x

penulis membuat desain grafis untuk feed instagram

Iklan

Retno Tri Maharani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Mei 2023

Rabu, 24 Mei 2023 06:22 WIB

Pengalaman Magang Sebagai Graphic Desainer di Instagram Komuntag

Pengalaman magang pada divisi social media management sebagai graphic desainer di Program Studi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Magang adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja nyata. Pada program studi Ilmu Komunikasi di Universitas 17 Agustus 1945 Suarabaya menjadikan kegiatan magang sebagai mata kulih yang wajib diselesaikan oleh seluruh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan sarjana komunikasi sekaligus untuk menambah pengalaman kerja mahasiswa.

Program studi ilmu komunikasi Untag Surabaya membuka lowongan magang bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Untag Surabaya. Dalam program magang ini para mahasiswa akan dibagi menjadi 2 divisi yakni News Reporter dan Social Media Management. Program magang dilaksanakan pada 3 April 2023 sampai 30 Mei 2023 dan dilaksanakan pada jam kerja pada pukul 09.00-15.00 WIB.

Dalam program magang ini penulis masuk dalam divisi social media management sebagai graphic desain untuk media sosial prodi ilmu komunikasi yakni Komuntag. Tugas graphic desain disini adalah membuat desain teaser untuk berita yang yang ada pada website prodi ilmu komunikasi dan membuat desain ucapan untuk hari-hari besar yang nantinya akan di posting di akun media sosial instagram. Selain itu, selama magang penulis juga ditugaskan untuk membuat caption dari postingan feed yang ada di instagram baik untuk teaser berita maupun ucapan hari-hari besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selama kegiatan magang berlangsung tugas dari graphic desain adalah membuat desain teaser untuk feed instagram komuntag. Desain teaser ini digunakan untuk menyebarkan informasi terkait berita atau artikel baru yang ada di website prodi ilmu komunikasi Untag Surabaya. Selain itu, tugas lain dari desain grafis ini adalah membuat caption untuk setiap postingan baru yangakan diupload.

Dalam pelaksanaan magang sebagai graphic desain juga melakukan pengelolaan media sosial untuk instagram komuntag seperti mengupload secara bergantian di instagram antar artikel berita dengan artikel tips & trick, membuat story di instagram yang berkaitan dengan konten feed dan berkaitan dengan perkuliahan. Setelah desain feed dan caption selesai dibuat kemudian hasilnya diserahkan kepada editor sekaligus dosen pembimbing yakni Ibu Dinda Lisna Amalia.

Divisi yang dipilih oleh penulis adalah divisi social medai management yang penulis diharuskan untuk mengelola sebuah media sosial dengan baik yakni dengan membuat postingan di media sosial tersebut interkatif dengan audiencenya yaitu mahasiswa.

Penulis juga harus bisa membuat desain grafis yang sesuai dengan informasi yang ada pada website ilmu komunikasi Untag Surabaya juga harus bisa menyesuaikan dengan tema ucapan untuk hari-hari besar.

Selama pelaksanaan magang penulis yakni Retno Tri Maharani merasa senang karena mendapatkan pengalaman baru juga pengetahuan baru. Penulis juga mendapatkan sebuah hal baru yang dimana dalam mengelola sebuah media sosial desain grafis juga memiliki pengaruh karena desain grafis yang ada di instagram dapat dilihat banyak orang dan harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas dan tepat. Selain itu, penulis juga mendapatkan pengetahuan baru yakni dalam copywriting dan menulis caption untuk di media sosial harus dibuat secara ringkas, jelas dan menjelaskan apa informasi yang ingin disampaikan juga harus bisa membuat interaksi dengan audience.

Ikuti tulisan menarik Retno Tri Maharani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler