x

Mahasiswa mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis, 2 Mei 2019. Peringatan Hardiknas 2019 tersebut bertema "SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter". ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Rabu, 9 Agustus 2023 13:11 WIB

Mahasiswa Baru Tahun 2020 Vs 2023: Kalian Masih Mending, dik!

Bulan ini, banyak Perguruan Tinggi yang melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. Lantas, bagaimana perbandingan kondisi mahasiswa baru di tahun 2020 dengan mahasiswa baru di tahun 2023?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perjalanan menuju dunia perguruan tinggi selalu menjadi babak baru dalam hidup setiap individu. Namun, pada tahun 2020 dan 2023 adalah tahun yang sangat berbeda dalam perjalanan para mahasiswa baru.

Mahasiswa baru di tahun 2023 akan mendapatkan pengalaman yang sangat berbeda dengan mahasiswa baru tahun 2020. Perbedaan tersebut tidak lepas dari situasi pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang mana di tahun 2023 ini pandemi tersebut sudah melandai.

Tahun 2020 dikenal sebagai tahun perubahan drastis dalam segala aspek, termasuk pendidikan tinggi. Perguruan tinggi di seluruh dunia mendapati diri mereka harus merespons cepat pandemi global dengan meluncurkan pembelajaran jarak jauh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi mahasiswa baru tahun itu, pengalaman kuliah sangat berbeda dari apa yang mereka bayangkan. Bangku kuliah fisik digantikan oleh layar laptop, sementara ruang kelas pindah ke dalam layar komputer.

Mahasiswa baru tahun 2020 menghadapi sejumlah pengalaman pahit yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya. Adapun beberapa pengalaman pahit tersebut antara lain yakni:

  1. Rasa penasaran untuk menjelajahi kampus yang baru diabaikan, digantikan dengan kunjungan virtual yang tidak sepenuhnya memadai.
  2. Keterbatasan Interaksi Fisik. Belajar dan berinteraksi dengan sesama mahasiswa sebagian besar terjadi melalui layar. Mahasiswa baru tahun 2020 mungkin merindukan pertemuan langsung dan diskusi spontan.
  3. Mahasiswa baru tahun 2020 tidak dapat merasakan kehidupan kampus secara penuh, seperti berpartisipasi dalam klub, acara sosial, dan seminar.

Tahun 2023 menawarkan suasana yang berbeda. Dengan status pandemi yang telah dicabut oleh Presiden Jokowi, mahasiswa baru dapat kembali merasakan ritme normal perguruan tinggi.

pertemuan tatap muka, mengerjakan tugas bersama teman kelompok, dan interaksi langsung dengan kakak tingkat kembali menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru).

Mahasiswa baru tahun 2023, sementara menikmati lebih banyak kenyamanan, juga dapat memetik manfaat dari pengalaman berharga mahasiswa baru tahun 2020.

Mereka dapat menghargai pentingnya interaksi sosial yang lebih dekat dan mengambil keuntungan dari pengalaman online yang telah ditempuh oleh mahasiswa tahun 2020.

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler