x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 13 Desember 2023 12:57 WIB

Skoring Debat Capres Ronde Pertama Versi Pegiat Literasi

Skoring Debat Capres 2024 ronde pertama versi rakyat kecil, siapa yang unggul? Ada 3 poin yang patut jadi perhatian saat debat capres-cawapres, apa saja?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Debat Capres 2024 ronde pertama telah usai digelar (12/12/2023). Serentak disiarkan langsung stasiun televisi dan disaksikan ratusan juta masyarakat Indonesia. Tentu, siapapun dapat memberikan penilaian masing-masing dengan sudut pandang masing-masing pula. Itulah realitas calon pemimpin Indonesia yang akan dipilih melalui pilpres 2024 nanti.

 

Setelah menyaksikan selama 120 menit, sebagai rakyat kecil, tentu boleh-boleh saja untuk memberikan skoring terhadap masing-masing capres yang memaparkan visi-misi,  saling berdebat, menjawab pertanyaan panelis melalui moderator, hingga closing statement. Melalui cara pandang subjektif untuk mencoba melihat secara objektif dari Debat Capres ronde pertama dari yatangan TV, saya pun memberanikan diri untuk memberikan skoring versi rakyat kecil seperti saya adalah sebagai berikut:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Indikator

Anies – 01

Prabowo – 02

Ganjar - 03

Skor

Skor

Skor

Visi – misi

80

80

80

Logis

75

75

80

Realistis

75

80

80

Integritas

80

75

80

Kelugasan

75

85

80

Emosi

80

70

80

Percaya Diri

80

80

80

Efektivitas Komunikasi

80

75

75

To the point

75

80

80

Total Skor

700

700

715

 

Tentu, ini hanya skoring sesuai pemahaman yang diperoleh selama berlangsungnya debat capres. Berdasarkan indikator yang bersifat subjektif seperti: visi – misi, kelogisan, sifat realistis, integritas, kelugasan, emosi, percaya diri, efektivitas komunikasi, dan prinsip to the point. Boleh setuju, boleh tidak setuju. Tapi begitulah gambaran awal dari debat capres yang baru saja dilakukan.

 

Mungkin menarik untuk didiskusikan. Bahwa pada debat capres kali ini masih “diselimuti” persoalan masa lalu diantara capres, sehingga menjadi “peluru” untuk saling mempertanyakan. Sehingga menjadi ujian dalam pengendalian “emosi” saat debat yang disaksikan ratusan juta pasang mata.

 

Tanpa perlu menyimpulkan, siapa capres terbaik? Ada hal yang patut menjadi acuan untuk debat-debat capres-cawapres mendatang. Bahwa mau topik apapun yang dibahas saat debat, patut diperhatikan 3 (tiga) hal penting yang patut menjadi perhatian dari memilih calon pemimpin. Yaitu 1) pengetahuan, 2) pengalaman, dan 3) perasaan. Tentang bagaimana ketiga hal tersebut dapat dielaborasi ke dalam jati diri seorang capres-cawapres. Karena di situ, menunjukkan kualitas pemimpin yang akan dipilih masyarakat Indonesia. Selamat memilih! Salam literasi #DebatCapres #Pilpres2024 #Pemilu2024

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu