x

Iklan

Ruqyah Kuningan

Ruqyah di Kuningan
Bergabung Sejak: 20 Juni 2022

Selasa, 13 Juni 2023 15:22 WIB

Bukit Towelangi, Pemandangan Bukit Indah dengan Spot Foto Menarik di Luwu Utara

Apabila ditanyakan mengenai daerah dengan destinasi alam terbaik, kebanyakan individu mungkin akan merespons dengan nama-nama seperti Yogyakarta, Bali, Papua, atau Sumatera.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apabila ditanyakan mengenai daerah dengan destinasi alam terbaik, kebanyakan individu mungkin akan merespons dengan nama-nama seperti Yogyakarta, Bali, Papua, atau Sumatera. Meski demikian, terdapat pula suatu daerah lain di Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang tak kalah memukau. Sulawesi Selatan, misalnya, memiliki sebuah destinasi wisata yang belakangan ini mendapat popularitas yang tinggi, yaitu Bukit Towelangi.

Bukit Towelangi adalah suatu daerah perbukitan yang menawarkan pemandangan alam yang memukau dan beragam spot foto yang menarik. Banyak pengunjung dari berbagai penjuru Sulawesi datang ke tempat ini khusus untuk menikmati momen berfoto. Selain itu, seperti halnya pada daerah perbukitan lainnya, iklim dan udara di sini sangatlah sejuk dan segar.

Selain Bukit Towelangi, terdapat juga Bukit Tokka sebagai destinasi bukit yang tidak kalah memukau. Namun, bagi wisatawan yang ingin menemukan tempat yang lebih tenang dengan pemandangan alam yang indah, Tolewangi menjadi pilihan yang ideal. Bukit Tokka sering digunakan sebagai lokasi kegiatan bersama oleh komunitas atau organisasi tertentu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Daya tarik perbukitan Tovelanga

Sesuai dengan yang telah disebutkan sebelumnya, wisata Bukit Luvu Utara masih belum begitu dikenal oleh banyak wisatawan, terutama mereka yang berasal dari luar Sulawesi. Walaupun begitu, terdapat banyak hal menarik yang dapat ditemukan di sini. Berikut adalah beberapa atraksi yang dapat dinikmati oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Bukit Luvu Utara.

Pemandangan bukit yang indah

Salah satu daya tarik utama yang dapat langsung dinikmati oleh wisatawan saat mengunjungi lokasi ini adalah pemandangan bukit yang luar biasa indah. Di wisata alam ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan bukit-bukit yang melingkungi area tersebut. Bukit-bukit ini tampak hijau segar karena ditumbuhi pepohonan yang melimpah di sekitar wilayah tersebut.

Spot foto yang beragam dan menarik

Salah satu hal yang membuat wisata ini begitu menarik adalah adanya beragam spot foto yang modern. Dengan begitu, para wisatawan dapat berfoto di lokasi mana pun sesuai dengan keinginan mereka. Yang lebih menggembirakan, tidak ada biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk menggunakan spot foto ini. Mulai dari tempat-tempat buatan hingga pemandangan alam yang indah, semuanya dapat ditemukan di sini.

Toko dan kafe estetika

Atraksi berikutnya di bukit indah ini adalah adanya toko estetika dan kafe yang tersedia. Toko-toko ini terletak di area perbukitan dan dekat dengan tempat-tempat foto yang menarik. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana sekitar dengan santai, mereka dapat duduk di kafe atau warung yang ada dan memesan hidangan makanan.

Ragam makanan dan minuman yang tersedia di toko-toko dan kafe di sekitar wisata sangatlah beragam. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga minuman modern, semuanya dapat ditemukan di sini. Sehingga para wisatawan memiliki kebebasan untuk memilih menu sesuai dengan preferensi mereka. Yang lebih menggembirakan lagi, harga makanan dan minuman yang ditawarkan di toko-toko ini juga cukup terjangkau.

Musik langsung

Pada akhirnya, para pengunjung yang datang ke Bukit Towelangi akan dapat menyaksikan secara langsung pertunjukan live music. Acara ini umumnya diisi oleh musisi lokal yang juga bermukim di wilayah Sulawesi. Namun, para wisatawan tidak perlu merasa khawatir bahwa pertunjukan tersebut akan mengecewakan.

Pemandangan saluran air di lereng bukit

Di area wisata ini terdapat sebuah saluran air yang memiliki ukuran yang cukup besar dan di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil yang menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi bukit ini. Ketika para wisatawan sudah merasa lelah berkeliling mencari tempat-tempat untuk berfoto, mereka dapat berhenti sejenak di dekat perairan yang luas ini untuk menikmati pemandangan ikan-ikan tersebut.

Terdapat berbagai atraksi menarik di wisata perbukitan ini yang menjadi alasan kuat bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Selain menikmati keindahan pemandangan alam yang menenangkan pikiran, para wisatawan juga dapat menemukan tempat yang cocok untuk berfoto, kafe dan bar yang nyaman, serta menikmati pertunjukan live music.

Alamat dan rute menuju lokasi

Lokasi Bukit Towelangi terletak di Desa Tamboke, Kecamatan Sukamayu, Kabupaten Luvu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Penting untuk diketahui bahwa Desa Tamboke merupakan daerah di Sulawesi Selatan yang sebagian besar terdiri dari hutan pegunungan. Oleh karena itu, disarankan bagi para wisatawan untuk datang ke lokasi ini dengan menggunakan transportasi pribadi.

Apabila Anda menggunakan transportasi umum, tidak perlu khawatir. Wisatawan dapat berhenti di salah satu terminal yang terletak di Kabupaten Luwu Utara. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek untuk mencapai bukit di Tambok. Bukit ini terletak dekat dengan kantor Desa Tamboke. Setelah mengunjungi kantor desa, wisatawan dapat meminta petunjuk kepada penduduk setempat.

Biaya masuk dan jam buka

Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya tiket masuk, karena untuk menikmati keindahan alam ini, wisatawan dapat memasukinya tanpa dikenakan biaya alias gratis. Di sini, yang perlu wisatawan lakukan hanyalah memberikan kontribusi dengan menjaga kebersihan dengan sungguh-sungguh. Tempat pembersihan yang disebut "cleaning box" terletak di depan pintu masuk tempat wisata dan area spot foto.

Kegiatan yang menarik

Dikarenakan adanya beragam atraksi menarik di wisata ini, para wisatawan tidak akan merasa bosan ketika menghabiskan waktu di sini. Berikut adalah beberapa kegiatan yang sangat menarik dan sebaiknya dilakukan oleh wisatawan saat berada di Bukit Tambok.

1. Menikmati pemandangan perbukitan

Ketika berada di puncak Bukit Towelangi, yang pertama kali akan Anda saksikan adalah panorama indah perbukitan hijau yang melingkupi area tersebut. Pemandangan perbukitan yang hijau dan pepohonan yang rimbun ini dapat memberikan kesegaran bagi tubuh dan pikiran Anda.

2. Berburu Foto Estetis di Bukit Tovelanga

Selain itu, kegiatan yang tak kalah menarik adalah menemukan lokasi-lokasi yang estetik dan menarik untuk mengabadikan momen melalui foto-foto di sekitar area ini. Terdapat berbagai pilihan spot foto yang tersedia, mulai dari latar belakang bunga yang cantik, bentuk sayap yang artistik, hingga tulisan Bukit Towelangi yang menjadi ikon kawasan ini. Anda akan menemukan banyak pilihan yang menginspirasi untuk menghasilkan foto-foto yang menawan.

3. Bertemu dengan orang-orang terdekat

Bukit yang indah di Desa Tamboke merupakan tempat yang ideal untuk bertemu dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga atau teman. Area luas dari tempat wisata di atas bukit ini memungkinkan untuk berkumpul dan menikmati waktu bersama. Selain itu, penampilan live music juga menambah suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Ketika mengunjungi bukit ini, wisatawan dapat mengajak keluarga, teman, atau rekan kerja. Bahkan, datang ke sini sendirian pun dapat memberikan manfaat yang signifikan, terutama untuk menenangkan pikiran. Oleh karena itu, kini wisatawan tidak perlu merasa kebingungan tentang hal-hal yang bisa dilakukan di tempat ini.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Meskipun biaya masuk ke wisata perbukitan ini gratis, fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Terdapat area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor. Selain itu, terdapat banyak gazebo yang tersedia di mana Anda dapat duduk-duduk santai.

Setiap gazebo di sekitar area pemotretan memiliki kapasitas untuk menampung setidaknya 7-10 orang. Selain itu, tidak kalah pentingnya, terdapat juga kafe dan warung makan di tempat wisata perbukitan ini. Dengan adanya fasilitas tersebut, wisatawan tidak perlu khawatir membawa makanan dari rumah.

Seperti yang dilansir situs slot Bukit Tovelangi adalah sebuah destinasi wisata alam yang masih belum banyak diketahui oleh banyak orang, meskipun memiliki banyak daya tarik yang menarik. Bagi wisatawan yang tinggal di pulau Sulawesi, bukit ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan akhir pekan dengan menyenangkan. Selain itu, keunggulan wisata ini adalah tidak dikenakannya biaya masuk, sehingga wisatawan dapat menghemat pengeluaran mereka.

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Kuningan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu