x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Jumat, 13 Oktober 2023 09:55 WIB

Lakukan Skrining dan Sosialisasi HIV dan TBC, Rutan Demak Bekerjasama dengan Dinkes Demak

Rutan Demak bersama Dinas Kesehatan telah melakukan rapat koordinasi terkait penaggulangan AIDS di Kabupaten Demak. Tindak lanjut dari koordinasi tersebut Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak melaksanakan sosialisasi dan skrining TBC (Tuberkulosis) serta HIV (Human Immunodeficiency Virus) bagi para warga binaan. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesadaran kesehatan di antara para narapidana.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak, 11 Oktober 2023 – Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Demak, perkembangan kasus HIV & AIDS di Kabupaten Demak secara akumulatif sejak tahun 2023 sampai dengan bulan juni sebanyak 817 orang dengan rincian kasus HIV 675 orang, kasus AIDS 142 orang. Sedangkan untuk Tahun 2023 dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2023 ada 63 kasus ODHIV dengan  rincian HIV 42 orang dan kasus AIDS 21 orang dimana penderita rata-rata usia produktif khususnya laki-laki, ibu hamil dan ibu rumah tangga.

Hari Senin lalu Rutan Demak bersama Dinas Kesehatan telah melakukan rapat koordinasi terkait penaggulangan AIDS di Kabupaten Demak. Tindak lanjut dari koordinasi tersebut Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak melaksanakan sosialisasi dan skrining TBC (Tuberkulosis) serta HIV (Human Immunodeficiency Virus) bagi para warga binaan. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesadaran kesehatan di antara para narapidana.

Selain dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, hadir juga Komisi Pengangulangan AIDS, Puskesmas Demak III, Puskesmas Bonang I, Puskesmas Karangtengah, Puskesmas Wonosalam II, dan Puskesmas Dempet. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu dalam mendeteksi dini dan mencegah penyebaran penyakit TBC dan HIV di antara populasi narapidana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya program sosialisasi dan skrining ini. "Kesehatan adalah hak asasi manusia yang harus diperhatikan, tidak terkecuali bagi para narapidana. Dengan bekerjasama dengan Dinkes, kita ingin memastikan bahwa warga binaan yang terinfeksi TBC atau HIV dapat segera mendapatkan perawatan yang tepat." Ungkap Riski Burhannudin.

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya lebih luas untuk memperbaiki kondisi kesehatan para narapidana, menjaga keamanan di dalam rutan, serta mencegah penyebaran penyakit menular. Dari hasil skrining HIV yang dilakukan menyatakan bahwa 251 orang WBP Rutan Demak  dinyatakan Non Reaktif.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu