x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Kamis, 22 Juni 2023 12:48 WIB

Petugas Rutan Demak Ikuti Workshop Mengenai TBC

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah telah mengambil langkah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan). Rutan mengikuti workshop tentang Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (ILTB) dan Pemberian Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT), sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengoptimalkan layanan kesehatan yang diberikan kepada WBP.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak, 20 Juni 2023 – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah telah mengambil langkah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan). Rutan mengikuti workshop tentang Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (ILTB) dan Pemberian Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT), sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengoptimalkan layanan kesehatan yang diberikan kepada WBP.

Kegiatan Workshop ini dilakukan selama tiga hari pada tanggal 19-21 Juni 2023 bertempat di Hotel Arrus Semarang. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah para tenaga kesehatan di wilayah provinsi Jawa Tengah, salah satunya adalah perwakilan dari Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak.

Secara umum,, tujuan pelaksanaan kegiatan Workshop ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai manajemen penanganan ILTB dan pemberian TPT kepada tenaga kesehatan rumah sakit, puskesmas, komunitas, dan Lapas/Rutan di wilayah provinsi Jawa Tengah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin menjelaskan bahwa partisipasi dalam workshop ini merupakan langkah strategis dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan tim medis di Rutan Demak.

"Kami sangat menyadari betapa pentingnya pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi WBP kami. Dengan mengikuti workshop ini, kami berharap dapat meningkatkan kemampuan tim medis kami dalam mendiagnosis, merawat, dan mencegah penyebaran TBC di antara para WBP," ujar Riski Burhannudin.

Workshop tersebut mencakup berbagai aspek terkait TBC, mulai dari deteksi dini hingga pengobatan dan pencegahan. Peserta juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tanda dan gejala TBC, prosedur pengujian laboratorium, dan penggunaan terapi obat yang efektif. Selain itu, mereka juga mempelajari strategi pencegahan dan tindakan penanggulangan yang perlu diambil di dalam lingkungan penjara.

Dengan mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada WBP, Rutan Demak berupaya memberikan lingkungan yang aman dan sehat bagi WBP yang berada di dalamnya. Dengan adanya langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih baik terhadap kesehatan para WBP.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu