x

jenis batik

Iklan

Nurul Fajrianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 November 2023

Kamis, 29 Februari 2024 20:35 WIB

Kenali 5 Jenis Batik Populer Di Indonesia

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui di dunia. Badan PBB, Unesco, telah memberikan pengakuan tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia merupakan negara dengan keberagaman budaya yang banyak, mulai dari makanan, kesenian, hingga jenis batik menjadi warisan budaya yang diakui oleh dunia. Telah disahkan menjadi produk asli Indonesia oleh Unesco dan tidak ada Negara lain yang berhak untuk mengakuinya, hal ini seperti yang termuat dalam website batikmuseum.com.

Pada tanggal 2 oktober 2009 telah disahkan sebagai hari batik nasional setelah pemberian ICH oleh Unesco. Batik sebagai budaya luhur bangsa Indonesia memiliki keindahan yang dapat memikat perhatian banyak orang. Mulai dari warna, motif, hingga pola yang dimiliki selalu memiliki makna dan filosofinya sendiri sehingga menjadi budaya yang bermakna.

Batik sendiri memiliki begitu banyak ragam jenis yang memiliki ciri khasnya tersendiri, hampir setiap motif menggambarkan dari mana motif batik tersebut berasal. Lantas apakah Anda mengenali jenis-jenis batik? Bila tidak maka Anda bisa menyimak artikel ini hingga akhir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jenis Batik Paling Populer

Di zaman yang terus mengalami kemajuan dengan perkembangan modernisasi yang ada tidak membuat kualitas batik kehilangan makna dan filosofinya. Batik masih terus eksis hingga sekarang ini, berikut ini ada beberapa jenis batik yang paling populer di Indonesia.

  1. Motif Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Jenis batik pertama adalah batik tujuh rupa yang berasal dari pekalongan, jenis batik ini teramat kental dengan nuansa alam yang dimiliki. Secara umum bila dilihat motif batik ini sering menampilkan gambar hewan dan juga tumbuhan, selain itu motif yang ada memberikan kesan kebudayaan lokal serta etnis cina.

Sebab dulunya pekalongan menjadi tempat transit para pedagang dari berbagai Negara termasuk cina sehingga terjadi akulturasi di daerah ini.

  1. Batik Sogan Solo

Batik Sogan merupakan batik  yang berasal dari Solo, untuk jenis satu ini memberian kesan klasik di dalamnya. Dengan motif yang khas layaknya batik jadul, namun batik solo ini bisa eksis hingga sekarang ini.

Untuk namanya sendiri batik sogan awalnya menggunakan warna kayu sogan sebagai pewarna kain batik sehingga digunakan sebagai nama dari batik ini. Motif yang diusung memang klasik layaknya pakem klasik keraton, bukan hanya motif tetapi warnanya juga menyimbolkan warna keraton bangsa burung.

  1. Batik Gentongan Madura

Jenis batik  ketiga yang juga populer adalah batik gentongan, yang berasal dari Madura. Berbeda dengan batik lain yang menggunakan warna lembut namun batik dari Madura ini menggunakan warna-warna yang mencolok dan menyala seperti merah, kuning, hijau, dan warna berani lainnya.

Untuk motifnya sendiri menampilkan bentuk abstrak sederhana seperti tanaman dengan memberikan kombinasi warna terang sebagai sebuah ciri khas dari batik ini.

  1. Batik Mega Mendung Cirebon

Cirebon juga memiliki jenis  batik yang begitu populer yakni Mega Mendung. Untuk jenis batik ini sendiri begitu populer di kalangan para wisatawan karena bentuk motif dan warnanya begitu unik. Walaupun mengusung motif yang sederhana namun dengan perpaduan warna yang ada  membuat jenis batik ini terlihat begitu mewah.

  1. Batik Keraton Yogyakarta

Batik Yogyakarta tidak lepas dari salah satu jenis batik yang begitu populer, motif batik keraton ini menggambarkan kebudayaan dan kesultanan yang ada di dalam budaya keraton. Bila melihat motif batik ini maka akan terlintas bagaimana sistem kekuasaan dan kebudayaan yang ada lewat karisma motif batik yang ada.

Demikianlah informasi mengenai 5 jenis batik paling populer yang ada di Indonesia dan penting Anda ketahui sebagai upaya memperluas wawasan tentang kebudayaan Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Nurul Fajrianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB