x

haul ihyaul ulum

Iklan

Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Minggu, 14 Januari 2024 17:13 WIB

Haul ke-34 Pondok Pesantren Ihyaul Ulum akan Dihadiri Ketua PBNU KH Muhammad Toha dan Habib Abu Bakar bin Aqil

Pada peringatan haul ke 34 Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Manyar Lamongan ini akan dihadiri oleh tokoh PBNU yang juga kini menduduki sebagai ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peringatan haul ke-34 KH Abdul Mu’thi dan KH Mohammad Ihsan serta para masyayih akan digelar pada 20-21 Januari 2024 bertempat di halaman Pondok Pesantren Ihyaul Ulum I. Acara peringatan haul yang diadakan oleh Pondok Pesantren Ihyaul Ulum ini rutin digelar setiap tahun.

Pada peringatan haul ke 34 Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Manyar Lamongan ini akan dihadiri oleh tokoh PBNU yang juga kini menduduki sebagai ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Selain dari ketua PBNU beberapa tokoh lain juga akan hadir di acara peringatan haul Ihyaul Ulum tersebut, acara peringatan haul sendiri adalah sebuah acara yang memperingati hari wafatnya seorang tokoh atau ulama yang mempunyai jasa besar di masyarakat khususnya pada penyebaran agama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Acara haul sudah menjadi budaya masyarakat di Indonesia, terutama di kalangan Islam tradisional yang menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat yang berkembang di masyarakat.

Selain peringatan haul dalam terdapat tradisi lain yang hingga kini masih banyak digelar di masyarakat untuk memperingati orang yang meninggal, seperti peringatan tujuh hari, 40 hari, 100 hari dan 1000 hari.

Adapun tujuan adanya peringatan haul tersebut adalah untuk mendoakan para leluhur yang telah mendahului dan meneladani nilai-nilai dan sifatnya semasa hidupnya, selain itu juga sebagai bentuk rasa hormat kita pada sosok yang memiliki jasa besar tersebut.

Dalam peringatan haul ke 34 pondok pesantren Ihyaul Ulum nantinya akan dihadiri oleh ketua PBNU yakni KH. Zulfa Mustofa asal Jakarta. Ia merupakan keponakan dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang juga cucu dari kemenakan dari Syekh Nawawi al Bantani.

Selain KH. Zulfa Mustofa, Haul Pondok Pesantren Ihyaul Ulum juga akan dihadiri oleh KH. Muhammad Toha dan akan dimeriahkan oleh Habib Abu Bakar Bin Aqil.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizal Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu