x

Iklan

Mas Kusworo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 September 2023

Jumat, 8 September 2023 13:16 WIB

Wajib Coba! Inilah Beberapa Cara Mengajar yang Kreatif

Biasanya profesi guru sering dianggap sebagai profesi yang kaku dan cenderung membosankan. Argumen tersebut diperkuat dengan beberapa sebutan guru pembunuh

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Biasanya profesi guru sering dianggap sebagai profesi yang kaku dan cenderung membosankan. Argumen tersebut diperkuat dengan beberapa sebutan guru pembunuh yang dikaitkan dengan guru yang galak, disiplin, dan sangat ketat di kelas. Untuk mematahkan argumentasi tersebut, pendidik kini dituntut kreatif. Lalu, bagaimana Cara Mengajar Yang Kreatif?

Agar proses kegiatan pembelajaran menjadi lebih kreatif, guru terlebih dahulu harus memiliki ide atau inovasi kekinian yang dapat diterapkan di kelas. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengajar Yang Kreatif

Tugas guru adalah mengajarkan dan menjelaskan materi, dan tugas siswa adalah mendengarkan penjelasan guru dan mencatat beberapa hal penting. Cara pembelajaran seperti ini tentu saja sudah tidak berlaku lagi saat ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin canggih, guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini guru membutuhkan teknik belajar mengajar yang baru, kreatif, dan inovatif. Dengan teknik ini guru dapat melibatkan siswa untuk aktif di kelas, dan mampu memancing rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang diajarkan. Berikut beberapa tips mengajar kreatif yang dapat diterapkan guru di kelas, yaitu sebagai berikut:

Belajar Dengan Memanfaatkan Studi Kasus

Dalam teknik mengajar ini guru harus menyiapkan bahan ajar berupa contoh-contoh kasus yang pernah terjadi berkaitan dengan mata pelajaran dan topik yang diajarkan. Misalnya untuk menjelaskan materi untung dan rugi, guru dapat mengangkat kasus sistem jual beli di toko yang telah diteliti sebelumnya.

Belajar Dengan Memanfaatkan Permainan

Agar kegiatan belajar lebih menyenangkan, guru dapat menggunakan permainan kecil untuk dimainkan di kelas. Misalnya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, guru dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai barisan duduk untuk saling berkompetisi.

Pada kesempatan ini guru dapat membuka forum terkait materi yang dipelajari. Kelompok yang memenangkan debat akan mendapatkan hadiah kecil, misalnya poin plus. Selain membuat kelas lebih menyenangkan, guru juga dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa.

Belajar Dengan Memanfaatkan Media Sosial

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, guru dapat memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran. Misalnya dalam pembelajaran bahasa Inggris, guru dapat membuat tugas untuk melakukan percakapan atau bercerita, yang tugas tersebut akan mereka unggah di media sosialnya.

Tugas ini tidak hanya dapat melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa saja, namun juga dapat melatih rasa percaya diri siswa dan kreativitas siswa dalam membuat konten.

Self-Learning

Untuk kegiatan belajar mandiri, guru dapat menggunakan teknik mind map. Dalam penerapannya, guru akan memberikan satu topik besar yang harus dikembangkan lebih lanjut oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa akan bebas mendiskusikan topik sedetail mungkin dan melihatnya dari sudut pandang manapun. Dengan adanya kegiatan ini, hasil mind map yang dimiliki masing-masing siswa dapat saling melengkapi.

Manfaat Mengajar Kreatif

Dengan pembelajaran kreatif maka proses kegiatan belajar siswa akan menjadi lebih berwarna dan menarik. Hal ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran akan lebih berkualitas, karena adanya kreativitas guru dalam merancang kegiatan pembelajaran. Berikut manfaat pembelajaran kreatif, yaitu sebagai berikut:

Dapat Menumbuhkan Pilar Pembelajaran

Dengan kreativitas guru dalam merancang kegiatan pembelajaran di kelas, maka proses pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna. Hal ini tentunya dapat menumbuhkan pilar-pilar belajar bagi siswa.

Meningkatkan Potensi Siswa

Dengan pembelajaran kreatif, potensi siswa akan semakin berkembang. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Tanda kegiatan pembelajaran berkualitas adalah siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran langsung. 

Model pembelajaran kreatif saat ini sudah banyak berkembang dan berinovasi. Semakin banyak guru mengetahui model pembelajaran maka semakin banyak pula referensi yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Mencapai Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran kreatif dapat membantu guru mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih berkualitas. Jika kualitas pembelajaran meningkat, maka tujuan pembelajaran telah tercapai. 

Saat ini proses kegiatan pembelajaran sudah banyak berkembang dan berinovasi. Banyak sekali contoh metode mengajar kreatif yang dapat dijadikan referensi oleh guru untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar di kelas.

Mendorong Siswa Berperilaku Positif

Pembelajaran kreatif dapat mendorong siswa untuk melakukan beberapa kegiatan positif, karena siswa dituntut untuk melaksanakan kegiatan belajar secara maksimal.

Demikian ulasan artikel tentang Wajib Coba! Inilah Beberapa Cara Mengajar Yang Kreatif seperti yang dikatakan Dr. Maxwin. Semoga bermanfaat. 

Ikuti tulisan menarik Mas Kusworo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler