x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 20 November 2023 20:15 WIB

Celengan Kaleng Anak Taman Bacaan Capai Rp. 12,5 Juta, Ajarkan Menabung Sejak DIni

Anak taman bacaan bisa nabung di celengan capai Rp. 2,2 juta. Bank Sinarmas dukung gerakan menabung di TBM Lentera Pustaka Bogor

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai bagian dari literasi finansial dan kesadaran menabung sejak dini, Bank Sinarmas mendukung gerakan menabung via celengan ratusan anak-anak usia sekolah di TBM Lentera Pustaka Bogor. Saat "Hari Buka Celengan" di Festival Literasi Gunung Salak #6, Narita Kusumawardhani (Corporate Secretary Bank Sinarmas) hadir langsung dan memberikan apresiasi kepada 3 anak penabung tertinggi (19/11/2023). Hari Buka Celengan digelar setelah anak-anak TBM Lentera Pustaka menabung di celengan kaleng selama setahun (Jan-Nov 2023) yang disedikana Bank Sinarmas.

 

Selain rajin membaca buku di taman bacaan, anak-anak TBM Lentera Pustaka diajarkan untuk menabung di celengan. Melalui program RAjin menaBUng (RABU), setiap anak punya satu celengan kaleng dan diajarkan menyisihkan sebagian uang jajan yang diterima dari orang tuanya. Tentu, tidak semua anak menabung. Karena menabung sola kesadaran sejak dini. Dan tiap tahun pula digelar Hari Buka Celengan untuk menghitung besaran uang yang ada di celengan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dihadiri 350 orang dan disaksikan Sekretaris Camat Tamansari dan Dinas Perpustakaan Kab, Bogor, diperoleh data hari buka celengan TBM Lentera Pustaka adalah sebagai berikut:

  1. Anak penabung terbesar mencapai Rp. 2.200.000 atas nama Putri Sakira dan berhak mendapat tambahan dari Pendiri TBM Lentera Pustaka sebesar Rp. 500.000 sebagai apresiasi atas RAjin menaBUng.
  2. Jumlah total tabungan anak TBM Lentera Pustaka tahun 2023 ini mencapai lebih dari Rp. 12.500.000.
  3. Jumlah anak yang menabung tercatat 80 anak dari 110 anak atau mencapai 70%. Angka ini setiap tahun berbeda karena tingkat kesadaran dan kondisi ekonomi anak-anak pembaca pun berbeda. Namun, para ibu yang mengantar anak ke TBM Lentera Pustaka juga ikut menabung namun belum dihitung.
  4. Komitmen Bank Sinarmas dalam gerakan menabung via celengan anak-anak TBM Lentera Pustaka akan diwujdukan dalam dukungan CSR korporasi, di samping ikhtiar untuk bisa membuka tabungan SimPel di Bank Sinarmas ke depannya.

 

Hari Buka Celengan merupakan tradisi rutin tahunan di TBM Lentera Pustaka sebagai bagian aktivitas literasi finansial, di samping mengajarkan anak pentingnya "menabung daripada jajan". Hal ini juga jadi wujud peran taman bacaan dalam mengajak anak-anak menabung sejak dini, selain membaca buku. Selain membaca buku seminggu 3 kali di taman bacaan, anak-anak TBM Lentera Pustaka ternyata mau menyisihkan uang jajan untuk ditabung melalui "celengan kaleng" yang disediakan taman bacaan.

 

"Luar biasa, kami sangat mendukung kegiatan menabung di TBM Lentera Pustaka. Agar anak-anak mau menabung sejak dini daripada jajan. Program ini sangat baik dan patut diapresiasi sebagai bagian dari aktivitas literasi finansial. Ternyata, taman bacaan bukan hanya tempat baca tapi bisa jadi saran edukasi literasi finansial" ujar Narita Kusumawardhani, Corporate Secretary Bank Sinarmas saat hari buka celengan.

 

Manfaat program RAjin menaBUng pun terasa di beberapa anak yang hari ini celengannya kosong. Karena di tengah jalan, akibat ada keperluan mendesak "terpaksa" celengannya dibuka dan diambil uangnya. Ada yang untuk membayar SPP sekolah, ada pula untuk membantu kebutuhan mendesak ibunya. Realitas ini terjadi di taman bacaan. Karena sebagian besar anak-anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka berasal dari kalangan keluarga tidak mampu alias prasejahtera.

 

Kolaborasi Bank Sinarmas dan TBM Lentera Pustaka pun menjadi cimbol program CSR yang memberi dampak konkret dan manfaat langsung kepada masyarakat, Untuk lebih peduli pada gerakan literasi dan aktivitas taman bacaan. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka #FestivalLiterasiGunungSalak

 

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu