x

Iklan

Nurhayati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Februari 2024

Rabu, 14 Februari 2024 16:19 WIB

Keunikan dan Kesenangan di Pulau Wetar

Pulau Wetar, terletak di Maluku, merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang mempesona dengan keindahan alamnya. Pulau ini terletak di Laut Banda dan berbatasan langsung dengan Timor Leste, sehingga dikategorikan sebagai pulau terluar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pulau Wetar, terletak di Maluku, merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang mempesona dengan keindahan alamnya. Pulau ini terletak di Laut Banda dan berbatasan langsung dengan Timor Leste, sehingga dikategorikan sebagai pulau terluar.

Pulau ini tidak hanya menampilkan keindahan alam eksotis, tetapi juga memiliki Danau Tihu yang unik dengan sumber air panasnya. Di samping itu, terdapat hutan mangrove yang melingkupi pesisir pulau dengan 15 spesies berbeda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keunikan pulau ini, mari kita perhatikan penjelasan berikutnya seperti yang dilansir slot online.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Wetar

1. Berdekatan dengan Timor Leste

Pulau Wetar, yang terletak di Maluku Barat Daya dan berbatasan langsung dengan Timor Leste, memberikan kesempatan unik bagi pengunjung untuk mengenal negara tetangga tersebut. Hal ini menambah daya tarik bagi wisatawan yang ingin memperluas pengetahuan mereka tentang Timor Leste.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menarik untuk dicatat bahwa pulau eksotis ini terbagi menjadi beberapa kecamatan, termasuk Wetar, Wetar Barat, Wetar Timur, dan Wetar Utara. Ibu kota Pulau Wetar, yaitu Ilwaki, menampilkan pesona alam yang autentik dan terjaga dengan baik.

Berada di tengah Laut Banda, pulau ini dikelilingi oleh ekosistem terumbu karang yang melimpah, terutama di sepanjang pesisir selatan dan utara. Keindahan alamnya tidak hanya tercermin dari vegetasi dan tanaman, melainkan juga dari keajaiban bawah laut yang dapat ditemukan di sana.

Pengunjung di Pulau Wetar dapat menikmati beragam biota laut, termasuk ikan kembung, tuna, ikan ekor kuning, dan ikan kerapu.

2. Danau Tihu

Danau Tihu adalah sebuah telaga indah yang terletak di pulau eksotis ini. Airnya berwarna kebiruan, menyerupai air laut, dan mengalami pasang surut.

Tersedia informasi menarik bahwa Danau Tihu adalah satu-satunya danau eksklusif di Pulau Wetar yang terletak di puncak gunung dengan ketinggian mencapai 6000 kaki. Penduduk lokal cenderung meyakini bahwa danau ini adalah tempat tinggal bagi buaya air tawar.

Beberapa juga mempercayai bahwa danau ini memiliki nilai keramat, mengingat adanya cerita-cerita mistis yang tersebar di sekitar danau. Keadaan alam danau yang masih sangat alami semakin memperkuat keyakinan akan keistimewaannya.

Menurut legenda lokal, pada zaman dahulu terdapat seorang raksasa jahat yang mendiami danau ini dan berhasil dikalahkan oleh dua orang bersaudara kembar. Namun, kedua saudara tersebut tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Keyakinan ini diperkuat dengan keberadaan biota berkepala dua yang tinggal di dalam danau, diyakini sebagai wujud dari kedua saudara yang kuat tersebut. Kisah legenda ini telah diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

3. Warga Penduduk yang Ramah

Tak hanya karena keindahan alamnya, warga Pulau Wetar juga dikenal sangat ramah. Mayoritas penduduk berasal dari penduduk asli, sementara sebagian kecil lainnya berasal dari NTT, Timor Leste, dan daerah lain di luar pulau.

Sebagian besar penduduk mengandalkan mata pencaharian dari kegiatan seperti perikanan, peternakan babi atau kambing, dan pertanian, menjalani kehidupan yang sederhana.

Dengan keterbatasan transportasi umum dan keterbatasan akses listrik, kondisi di pulau ini menciptakan kesan seolah-olah masih terjebak dalam zaman yang lampau.

Namun demikian, akses jalan telah diaspal di jalur utama. Selain itu, pengunjung disambut oleh keramahan warga sekitar. Pulau ini bisa dianggap sebagai destinasi wisata yang optimal untuk melarikan diri dari kepenatan kehidupan perkotaan yang sibuk.

4. Pesona Flora

Keanekaragaman flora di kawasan wisata bahari ini sungguh menakjubkan. Terdapat 15 spesies mangrove yang termasuk dalam 15 genus dan 12 famili.

Keunikan flora ini terlihat dari persentase kesamaan spesies mangrove dengan Nusa Tenggara dan Timor Leste yang mencapai 67%. Sementara itu, persamaan spesies antara pesisir Pulau Wetar dan Pulau Yamdena adalah sekitar 80%.

Di sisi barat pulau, terdapat 14 spesies mangrove yang mendominasi. Di pesisir tenggara, jumlah spesies mangrove lebih sedikit, hanya 7 spesies.

Beberapa spesies yang tersebar di wilayah ekologis pesisir pulau ini antara lain adalah Hibiscus tiliaceus, Sonneratia alba, Barringtonia asiatica, Nypa fruticans, dan Acanthus ilicifolius.

5. Tambang Emas

Beberapa dekade yang lalu, Pulau Wetar memiliki tambang emas yang dioperasikan oleh PT. Prima Lirang Mining (PLM). Namun, setelah cadangan emasnya mulai menipis, peralatan pertambangan tersebut akhirnya dijual dan dibeli oleh PT. Nusa Halmahera Mineral.

Pada tahun 2008, perusahaan pertambangan Australia, Finders Resources, berhasil menemukan cadangan tembaga di pulau ini. Penemuan ini mendorong perusahaan untuk mendirikan tambang di wilayah ini.

Tambang yang dibangun sebagai proyek percontohan ini tidak terlalu besar. Hal ini menggambarkan bahwa pulau ini tidak hanya kaya akan flora dan fauna serta keindahan alamnya, tetapi juga memiliki sumber daya alam yang berpotensi.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Apakah Anda berencana menghabiskan liburan di kawasan wisata Pulau Wetar? Anda dapat mengunjungi Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Ada tiga rute yang dapat diakses untuk menuju pulau tersebut, yaitu dari Kota Kupang ke arah barat, utara, dan timur.

Dari arah barat, Anda perlu menggunakan transportasi laut atau jalur udara menuju Kisar. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan melalui jalur laut menuju pulau yang indah ini.

Sementara itu, dari arah utara, Anda dapat melewati Kisar dari Kota Ambon dengan menggunakan transportasi udara. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju wisata bahari melalui jalur laut.

Apabila Anda melakukan perjalanan dari arah timur, Anda akan melewati berbagai pulau kecil yang terletak di wilayah Provinsi Maluku, termasuk Pulau Kisar. Untuk transportasi udara, terdapat layanan penerbangan rutin oleh Merpati Nusantara Airlines.

Penerbangan ini menggunakan tiga pesawat CN-250 yang berangkat dari Kota Ambon menuju Pulau Kisar. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi CN-212 dari Kota Kupang menuju Pulau Kisar.

Perlu dicatat bahwa transportasi udara dari Kota Ambon memiliki jadwal penerbangan dua kali seminggu. Sementara itu, penerbangan perintis dari Kota Kupang hanya tersedia satu kali seminggu.

Biaya Wisata ke Pulau Wetar

Untuk mencapai Pulau Wetar, Anda dapat memilih rute dari Ambon atau Kupang. Dari Kupang, tersedia kapal Sabuk Nusantara yang menuju Wetar dengan harga tiket berkisar antara 75.000 hingga 90.000 rupiah per orang.

Alternatif lain adalah menggunakan kapal Pangrango dari Ambon ke Kisar dengan tarif 320.000 rupiah per orang. Kemudian, Anda dapat melanjutkan perjalanan dari Kisar ke Wetar dengan biaya 50.000 rupiah per orang, atau memilih opsi sewa kapal carter dari Kisar ke Wetar dengan harga negosiasi sekitar 1 juta hingga 1,5 juta rupiah.

Perlu diingat, di pulau ini tidak terdapat dermaga, sehingga kapal perintis yang tiba hanya akan berlabuh di sekitar garis pantai.

Selanjutnya, pengunjung akan dijemput oleh perahu nelayan lokal dan dibawa ke daratan. Biasanya, untuk setiap penjemputan ini, dikenakan tarif sekitar 20.000 rupiah per orang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Berkeliling Pulau

Kegiatan seru pertama yang direkomendasikan adalah menjelajahi Pulau Wetar, Maluku Barat Daya, menggunakan perahu.

Anda memiliki kesempatan untuk mengagumi keindahan pulau ini dari kejauhan sambil menikmati pemandangan dari atas air. Pengalaman ini menjadi lebih berkesan jika dilakukan bersama keluarga.

Selain menggunakan perahu, Anda juga dapat menelusuri pulau dengan berjalan kaki untuk mengamati hutan mangrove dan keindahan pulau secara lebih dekat. Kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal juga tersedia.

Memancing di Pulau Wetar

Dengan keberagaman jenis ikan di laut, Anda dapat menghabiskan waktu untuk memancing. Anda dapat memilih spot mancing yang nyaman dan strategis untuk menikmati aktivitas ini. Dengan begitu, Anda dapat memasak ikan yang berhasil ditangkap dan menikmatinya sebagai santapan.

Mencicipi Kuliner khas

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Pulau Wetar, Maluku Barat Daya, adalah mencicipi kuliner khas Manado dan Nusantara.

Terdapat berbagai restoran yang menawarkan hidangan lezat dan menggugah selera seperti kue bangket, sup brenebon, ayam isi buluh, panada, halua kenari, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Walaupun fasilitas seperti akses listriknya masih kurang memadai, pengunjung akan merasa nyaman dengan sarana dan prasarana yang tersedia.

Jalan aspal yang ada memudahkan para pengunjung dalam hal mobilitas. Berbagai pilihan makanan dan minuman juga mudah ditemukan di kawasan wisata Pulau Wetar.

Meskipun kapasitasnya terbatas, beberapa jenis transportasi umum juga tersedia di sini. Transportasi air berupa perahu juga mudah diakses di sepanjang pesisir pantai.

Sejumlah tempat duduk, baik berupa bangku maupun kursi lengkap dengan mejanya, tersedia untuk bersantai atau beristirahat di sepanjang pesisir pantai. Pengunjung juga dapat duduk sambil berteduh di bawah naungan pohon yang rindang. Restoran dan tempat makan juga mudah dijumpai di sekitar area ini.

Demikianlah penjelasan mengenai beragam hal unik yang dimiliki Pulau Wetar. Meskipun fasilitasnya belum sepenuhnya memadai, pesona alam pulau ini tetap terjaga keasliannya.

Ikuti tulisan menarik Nurhayati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB