x

Iklan

Friska

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Maret 2024

Kamis, 14 Maret 2024 05:48 WIB

Menemukan Keajaiban Tersembunyi di Pulau Maspari, Sumatera Selatan

Pulau Maspari di Sumatera Selatan menampilkan pesona alam yang memikat dan keunikan yang menarik. Keberadaannya menjadi tambahan yang berharga dalam daftar destinasi wisata alam yang beragam di provinsi ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pulau Maspari di Sumatera Selatan menampilkan pesona alam yang memikat dan keunikan yang menarik. Keberadaannya menjadi tambahan yang berharga dalam daftar destinasi wisata alam yang beragam di provinsi ini.

Dilihat dari posisi geografisnya, Pulau Maspari merupakan pulau terluar di Sumatera Selatan. Keadaan pulau ini serta berbagai daya tarik unik di dalamnya mendorong pemerintah setempat untuk memfokuskan upaya pengembangannya sebagai destinasi wisata bahari yang membanggakan.

Para pengunjung memiliki kebebasan untuk melakukan berbagai aktivitas di Pulau Maspari. Dengan kombinasi beragam daya tarik yang tersedia, pulau ini menjadi pilihan tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Maspari

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keanekaragaman pesona dan daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Maspari membuatnya sering dianggap sebagai permata tersembunyi dari provinsi Sumatera Selatan. Pesonanya hadir dalam berbagai bentuk, antara lain:

1. Habitat dari Penyu Langka

Tidak terduga bahwa Pulau Maspari di Ogan Komering Ilir merupakan habitat bagi hewan langka seperti penyu. Habitat ini telah secara resmi dilindungi oleh pemerintah. Pada waktu-waktu tertentu, penyu akan bertelur dengan menggali pasir pantai dan menggunakan tempat tersebut sebagai tempat penyimpanan telur.

Penyu Hijau dan Penyu Sisik adalah dua contoh spesies penyu yang dapat ditemui di area tersebut, di mana keduanya sudah diketahui sangat jarang ditemukan.

2. Pulau Unik yang Memiliki Ekor

Bentuk geografis Pulau Maspari memang unik karena terlihat seperti memiliki ekor panjang ketika dilihat dari udara. Bentuk ekornya dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi air laut, terkadang terlihat lurus namun terkadang berkelok-kelok.

3. Berbagai Hewan Langka

Di samping kehadiran penyu langka di sekitar destinasi wisata Pulau Maspari, terdapat juga hewan-hewan lain yang jarang ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah ikan Pari dengan motif totol biru yang sering dianggap sebagai spesies langka yang bernilai tinggi.

4. Sumur Air Tawar

Pulau Maspari sebenarnya memiliki ukuran yang relatif kecil dan tidak berpenghuni. Meskipun berada di area yang dikelilingi oleh lautan yang luas, pulau ini memiliki beberapa sumber air tawar yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

5. Pesona Terumbu Karang

Sebagian besar wilayah Pulau Maspari terdiri dari formasi karang dan dikelilingi oleh hutan bakau. Kedua elemen ini menciptakan kekayaan biota laut yang luar biasa, karena banyak ikan yang tertarik untuk hidup dan berkembang biak di sekitarnya.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Kawasan wisata Pulau Maspari terletak di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Lebih tepatnya, berada di Simpang 3 Sakti, Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan. Untuk mencapai lokasi, terdapat dua rute yang dapat dipilih.

Pada rute pertama, perjalanan dilakukan sepenuhnya dengan transportasi air. Perjalanan dimulai dari dermaga yang terletak dekat Jembatan Musi.

Selanjutnya, Anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat melalui Sungai Musi hingga mencapai Selat Bangka sebelum akhirnya tiba di destinasi. Total waktu perjalanan diperkirakan sekitar 6 jam.

Untuk rute kedua, perjalanan dimulai dari pusat kota Palembang menggunakan jalur darat dan air. Penelusuran dimulai dari Sungai Lumpur hingga mencapai daerah Tulung Selapan, yang memakan waktu sekitar dua jam. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju tujuan akhir selama sekitar 3 jam.

Biaya Wisata ke Pulau Maspari

Sebelum mengunjungi pulau ini, ada beberapa hal terkait pengeluaran yang perlu Anda siapkan. Anda harus menyiapkan biaya transportasi serta biaya masuk.

Biaya masuk ke pulau masih cukup terjangkau, dengan tiket masuk sebesar Rp.25.000,- per orang. Namun, untuk biaya transportasi, Anda perlu menyiapkan budget yang lebih besar.

Biaya sewa kapal motor untuk perjalanan menuju tempat tujuan berkisar antara 2 hingga 2,5 juta per perjalanan, dengan kapasitas muatan satu kapal sekitar 10 orang dewasa.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Terdapat beragam kegiatan menarik yang dapat dilakukan di tempat wisata ini.

Bagian ekor Pulau Maspari di Ogan Komering Ilir sebenarnya merupakan daratan pasir yang menjorok ke arah lautan. Ukuran daratan yang sempit dan panjang memberikan kesan seperti ekor hewan ketika dilihat dari atas pulau.

Perubahan gelombang dan arus laut memengaruhi bentuk atau tampilan ekor tersebut. Pengunjung dapat mencoba berjalan di atas daratan yang membentuk ekor sambil mendengarkan debur ombak yang berada di sekitar. Disarankan untuk mengabadikan momen tersebut melalui kamera atau drone.

Melihat Penyu di kawasan Pulau Maspari

Disusunlah rencana perjalanan dengan cermat dan pastikan kedatangan Anda sejalan dengan musim bertelur penyu. Dengan sedikit keberuntungan, Anda mungkin dapat menyaksikan penyu sedang berjalan santai di tepi pantai setelah melakukan proses bertelur.

Snorkeling dan Diving

Kecantikan bawah laut di sekitar Pulau Maspari, Ogan Komering Ilir, juga merupakan daya tarik yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Kegiatan seperti snorkeling dan menyelam menjadi opsi bagi mereka yang ingin menjelajahi lebih dalam kehidupan bawah laut yang kaya dengan terumbu karang dan kejernihan air lautnya.

Memancing

Menikmati momen bersantai dan memancing merupakan kegiatan yang sangat ideal untuk dilakukan di pulau ini. Dengan keberadaan terumbu karang yang luas, Anda dapat yakin akan mendapatkan banyak ikan yang bisa Anda tangkap.

Berkemah

Apabila Anda merasa bahwa satu hari tidak cukup untuk mengeksplorasi semua keindahan yang ada di tempat ini, Anda juga memiliki opsi untuk berkemah dan menginap di area tersebut.

Selain menyediakan fasilitas penginapan, Anda dapat membawa peralatan kemah sendiri dan pastikan untuk mengabadikan keindahan sunrise dan sunset di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Sebagai upaya mendukung kenyamanan para pengunjung, pemerintah setempat telah menyediakan berbagai fasilitas.

Fasilitas umum yang tersedia meliputi area perkemahan, tempat penginapan, fasilitas toilet, dan beberapa warung makan.

Meskipun tidak berpenghuni, pihak pemerintah telah menyediakan sebuah rumah yang berfungsi sebagai pos jaga untuk memberikan informasi kepada pengunjung.

Beragam keunikan yang dimiliki oleh Pulau Maspari menjadikannya sebagai sebuah permata tersembunyi yang layak untuk dikunjungi.

Dengan adanya fasilitas yang sudah cukup memadai dan beragam potensi aktivitas wisata yang luar biasa, Pulau Maspari menjadi pilihan destinasi liburan yang sangat layak untuk dipertimbangkan selanjutnya.

Demikian ulasan tentang Menemukan Keajaiban Tersembunyi di Pulau maspari seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Friska lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 jam lalu

Terpopuler