x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Senin, 3 Juli 2023 07:18 WIB

Inilah 5 Fenomena Alam di Indonesia yang Menakjubkan Dunia

Masyarakat seringkali dihebohkan dengan munculnya fenomena alam yang unik di Indonesia dan sering kali fenomena unik yang muncul dikait-kaitkan dengan kemungkinan akan datangnya suatu bencana di daerah tersebut

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa kali masyarakat dihebohkan munculnya fenomena unik alam di Indonesia. Yang sering kali fenomena yang muncul dikait-kaitkan akan datangnya suatu bencana di daerah tersebut. Mulai dari banjir, gempa, tanah longsor hingga kiamat. Tentunya tidak semua peristiwa alam tersebut menjadi pertanda datangnya bencana. Tetapi peristiwa biasa yang menunjukan akan kebesaran Tuhan, sehingga tidak perlu dikhawatirkan masyarakat secara berlebihan.

 

Lima Fenomena Alam Menakjubkan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terjadinya fenomena unik alam di Indonesia hampir selalu membuat masyarakat menjadi heboh dan penasaran. Pertanda dari alam tersebut merupakan kejadian yang menarik dan sering dijadikan pertanda akan suatu peristiwa besar yang bakal terjadi. Dan masyarakat kebanyakan beranggapan akan terjadinya suatu bencana hingga meninggalnya seorang tokoh besar. Kelima  fenomena alam yang unik dan menakjubkan tersebut, antara lain:

 

1. Likuifaksi Di Palu

Gempa yang terjadi di Pala beberapa waktu lalu cukup dahsyat hingga menyebabkan kerusakan cukup parah di kota tersebut. Dan kemudian bencana tersebut berujung menjadi tragedi tsunami yang sangat memilukan. Selain menimbulkan banyak korban jiwa dan harta, rusaknya infrastruktur kota tersebut telah menyebabkan tersendatnya evakuasi dan bantuan untuk para korban.

Bencana tersebut terus berlanjut hingga wilayah Petobo, dengan munculnya likuifaksi. Sehingga tanah dan bangunan di wilayah tersebut seakan-akan bergerak dan kemudian tenggelam di bawah tanah. Peristiwa tanah bergerak tersebut merupakan fenomena unik alam di Indonesia yang cukup menghebohkan hingga menarik perhatian ilmuwan dunia untuk menelitinya.

 

2. Lenticularis di Gunung Semeru

Fenomena unik alam di Indonesia lainnya adalah awan yang menyelubungi puncak Gunung Semeru, hingga seakan-akan memakai topi. Yang kemudian oleh masyarakat setempat dikaitkan dengan penyebab dan pertanda musibah banjir bandang di kota Malang. Meskipun para ahli beranggapan hal tersebut merupakan peristiwa biasa-biasa saja.

Awan yang menyelubungi puncak gunung Semeru tersebut bermula dari pergerakan angin di wilayah perbukitan atau pegunungan. Dan angin tersebut bergerak ke atas mengikuti alur dan bentuk hingga puncak gunung Semeru. Sehingga awan terbuat berkumpul dari mulai menutupi puncak gunung Semeru dan menimbulkan lenticularis atau topi dari awan.

 

3. Hujan Es Mengguyur Jakarta

Peristiwa hujan es yang mengguyur Jakarta ini terjadi pada sore hari 28 Maret tahun 2017. Guyuran hujan yang cukup deras juga diikuti oleh jatuhnya Kristal air sebesar kelereng dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga menyebabkan kerusakan di beberapa kendaraan yang sedang parker di pinggir jalan.  Hujan es ini sebenarnya merupakan peristiwa normal disaat peralihan panas atau dingin, termasuk sebaliknya.

 

4. Matahari Kembar Empat

Fenomena alam berupa matahari kembar empat, cukup menggemparkan masyarakat yang tinggal di wilayah Riau dan sekitarnya. Keempat matahari yang menghiasi langit di kota Riau tersebut langsung dibagikan oleh banyak masyarakat setempat. Hingga sempat menimbulkan berita hoax akan terjadinya kiamat.

Peristiwa yang baru pertama kali terjadi ini dikenal juga dengan sebutan Sun Dogs. Merupakan peristiwa yang wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan atau ditakutkan oleh masyarakat setempat. Sebab, munculnya empat matahari berasal dari cahaya matahari yang telah menembus kristal es.

 

5. Tanpa Bayangan

Peristiwa tanpa  bayangan merupakan peristiwa unik yang terjadi setiap dua kali dalam setahun. Posisi Indonesia yang tepat berada di daerah khatulistiwa, sangat memungkink an untuk menyaksikan feomena alam tersebut terjadi. Kulminasi yang terjadi di saat posisi berada tepat di titik Zenith, menjadikan nya tanpa bayangan yang biasanya berlangsung cukup singkat, yaitu 10 menit

 

Demikian kelima fenomena unik alam di Indonesia yang menakjubkan,bahkan sempat menggemparkan masyarakat. Fenomena alam yang  muncul oleh masyarakat kebanyakan dianggap sebagai pertanda akan datangnya suatu musibah. Meskipun tidak semua fenomena alam yang terjadi merupakan pertanda akan datangnya bencana, melainkan hanya kejadian biasa yang tidak mengkhawatirkan. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler