x

Potret Fraukein Lieser karya Gustav Klimt

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Sabtu, 27 Januari 2024 08:30 WIB

Lukisan Potret Fräulein Lieser karya Gustav Klimt Ditemukan Setelah Hampir 100 Tahun Raib

Lukisan Potret Fräulein Lieser  karya Gustav Klimt   ditemukan kembali setelah hampir 100 tahun raib. Penemuan ini menambah catatan sejarah dunia seni rupa,  usai ditemukannya lukisan lain karya  Leonardo da Vinci yang telah lama hilang. Judul lukisan Leonardo tersebut adalah Salvator Mundi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dilansir dari laman washingtonpost.com, lokasi terakhir yang diketahui dari "Potret Fräulein Lieser" karya seniman Austria terkenal Gustav Klimt berada di Wina pada pertengahan 1920-an. Lukisan yang menampilkan seorang wanita muda ini terdaftar sebagai milik "Nyonya Lieser" - diyakini sebagai Henriette Lieser, yang dideportasi dan dibunuh oleh Nazi.  Satu-satunya catatan yang tersisa dari karya tersebut adalah foto hitam putih dari tahun 1925, sekitar waktu terakhir kali lukisan itu dipamerkan, yang disimpan dalam arsip Perpustakaan Nasional Austria.

Kini, hampir 100 tahun kemudian, lukisan karya salah satu seniman modernis paling terkenal di dunia ini dipamerkan dan dijual - setelah ditemukan kembali oleh rumah lelang dan disebut-sebut sebagai penemuan sensasional.

"Penemuan kembali potret ini, salah satu yang paling indah dari periode kreatif terakhir Klimt, adalah sebuah sensasi," kata rumah lelang Austria, im Kinsky, dalam sebuah pernyataan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Lukisan dengan kelangkaan, signifikansi artistik, dan nilai yang begitu tinggi belum pernah ada di pasar seni di Eropa Tengah selama beberapa dekade," tambahnya. Lukisan ini akan dipamerkan secara internasional, termasuk di Swiss, Jerman, Inggris, dan Hong Kong, sebelum dilelang pada tanggal 24 April.

Potret berukuran 31 x 55 inci tersebut dapat terjual antara 30 juta hingga 50 juta euro ($32,5 juta hingga $54,4 juta) dalam pelelangan.  Karya-karya Klimt lainnya, yang mungkin paling dikenal dengan lukisannya "The Kiss", telah terjual dengan harga jutaan dolar.

Subjek - siapa pun dia - mengunjungi studio sang seniman sebanyak sembilan kali pada bulan April dan Mei 1917, kata rumah lelang tersebut. Sebagian kecil dari lukisan itu masih belum selesai pada saat kematian Klimt pada awal 1918, ketika karya itu diberikan kepada keluarga Lieser.

"Warna-warna intens lukisan dan pergeseran ke arah sapuan kuas yang longgar dan terbuka menunjukkan Klimt berada di puncak masa akhir hidupnya," kata im Kinsky.

Ernst Ploil, Direktur Pelaksana di im Kinsky, mengatakan dalam sebuah email pada hari Jumat,  lukisan itu ditemukan kembali pada tahun 2022, ketika pemiliknya mendekati rumah lelang. Karya tersebut telah dibeli oleh seorang kerabat pada tahun 1960-an dan berpindah tangan ke beberapa keluarga hingga akhirnya menjadi milik pemilik saat ini, tambahnya.

Ploil mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah "memeriksa sejarah dan asal-usul lukisan tersebut dengan segala cara yang memungkinkan di Austria" dan "tidak menemukan bukti bahwa lukisan tersebut pernah diekspor ke luar Austria, disita, atau dijarah" pada era Nazi.

 

Namun, ia juga mengatakan bahwa rumah lelang tidak memiliki bukti bahwa lukisan tersebut bukan hasil curian - sehingga telah mencapai kesepakatan dengan pemilik saat ini dan keturunan keluarga Lieser. Dia menambahkan bahwa kesepakatan tersebut didasarkan pada Prinsip-prinsip Washington, seperangkat pedoman untuk mengidentifikasi dan mengembalikan karya seni yang disita oleh Nazi kepada pemiliknya yang sah.

Karya Klimt lainnya, "Dame mit Fächer" ("Lady With a Fan"), terjual seharga $108 juta di London tahun lalu - harga tertinggi untuk karya seni yang pernah dilelang di Eropa, demikian laporan Associated Press pada saat itu. Pada tahun 2006, lukisannya yang berjudul "Adele Bloch-Bauer I" - yang pernah menjadi pusat kasus pencurian karya seni Nazi yang terkenal - terjual dengan harga 135 juta dolar AS, yang merupakan rekor harga pada saat itu.

Pada tahun 2017, lukisan Leonardo da Vinci yang telah lama hilang, "Salvator Mundi" ("Juru Selamat Dunia"), terjual seharga 450 juta dolar AS - yang oleh balai lelang Christie's disebut sebagai "lukisan termahal yang pernah dijual di pelelangan." ***

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 jam lalu

Terpopuler