedang dihadapi tentara Amerika. Siapa pemenangnya? 

 

Swarm 

Kisah 2 ilmuwan berada di sarang koloni serangga yang sudah hidup ribuan tahun. 

 

Mason's Rats

Seorang petani berperang seru dengan tikus. Saksikan siapa yang jadi pemenangnya.

 

In Vaulted Halls Entombed

Lagi-lagi tentang tentara khusus Amerika di pegunungan terpencil Afghanistan. Akankah mereka selamat dari musuh yang bukan manusia? 

 

Jibaro

Khusus episode ini saya merasa tak nyaman menontonnya. Entah bagaimana dengan anda? 

 

 

4. The Cockpit 

Antologi 3 episode, tentang pasukan berani mati Jepang, pilot-pilot, dan para prajurit era perang dunia 2. Menarik. 

 

 

5. Ai Monogatari

Mempersembahkan berbagai kisah cinta dengan tahapan-tahapan dan perubahannya yang kadang tak terduga. Sembilan judul yang membuat saya senyum-senyum sendiri, I want to hold your hand, Hero, Let's spend the night together, Stop the time, Betrayal in the city, I cant stop loving you, Those were the days, Lion and pelican, dan White Christmas. 

 

 

6. Twilight Q

Dua cerita misteri—Time Knot: Reflection dan Mystery Article File 538, yang melibatkan kamera pengintai dan hilangnya beberapa pesawat. Cukup menarik. 

 

 

7. Batman: Gotham Knight

Animasi Batman dalam 6 babak. Bagus. 

 

 

8. Memories 

Dirilis tahun 1995 dengan 3 cerita fiksi ilmiah. Dibintangi Katsuhiro Otomo, pencipta Akira. Seorang Satoshi Kon yang dikenal lewat animasi Perfect Blue juga bergabung dalam episode Magnetic Rose. 

 

 

9. The Animatrix

Antologi sci-fi tjakep dengan 9 anime pendek yang mengeksplor alam semesta matrix. Berikut judul-judulnya.. Final flight of the osiris, The second renaissance part 1, The second renaissance part 2, Kid's story, Program, World record, Beyond, A detective story, dan Matriculated. 

 

 

10. I Lost My Body (J'ai Perdu Mon Corps)

Menurut saya ini film unik, meski di awal terkesan aneh, di mana tangan manusia jalan-jalan sendiri. Beberapa momen sungguh indah sekaligus galau. Semacam ada suasana spiritual tentang takdir dan jalan hidup—inilah hidup, kamu tidak bisa selalu menang. 

Dan dengan setting suasana bar, pesta, alkohol, rokok, kekerasan, dan kisah cinta yang agak-agak rumit, I Lost My Body dibuat untuk usia dewasa. 

 

 

11. Perfect blue

Salah satu anime genre thriller-psychology dihadirkan Satoshi Kon. Diadaptasi dari novel karya Yoshikazu Takeuchi (1991), tentang realita, halusinasi atau imajinasi, dan ekspektasi yang saling bercampur membingungkan dan mengerikan. Saya suka film ini, bagaimana dengan anda? 

 

 

12. Buddy Daddies

Dirilis 7 Januari 2023 lalu, dan saya baru saja nonton dan baru sampai di episode 9, sebab 3 episode yang lain katanya masih on the way rilis. Dengan durasi per episodenya sekitar 24 menit, saya senang sekali menontonnya. Iya, senang! Anime ini sungguh asik, lucu, mengharukan dan memberikan pesan moral penting tentang parenting. Menjadi orang tua yang baik itu sangat tidak mudah, seumur hidup mempertaruhkan diri untuk menyeimbangkan semuanya pun saat diri sendiri sedang terombang-ambing oleh kehidupan. Anda harus nonton dan melihat juga apa yang disebut platonic relationship. 

 

 

13. I am What I am (Xiong Shi Shaonian) 

Percaya tidak, masing-masing kita memiliki takdir untuk menjadi 'sesuatu' dan menemukan jalannya sendiri secara tak terduga. Meski butuh waktu, pengorbanan dan harus mengalami badai kehidupan yang seringkali membuat harapan hanyalah sebuah harapan yang melelahkan. Saya berharap anda semua bisa meluangkan waktu untuk menonton film ini, sangat-sangat recommended ya. Sebab.. 

I am what I am adalah salah satu animasi terbaik yang pernah saya tonton. Saya baper dong haha.. 

Ceritanya mudah dicerna dan tidak sangat istimewa tetapi banyak adegan luar biasa menyentuh hati. Realita kehidupan budaya modern dan bukan cerita mitos China. Kisah inspiratif remaja yang menentang kelemahannya dan berdiri sebagai seorang laki-laki sejati. 

Pesan moral yang sampai ke saya yaitu, bahwa takdir, bakat, usaha, doa, dan dukungan orang-orang terkasih akan membawa kita pada jalan yang memang seharusnya kita tempuh. Fokuslah pada proses bukan fokus pada akan menjadi 'apa' atau 'sesuatu' nantinya. 

Beberapa kritikan datang atas penampilan karakternya yang dianggap menjelekkan orang Guangdong karena mata yang terlalu sipit, bukan seperti anime Jepang yang bermata besar dan indah. Kritikan lain adalah anggapan terlalu cepatnya waktu untuk menjadi penari barongsai yang hebat. Tidak realistis katanya. Baiklah itu masuk akal, tetapi ini film animasi loh bukan film dokumenter tokoh legenda, bolehlah ya pak sutradara lebih menitikberatkan pertumbuhan karakter daripada membahas belajar trik tari barongsai selama 10 tahun. 

Film ini juga menghadirkan keindahan pemandangan desa di China, serta hiruk pikuk kota besar yang dipenuhi orang-orang yang berjuang mati-matian untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Bagaimana dengan ending-nya? Cukup realistislah. Saya tidak perlu menuliskannya di sini, biar anda penasaran hehe.. 

 

 

By the way semua film yang saya rekomendasikan ini membuat saya speechless. Dan saya bahagia bisa menikmati hasil imajinasi indah para sineas dunia di sela-sela keriweuhan hidup saya. Menjura! 

 

Terima kasih sudah membaca, semoga berbahagia. 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Dien Matina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler