x

Salah satu aktivitas pegiat Oktavia dari Komunitas Blessing Youth

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Selasa, 15 Agustus 2023 12:44 WIB

Oktavia H.D. Christy: Blessing Youth Ubah Kesehatan Masyarakat Belu NTT lewat Dagusibu

Keunggulan dari Komunitas ‘Blessing Youth’ melalui program Public Health adalah langsung menyentuh kebutuhan masyarakat menengah ke bawah. Selain itu, program juga memberikan tambahan wawasan tentang pentingnya kesehatan, sehingga masyarakat Belu bisa mulai belajar untuk hidup sehat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tim Blessing Youth berkiprah menyasar kesehatan umum masyarakat Belu, Nusa Tenggara Timur.  Program yang digagas Oktavia H.D. Christy ini bergerak dibidang  kesehatan dan sosial. Berdiri sejak 2017, program ini mengadakan bakti sosial, penyuluhan  kesehatan dan kunjungan ke panti asuhan.

Public Health bertujuan untuk membantu  masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan pengobatan dan informasi-informasi  penting mengenai kesehatan.

Oktavia, Perempuan yang lahir dan dibesarkan di Kabupaten Belu dalam kesehariannya berkecimpung di dunia Kesehatan. Niat kuatnya memang ingin membantu banyak orang melalui ilmu yang dia miliki. Ia  dibantu 10 rekannya, lantas membentuk komunitas bernama Blessing Youth.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Orang-orang dari  komunitas ini mempunyai hati yang sama untuk memberkati sebagian dari masyarakat Belu  melalui berbagai macam kegiatan,“ kata Oktavia.

Komunitas ini sampai saat ini mendapat dukungan selain dana pribadi, orang tua, juga keluarga besar. “Apabila dana yang dibutuhkan kurang,  saya mengajak kerjasama beberapa pihak, seperti Puskesmas atau  gereja,” tutur Oktavia.

Ada inovasi dari giat Public Health adalah donor darah,  bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Ini dilakukan dengan melihat bahwa kesadaran masyarakat  akan pentingnya melakukan donor darah masih sangat rendah. Dari inovasi kegiatan ini, diharapkan masyarakat akan tertarik dan melakukan donor darah. Apabila stok darah di PMI  menipis, diharapkan masyarakat dengan sukarela melakukan donor darah. Donor darah  hingga saat ini masih belum terlaksana, masih dalam tahap perencanaan.

Apabila kebetulan mendapat sponsor, Oktavia akan memberikan susu dan vitamin gratis  untuk anak usia 5-11 tahun di berbagai tempat yang sekiranya membutuhkan. Kebanyakan  dari mereka adalah anak – anak yang kekurangan gizi.

 

Dagusibu

Awal mula ide Public Health muncul dari kondisi kesehatan masyarakat yang semakin miris  khususnya untuk masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Keterbatasan ini  dikarenakan minimnya informasi kesehatan yang mereka dapatkan dan taraf ekonomi yang  mereka miliki.

Dari sini, Oktavia sebagai seorang apoteker mulai memikirkan gagasan untuk  mengadakan berbagai kegiatan yang dapat menyentuh langsung masyarakat menengah ke  bawah, baik itu pengobatan gratis melalui bakti sosial, penyuluhan kesehatan maupun  kunjungan ke panti asuhan untuk sekedar berbagi kasih.

Segala macam kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Blessing Youth murni bertujuan sosial.  Oktavia dan komunitas berusaha membantu masyarakat menengah ke bawah yang  membutuhkan pengobatan dan informasi penting mengenai kesehatan.

Sosialisasi kesehatan tentang Dagusibu Obat (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) yang  dilakukan oleh komunitas Blessing Youth ternyata mampu mengubah pemahaman masyarakat  tentang dimana mereka bisa mendapatkan obat yang benar. Cara menggunakan obat secara benar, cara  menyimpan obat secara benar dan cara membuang obat yang sudah kadaluarsa atau rusak dengan  benar.

Sebelumnya, masyarakat sangat awam. Demikian juga dengan materi sosialisasi  kesehatan lainnya.

Sebanyak 3 desa, yakni Desa Silawan, Lahurus dan Kakuluk Mesak menjadi penerima manfaat  bakti sosial. Sebanyak 5 daerah telah menerima manfaat dari program penyuluhan  kesehatan. Kelima desa tersebut adalah Desa Fulur, Desa Leowalu, Kel. Beirafu, Kel. Berdao  dan Kel. Umanen. Adapun kunjungan panti yang rutin dikunjungi adalah Panti Asuhan Mercy,  Panti SLB Tenubot, Panti Alma dan Panti SLB Sesekoe.

Untuk satu kali pelaksanaan bakti sosial dan pengobatan gratis, masyarakat yang datang bisa  mencapai 100 – 200 orang. Sedangkan penyuluhan dan sosialisasi kesehatan, masyarakat  yang hadir bisa mencapai 20 – 50 orang.

Dari adanya program, sebanyak 30 – 40 %  masyarakat menjadi lebih peduli dengan kesehatan. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti  program juga tinggi. Rerata 70 – 80 %.

Oktavia berkomitmen penuh untuk terus melanjutkan program yang sudah ada dan terus  berinovasi terhadap pengembangan program, sehingga masyarakat selain mendapat  manfaat juga semakin sadar akan pentingnya kesehatan.

Ia berharap program-program yang sudah  dilaksanakan dengan komunitas dapat terus berjalan, agar bisa berdampak untuk masyarakat  Belu. Oktavia juga berharap bisa meningkatkan kesadaran generasi muda tentang pentingnya  kesehatan sehingga mereka bisa terlibat aktif dalam kegiatan ini melalui komunitas Blessing  Youth.

“Besar harapan saya untuk mendapatkan dana pembinaan yang disediakan oleh PT. Astra  International Tbk guna meningkatkan semangat bagi generasi muda Indonesia Kabupaten Belu untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” tandas Oktavia.

Atas kiprahnya dalam memberdayakan kesehatan masyarakat kurang mampu di Belu, Oktavia mendapat apresiasi dari #SATU Indonesia Awards.

Pembaca yang budiman, seperti diketahui, #SATU Indonesia Awards (SIA) adalah Apresiasi PT Astra kepada Anak bangsa yang telah berkontribusi untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan melalui 5 bidang yaitu: Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan dan Teknologi, serta satu Kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

Yuk, berbagi dan tunjukkan pengabdian dari salah satu dari  5 bidang tersebut dengan bergabung melalui tautan https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/. ***

#SATU Indonesia Awards (SIA)   #Kita SATU Indonesia  #satuIndonesia  #Indonesiana.id

#Slamet Samsoerizal

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu