x

Iklan

Nurhayati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Februari 2024

Rabu, 14 Februari 2024 16:20 WIB

Inilah 5 Wisata Bahari Paling Hit di Pulau Bintan

Terdapat banyak daratan yang dapat ditemui di Kepulauan Riau, sebuah provinsi yang menjadi penghubung antara wilayah Indonesia dengan dua negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terdapat banyak daratan yang dapat ditemui di Kepulauan Riau, sebuah provinsi yang menjadi penghubung antara wilayah Indonesia dengan dua negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia. 

Wilayah ini telah terkenal karena memiliki banyak tempat yang menawan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Bintan, yang merupakan daratan terbesar di kawasan tersebut dan dilengkapi dengan sepasang kota besar yang menarik untuk dieksplorasi.

Dengan luas lebih dari 60 ribu kilometer persegi, pulau tersebut menawarkan beberapa destinasi indah yang layak dikunjungi saat berada di sana. Sebagian besar tujuan wisata di pulau ini memang menampilkan keindahan bahari yang memukau. Hal ini tidak mengherankan mengingat lautan di sekitarnya tampak harmonis dengan kehijauan daratannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ibu kota provinsi, Kota Tanjung Pinang, terletak di pulau ini bersama dengan Kota Bintan. Di sekitarnya terdapat daerah-daerah kecil yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Vegetasi yang subur memberikan kesan alami pada lingkungan tersebut. Akses ke tempat-tempat wisata juga sangat mudah dijangkau. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata bahari yang menarik untuk dieksplorasi di Pulau Bintan.

1. Pantai Lagoi

Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Pulau Bintan. Tak heran, tempat ini menawarkan beragam pengalaman yang dapat dinikmati oleh para pengunjungnya. Keindahan yang ditampilkan di sini begitu memukau sehingga memukau siapa pun yang melihatnya, membuat mereka terpesona dengan keelokannya.

Tak mengherankan jika objek wisata ini menjadi primadona di wilayah tersebut. Dengan pasir putihnya yang memukau, tempat ini akan memikat siapa pun yang berkunjung ke daerah Batam. Luas pantainya juga cukup untuk para wisatawan menjelajahi dengan berjalan kaki dan merasakan lembutnya pasir pantainya secara langsung.

Pantai Lagoi sudah menjadi tujuan populer bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keindahannya bisa dibandingkan dengan pantai-pantai di Lombok dan Pulau Dewata. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kebersihan pasir pantainya yang mempesona, yang tampak berpadu indah dengan air laut yang memeluknya.

Pemandangan semakin mempesona dengan keberadaan vegetasi alam di area setelah pasir pantai. Banyak pepohonan yang tumbuh di sana, meningkatkan keindahan yang dinikmati oleh masyarakat. Deretan pohon kelapa yang tersusun rapi menciptakan suasana yang semakin tenang saat angin bertiup lembut.

Ketika mengunjungi tempat tersebut, tidak perlu khawatir karena fasilitas yang tersedia sangat lengkap. Turis yang datang bisa bermalam karena tersedia berbagai penginapan dan resort di sekitar pantai tersebut. Beberapa resort bahkan dibangun di tepi pantai, memberikan pemandangan yang memukau bagi para tamu yang menginap di sana.

Para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di pantai tersebut. Mulai dari kegiatan sederhana seperti berjalan-jalan sambil menikmati udara segar di tepi laut, hingga berenang untuk merasakan kesegaran air di destinasi wisata ini. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan menyelam.

Ternyata, daya tarik dari destinasi wisata ini tidak hanya terbatas pada permukaan air lautnya. Bahkan, keindahan dasar lautnya juga sangat menarik untuk dinikmati langsung. Oleh karena itu, aktivitas snorkeling disediakan oleh pengelola bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman yang unik selama berkunjung ke tempat tersebut.

2. Pantai Trikora

Destinasi wisata bahari yang terletak di Pulau Bintan ini merupakan pantai terpanjang di daerah tersebut. Dari satu ujung pantai ke ujung lainnya, panjangnya mencapai sekitar 25 kilometer. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, terutama dengan deretan batuan granit yang membentuk pemandangan yang menakjubkan.

Pantai Trikora juga merupakan salah satu ikon dari kawasan Tanjung Pinang. Lokasinya cukup dekat dengan Ibukota Provinsi Kepulauan Riau, hanya sekitar 45 kilometer. Berbagai akomodasi tersedia untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin menjelajahi tempat tersebut.

Kedalaman perairan di pantai tersebut cukup dangkal, membuatnya aman untuk dieksplorasi oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Tidak perlu khawatir ketika membawa anak kecil ke sana. Namun, perlu diingat bahwa batuan di sekitar pantai bisa menjadi potensi bahaya. Oleh karena itu, pengawasan ekstra terhadap anak-anak sangat diperlukan.

Selain kehadiran batuan granit yang memperindah pemandangan, keberadaan pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai semakin menambah kekaguman pengunjung. Destinasi ini seolah menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan. Berlibur di tempat ini pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Beberapa resort berdiri di sekitar Pantai Trikora, memberikan pilihan bagi mereka yang ingin menikmati waktu di tempat yang luar biasa ini. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, termasuk bilik kamar mandi dan beberapa mushola untuk pengunjung.

Selain itu, beberapa gazebo juga tersedia untuk pengunjung agar dapat menikmati tempat tersebut dengan lebih santai. Suara desiran angin yang bertiup bersamaan dengan ombak yang menghantam batuan di tepi pantai menciptakan pemandangan yang menakjubkan, cocok sebagai latar belakang untuk mengabadikan momen liburan dalam foto-foto.

3. Pantai Senggiling

Destinasi wisata ini berada di lokasi yang agak terpencil, menjadikannya sangat menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar pengunjung yang datang ke sana adalah para traveler yang ingin mencari pengalaman baru di destinasi yang luar biasa ini, menyajikan suasana liburan yang berbeda.

Pasir di tempat eksotik ini memiliki struktur yang kompak. Bahkan, beberapa pengunjung yang membawa mobil sendiri telah membawa kendaraan mereka menelusuri hamparan pasir putihnya. Hal ini memberikan variasi foto yang lebih banyak selama kunjungan ke tempat wisata tersebut.

Beberapa pengunjung juga mendirikan tenda untuk berkemah di sana, sebuah aktivitas menarik untuk menghabiskan malam di destinasi wisata ini. Destinasi ini benar-benar menghadirkan pengalaman yang berbeda dari liburan di kawasan Batam. Suara angin dan ombak yang melanda pantai menambah keindahan suasana.

Ombak yang menghantam tepi pantai dianggap cukup aman bagi para wisatawan yang ingin beraktivitas. Terutama selama musim kemarau, pengunjung dapat dengan leluasa menikmati pantai karena angin yang bertiup berasal dari arah selatan. Namun, karena lokasinya berada di sisi utara Pulau Bintan, angin cenderung menerpa ombak dari arah utara.

Tidaklah mudah untuk mencapai lokasi ini. Para wisatawan yang baru pertama kali datang disarankan untuk menyewa pemandu wisata yang dapat membimbing perjalanan mereka. Selain itu, disarankan untuk membawa bekal sendiri karena fasilitas di tempat ini minim, dengan adanya batuan dan pepohonan di tepi pantainya.

4. Pantai Sakera

Pulau Bintan memiliki setidaknya satu pantai berpasir putih lagi yang menarik perhatian, yaitu Pantai Sakera. Pantai ini memiliki area pasir yang luas dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di pulau tersebut. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Batam. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut.

Pantai ini memiliki kontur landai yang memperlihatkan lanskap alam yang memukau, memberikan kesan lapang yang luas di tepi laut. Seperti destinasi wisata sebelumnya, air di sini juga jernih dan cocok untuk dijelajahi lebih lanjut. Bahkan, para wisatawan dapat mencari siput atau kerang di tepi pantai.

Di sekitar area pasirnya, terdapat beberapa pohon yang hidup, menambahkan kesan yang menenangkan pada suasana. Pengelola juga menyediakan beberapa gazebo bagi pengunjung. Pasir yang terhampar terasa sangat lembut, sehingga orang-orang bisa menjelajahinya dengan kaki telanjang tanpa perlu khawatir.

Beberapa pondok makan juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan makan pengunjung yang lapar. Sajian seafood khas pinggir laut merupakan hidangan yang lezat untuk dinikmati. Aktivitas bermain air dapat dilakukan tanpa kekhawatiran, dan banyak orang menikmati berenang di laut yang mengitarinya.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia beberapa tempat menginap yang nyaman. Mulai dari hotel minimalis dengan harga sewa yang terjangkau per malam hingga tempat yang lebih mewah untuk disewa oleh wisatawan yang menginginkannya.

5. White Sand Island

Tempat ini terletak terpisah dari Pulau Bintan, namun jaraknya tidak terlalu jauh. Untuk mencapainya, wisatawan perlu menaiki perahu cepat dari Desa Bakau. Dari tempat yang dikenal dengan hutan bakau alaminya yang lebat, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit.

Setibanya di sana, pengunjung akan disambut oleh pemandangan alam yang luar biasa dari pulau kecil tersebut. Pasir putih pantainya yang bersih dan elegan berpadu sempurna dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Pepohonan yang tumbuh di sepanjang pantai menambah keindahan objek wisata ini.

Selain menikmati pantainya, pengunjung dapat mengunjungi tempat konservasi penyu yang terletak di bagian tengahnya. Tempat ini bertujuan untuk melestarikan penyu dengan melakukan penangkaran dan pembiakan. Di sini, bayi-bayi penyu dirawat hingga dewasa sebelum dilepaskan kembali ke habitat asli mereka di lautan lepas.

Setelah mengamati tukik-tukik yang menggemaskan, pengunjung dapat menikmati pemandangan bawah air yang menakjubkan. Tempat ini menawarkan pengalaman snorkeling di lautan sekitarnya, di mana terumbu karangnya dipelihara dengan baik untuk menjaga kelestarian ekosistem alaminya.

Terdapat beberapa pendopo yang tersedia bagi pengunjung untuk menikmati objek wisata dengan lebih privat. Tempat ini menawarkan pengalaman berlibur layaknya di sebuah pulau tak berpenghuni, yang dapat memberikan ketenangan bagi hati dan pikiran pengunjung.

Demikianlah rangkuman tempat-tempat yang dapat dikunjungi saat melakukan perjalanan bahari ke Pulau Bintan seperti yang dilansir slot online. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Nurhayati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB