x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Kamis, 20 April 2023 19:43 WIB

Berwisata atau Mudik ke Lampung, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh dan Cinderamata Khas Sang Bumi Ruwai Jurai Ini

Provinsi Lampung, salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan mudik warga dari berbagai daerah di Indonesia. Selain pesona alamnya, Lampung juga dikenal dengan oleh-oleh khasnya dengan rasa dan keunikan yang tak bisa ditemukan di daerah lain. Maka kalau berwisata ke Lampung jangan lupa beli oleh-oleh dan cenderamata untuk handaitolan dan sahabat-sahabatmu.Untuk oleh-oleh makanan, Lampung dikenal memiliki keripik pisang, sambal Lampung, kemplang, bakso, pie pisang, dan lain sebagainya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Provinsi Lampung, salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan mudik warga dari berbagai daerah di Indonesia. Selain pesona alamnya, Lampung juga dikenal dengan oleh-oleh khasnya dengan rasa dan keunikan yang tak bisa ditemukan di daerah lain. Maka kalau berwisata ke Lampung jangan lupa beli oleh-oleh dan cenderamata untuk handaitolan dan sahabat-sahabatmu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadis Parekraf) Provinsi Lampung Bobby Irawan menjelaskan, ada beragam oleh-oleh khas Lampung dapat menjadi pilihan sebagai kenang-kenangan untuk teman-teman.

"Untuk oleh-oleh makanan, Lampung dikenal memiliki keripik pisang, sambal Lampung, kemplang, bakso, pie pisang, dan lain sebagainya," jelas Bobby, Kamis (20/4) di Bandar Lampung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan untuk  kerajinan tangan, oleh-oleh khas Lampung yang paling terkenal adalah Tapis Lampung. Kain tradisional yang dibuat dengan benang emas dan memiliki motif yang indah dan unik.

Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang bisa Anda beli saat berwisata atau mudik lebaran 2023 di Lampung.

Keripik Pisang

Lampung adalah salah satu penghasil pisang terbesar di Indonesia. Lampung memiliki produk oleh-oleh khas yang sangat populer, yaitu keripik pisang.

Keripik pisang Lampung dapat dibeli dalam berbagai varian rasa. Seperti rasa manis, asin, cokelat, keju, durian, stroberi, dan balado.

Keripik pisang bisa menjadi cemilan saat kembali dari kampung halaman dan menjadi oleh-oleh untuk tetangga atau teman-teman di tempat kerja.

Pie Pisang

Pie pisang adalah salah satu oleh-oleh khas dari Kota Lampung yang terbuat dari pisang. Garing di luar namun lembut di dalamnya, dan diisi dengan berbagai macam bahan seperti cokelat, kacang almond, keju, dan Oreo.

Biasanya, satu kotak pie pisang terdiri dari lima buah dengan tiga varian rasa yang berbeda dan dapat bertahan selama 3-5 hari dalam suhu ruangan normal.

Harga untuk satu pie pisang kecil adalah Rp5.000 perbuah dan untuk ukuran yang lebih besar adalah Rp8.500 perbuah. Anda bisa datang langsung ke gerai Yussi Akmal di Jalan Raya Zainal Abidin Pagar Alam, Kota Bandar Lampung.

Sambal Lampung

Jika ingin membawa oleh-oleh khas Lampung yang unik dan lezat, sambal ini bisa menjadi pilihan yang tepat.Terdapat berbagai macam varian sambal yang bisa dipilih, seperti sambal goreng udang, sambal cuka, sambalijo Lampung, sambal bawang Lampung, sambal ikan peda, serta sambal tempoyak dan seruit yang tak kalah lezat. Harga setiap botol sambal biasanya sekitar Rp25.000.

Kemplang

Jangan lewatkan kesempatan mudik untuk membeli oleh-oleh khas ini yang terkenal dengan rasa yang renyah dan gurih.Kemplang juga merupakan salah satu oleh-oleh yang tahan lama. Sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk teman atau rekan kerja.

Bakso

Selain bisa dinikmati langsung di tempat, Anda juga bisa membeli bakso sebagai oleh-oleh. Hidangan ini aman untuk dijadikan oleh-oleh karena dalam kondisi beku. Biasanya, bakso beku dijual dengan isi sekitar 50 buah atau seberat 1 kg. Harganya dibanderol sekitar Rp85.000.

Bakso mudah ditemukan di Bandar Lampung. Namun, Bakso Sony merupakan salah satu penjual bakso yang paling terkenal di kota ini. Hal ini karena Bakso Sony hanya menggunakan daging urat sapi pilihan yang telah memiliki label halal MUI dalam pembuatannya.

Lempok Durian

Lempok menjadi salah satu oleh-oleh populer dari Lampung. Proses pembuatan lempuk dan dodol sama persis. Dalam pembuatan lempuk, daging durian dicampur dengan gula dan dimasak di atas api. Biji durian dibuang sebelum proses pengolahan dimulai.

Rasa lempuk durian ini sangat unik. Selain aroma durian yang kuat, lempuk durian memiliki rasa manis dan gurih. Teksturnya agak kenyal sehingga sensasinya berbeda saat digigit. Harga lempuk durian berkisar antara Rp35.000 hingga Rp40.000 untuk ukuran 200 gram. Namun, harga tersebut dapat berbeda tergantung pada toko yang Anda datangi.

Pempek

Pempek memang berasal dari Sumatera Selatan. Namun penganan ini juga mudah dijumpai di Kota Bandar Lampung. Pempek di Lampung menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya.

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Pempek juga cocok dijadikan oleh-oleh. Makanan ini tidak mudah basi dan dikemas dengan praktis sehingga aman dibawa bepergian. Untuk membeli oleh-oleh ini, Anda perlu menyediakan budget sekitar Rp100.000 untuk satu kemasan yang berisi 20 buah pempek campur.

Kopi Lampung

Lampung termasuk salah satu penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Lampung memiliki kebun kopi robusta yang menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi.

Kopi Lampung dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh khas. Anda dapat membawa satu kemasan kopi Lampung yang berisi 500 gram dengan harga sekitar Rp50.000. Cocok sebagai oleh-oleh untuk teman-teman terdekatmu.

Manisan

Sayang untuk melewatkan makanan dan oleh-oleh khas Lampung yang satu ini. Ada banyak banyak manisan buah-buahan yang dijual di banyak toko oleh-oleh di Kota Bandar Lampung.

Manisan sudah melalui proses pengawetan dengan direndam dalam air gula selama beberapa waktu. Beberapa jenis manisan buah yang bisa Anda pilih, antara lain pepaya, salak, mangga, kedondong, dan masih banyak lagi. Manisan khas Lampung ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Yaitu sekitar Rp35.000 per 500 gram dan bisa tahan hingga dua minggu.

Kain Tapis

Kain tapis Lampung bisa dijadikan oleh-oleh khas yang unik dan istimewa. Kain ini dihasilkan melalui teknik tenun tradisional dengan warna dominan emas dan perak serta motif alam seperti flora dan fauna. Ada juga motif yang menampilkan gambar rumah-rumah adat.

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Kain tapis sebelumnya hanya dipakai oleh keluarga bangsawan Lampung untuk acara adat seperti pemberian gelar, upacara perkawinan, dan upacara mengangkat saudara. Kini, kain tapis bisa dibeli oleh siapa saja dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Meskipun mahal, kain tapis yang ditenun secara manual memiliki nilai seni dan keindahan yang tinggi.

*) Christian Heru Cahyo Saputro, pejalan, tukan tulis dan suka bebagi kisah.

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler