x

Pelayanan kesehatan dan psikososial oleh para relawan gesit

Iklan

Indra kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Maret 2023

Rabu, 27 Desember 2023 09:04 WIB

Relawan Gesit Salam Setara Salurkan Bantuan Kesehatan, Logistik, dan Psikososial ke Korban Gempa

Sepekan Diguncang Gempa, Bantuan Logistik & Kesehatan dari Relawan Gesit Jadi Harapan Warga Purasari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bogor, 24 Desember 2023- Relawan Gesit Kota Bogor melakukan kegiatan penanggulangan bencana gempa di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 21 hingga 24 Desember 2023 ini, menyasar pada warga terdampak gempa yang terjadi pada minggu lalu.

Indra Kurniawan, Field Coordinator Relawan Gesit Kota Bogor, mengatakan bahwa kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian, yaitu pelayanan kesehatan, distribusi logistik, dan kegiatan psikososial.

"Untuk pelayanan kesehatan, kami menurunkan dua perawat dari Poltekkes Kemenkes Bandung dan satu bidan dari Akademi Kebidanan. Kami juga memberikan bantuan obat-obatan kepada warga yang membutuhkan," ujar Indra.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara itu, untuk distribusi logistik, Relawan Gesit memberikan bantuan makanan, minuman, selimut, dan perlengkapan lainnya kepada warga terdampak gempa.

"Kami juga memberikan bantuan makanan sehat, buah, sayur, bubur kacang hijau, dan susu kepada warga," kata Indra.

Selain itu, Relawan Gesit juga melakukan kegiatan psikososial yang menyasar pada anak-anak terdampak gempa. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak agar dapat kembali ceria dan pulih dari trauma akibat bencana.

"Kami melakukan kegiatan fun game dengan anak-anak untuk membantu mereka menghilangkan rasa trauma," ujar Claudia Putri Rosanya, Tim Pelayanan Kesehatan Relawan Gesit.

Claudia berharap, kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Relawan Gesit ini dapat membantu warga terdampak gempa agar dapat kembali beraktivitas secara normal.

"Kami berharap agar warga terdampak gempa dapat segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala," ujar Claudia.

Sementara itu, Ibu Aan, salah satu warga terdampak gempa, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Relawan Gesit.

"Terima kasih buat salam setara ya pa, Ade Ade relawan baik baik meriksa kesehatan warga disini tiap malam," ujar Ibu Aan dengan dialek Sunda yang khas.

Ibu Aan juga mengatakan bahwa kegiatan psikososial yang dilakukan oleh Relawan Gesit sangat bermanfaat bagi anak-anak terdampak gempa.

"Anak-anak jadi lebih ceria setelah ikut kegiatan fun game sama relawan," ujar Ibu Aan.

Ikuti tulisan menarik Indra kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu