x

Konsultan TI dan Programmer Itu Juga Buruh (sumber gambar: Pixabay.com/Geralt)

Iklan

Dewi puspa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 3 Mei 2023 07:41 WIB

Konsultan TI dan Programmer Itu Juga Buruh

Ada perubahan makna buruh di kalangan masyarakat. Buruh seperti identik dengan pekerja kasar dan pekerja pabrik, padahal mereka yang bekerja semuanya adalah buruh.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika Rancangan Undang-undang Cipta Kerja banyak digugat karena merugikan kaum buruh dan lebih menguntungkan pengusaha, banyak yang tak merasa undang-undang tersebut jika disahkan nantinya akan berdampak bagi mereka. Itu kan Undang-undang buat buruh, komentar beberapa netizen dalam Twitter. Mereka sepertinya lupa atau mungkin kurang paham apabila semua pekerja adalah buruh. 

RUU Cipta Kerja telah disahkan sebagai undang-undang dan berlaku sejak 31 Maret 2023. Sama seperti ketika masih berupa RUU, masih ada netizen yang merupakan pekerja kantoran yang tak sadar apabila UU Cipta Kerja juga berdampak kepada mereka. Masih saja ada yang membedakan kelas buruh dan kelas pekerja, padahal sebenarnya sama saja. Pekerja itu juga buruh. 

Di sebagian kalangan, buruh memiliki konotasi sebagai pegawai kasar dan pegawai pabrik. Sedangkan, pekerja adalah mereka yang bekerja di kantor. Oleh karenanya ketika ada hari buruh dan demo buruh, sebagian kalangan menganggap itu hanya buat buruh, bukan untuk pekerja. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, buruh adalah "orang yang bekerja kepada orang lain untuk mendapatkan upah". Buruh dalam bahasa Inggris adalah worker. Dari definisi ini maka mereka semua yang bekerja adalah buruh, tak terkecuali para dokter, guru, karyawan bank, konsultan TI, programmer, dan direktur sebuah perusahaan besar. Buruh itu istilah yang sama dengan pekerja, staf, pegawai, dan karyawan. 

Meski nama konsultan, sutradara, programmer, direktur, dan lainnya nampak keren, tapi tetap semua yang mendapatkan upah adalah buruh. 

Memang ada beberapa jenis pekerja, ada pekerja penuh waktu, paruh waktu, hingga freelancer. Ada juga yang membedakan buruh sebagai pegawai tetap dan pegawai kontrak. Ada pula yang membedakan pegawai dengan pegawai sektor formal dan nonformal. 

Nah dengan demikian semua pekerja adalah buruh. Jangan ada lagi kesan yang merendahkan ketika menyebut kata 'buruh'. Karena aku dan kamu juga seorang buruh. Ketika ada hari buruh sedunia alias May Day, maka aku dan kamu yang seorang guru, dosen, programmer, dan lainnya, juga ikut merayakannya. 

Oleh karena itu ketika kemarin banyak yang demo soal UU Cipta Kerja yang dirasa kurang berpihak ke buruh dan mengurangi hak-hak buruh, maka sebaiknya kalian juga ikut mengevaluasi poin-poin yang dituntut oleh buruh karena hal tersebut juga berdampak ke kalian. Penetapan upah minimum, misalnya. Jangan sampai karena enggan disebut buruh, kalian tutup mata hingga kemudian pasal-pasal dalam UU tersebut berdampak ke kalian. 

Semua pekerja adalah buruh. Pada tahun ini tema hari buruh adalah "Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2023". Tema ini penting dan sejalan dengan imbauan ILO agar setiap buruh mendapatkan hak dan jaminan bekerja di lingkungan yang aman dan sehat. 

Selamat hari buruh sedunia. Selamat bekerja dengan tekun dan optimal, dan tentunya dengan suasana yang menyenangkan dan positif. 

Ikuti tulisan menarik Dewi puspa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler