x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Kamis, 20 Juli 2023 12:09 WIB

Inilah 7 Makna Hadirnya Relawan Taman Bacaan di Young On Top National Conference 2023

Mau bagaimana anak muda ke depan? Inilah hikmah wali baca dan relawan taman bacaan hadir di Young On Top National Conference 2023

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin ini soal sederhana, tapi bagi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor sangat membanggakan, bahkan harus disyukuri. Pasalnya, Susi dan Zhia (wali baca) dan Resa (relawan) TBM Lentera Pustaka bisa menghadiri acara besar Young On Top National Conference (YOTNC) 2023 di Kota Kasablanka Jakarta 915/7/2023).

YOTNC merupakan ajang berkumpulnya para generasi muda Indonesia yang siap untuk tidak hanya terinspirasi tapi juga tahu bagaimana supaya bisa mengukir karya dan menggapai kesuksesan di usia muda. Patut disyukuri, di event besar "kaum milenial" ini, TBM Lentera Pustaka mendapat undangan khusus. Karena bila tidak, tiap peserta harus membayar tiket sebesar Rp350.000 per orang.

Hadir di even besar begini sangat penting bagi anak muda. Apalagi TBM Lentera Pustaka sebagai rumah pengabdian anak-anak muda (ada 5 wali baca dan 12 relawan), tentunya memerlukan cara pandang baru dan wawasan yang menginspirasi tentang practical tips, kebiasaan unik, serta pengalaman berkarier mulai dari yang pahit sampai manis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bertajuk #mudasukses, wali baca dan relawan TBM Lentera Pustaka pun di cara YOTNC 2023 ini mendapat 1) inspirasi dari belasan narasumber keren seperti Pak Erick Thohir, Pak Ganjar Pranowo, dll, 2) tambahan networking dan bersosialisasi dengan ribuan anak muda keren lainnya, dan 3) pengalaman berharga tentang aktivasi anak muda yang menarik seperti job expo, investment, dan entrepreneur.

Sebagai komunitas yang berfokus pada pengembangan potensi generasi muda baik secara skill, knowledge, dan attitude di Indonesia, Young On Top untuk memperkuat kreasi dan pengabdian wali baca dan relawan taman bacaan. Sekalipun harus naik kereta dari Bogor ke Jakarta, kehadiran wali baca dan relawan TBM Lentera Pustaka menjadi bukti komitmen taman bacaan dalam memajukan generasi muda, khususnya para wali baca dan relawan.

Bahwa pilihan berada di taman bacaan pun menjadi sebuah inspirasi yang bernilai kemanusiaan dan kepedulian kepada sesama. Demi tegaknya tradisi membaca dan budaya literasi anak-anak kampung dan masyarakat.

“Bila tidak karena TBM Lentera Pustaka, saya nggak akan pernah tahu ada event keren Young On Top 2023 ini, bahkan melalui undangan gratis. Senang bisa hadir di sini dan bisa dapat insight berharga. Sangat menginspirasi kami di taman bacaan,” ujar Susi, wali baca TBM Lentera Pustaka.

Patut diketahui, wali baca dan relawan TBM Lentera Pustaka adalah anak-anak muda yang mengabdi tanpa pamrih dan berdedikasi untuk membimbing kegiatan membaca, mengajar di taman bacaan, dan menjalani aktivitas literasi sehar-harinya. Karena itu, TBM Lentera Pustaka menjadikan event YOTNC 2023, sebagai bagian untuk pengembangan diri wali baca dan relawan. Karena sudah menjadi komitmen TBM Lentera Pustaka untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan membuka wawasan untuk hal-hal positif bagi wali baca dan relawannya.

Setidaknya ada 7 (tujuh) keuntungan hadir di event Young On Top 2023, yaitu 1) tidak menyia-nyiakan waktu di masa muda, 2) terus belajar dari pengalaman orang lain, 3) membangun ambisi untuk sukses dan bermanfaat bagi orang lain, 4) menghentikan kebiasaan buruk menjadi sesuatu yang baik, 5) berani berkerasi dan mempelajari hal-hal baru, 6) tidak takut gagal, dan 7) melatih fokus pada kelebihan bukan kekurangan.

Hingga akhirnya, Insya Allah setelah melalui pengabdian dan karya di taman bacaan. Para wali baca dan relawan TBM Lentera Pustaka dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas dirinya, baik secara pribadi maupun profesional.  Karena kesuksesan dan keberkahan dalam hidup, tidak akan pernah menghampir orang-orang yang tidak mau mengembangkan diri. Maka teruslah berkembang bersama TBM Lentera Pustaka. Salam literasi #WaliBaca #RelawanTBM #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu