x

Presiden Joko Widodo meninjau langsung progres pembangunan Kantor Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat, 1 Maret 2024. Kantor Presiden baru ini diharapkan menjadi ikon Ibu Kota Nusantara, terutama dengan adanya burung Garuda yang menjadi simbol infrastruktur di tengah Kota Nusantara. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Iklan

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 15 Maret 2024 08:14 WIB

Kenapa Pak Jokowi Minta Revisi Desain Istana Wapres di IKN?

Kementerian PUPR belum memutuskan apakah desain Istana Wapres akan dilelang atau cukup direvisi. Faktanya, sangat mungkin di periode pemerintahan 2024-2029 istana itu akan ditempati Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kenapa Presiden Jokowi memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk merevisi desain Istana Wapres di Ibu Kota Nusantara (IKN)? Entahlah,  Basuki Hadimuljono hanya mengatakan sebenarnya sudah ada desain awal untuk Istana Wapres, namun, Jokowi meminta sejumlah perubahan.

"Desainnya berubah. Waktu lelang pertama kami dengan desain juara pertama, tetapi setelah dilihat Bapak Presiden, perlu direvisi sehingga kita revisi," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3), seperti dikutip cnnindonesia.com

Ini memang menarik. Faktanya, sangat mungkin di periode pemerintahan 2024-2029 istana itu akan ditempati Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi. Gibran adalah calon wkail presiden yang menjadi pasnagan capres Prabowo dalam Pilpres 2024. Saat ini pasnagan nomor urut 2 tersebut tengah unggul dalam perhitungan suara dengan perolehan 58%.

Kementerian PUPR belum memutuskan apakah desain Istana Wapres akan dilelang atau cukup direvisi. Desain tersebut adalah salah satu pemenang sayembara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Nanti, saya harus cek dulu ke teman-teman Ditjen Cipta Karya yang sedang menyiapkan desainnya. Apabila ada yang harus dikoreksi, kami koreksi dulu, kami perbaiki, baru kami lelang,” ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, usai Rapat Koordinasi Nasional IKN di Jakarta, Kamis, 14 Maret 2024, seperti dikuti tempo.co.

Pembangunan Istana Wapres di IKN yang diperkirakan membutuhkan anggaran Rp1,7 triliun, dijadwalkan dimulai pada Juli 2024. Pembangunan itu ditargetkan selesai pada 2025. Danis optimistis Istana Wapres dapat selesai tepat waktu. Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir 20 Oktober 2024.

Desain Istana Wapres bertema Huma Betang Umai merupakan salah satu pemenang sayembara desain arsitektur yang diadakan Kementerian PUPR pada Maret 2022.

Hasil sayembara tersebut tidak menghasilkan pemenang tunggal. Dua karya desain, yaitu Huma Betang Umai oleh Daliana Suryawinata dari SHAU, dan Istana Kerakyatan oleh Andy Siswanto dipilih sebagai pemenang bersama. Pemenang ketiga adalah Dwi Arya Wibawa oleh Budi Pradono.

Basuki saat konferensi pers di Istana Presiden, di Jakarta, Rabu (13/3), mengatakan bahwa desain Istana Wapres berubah setelah mendapatkan perintah dari Presiden Jokowi.

“Desainnya berubah, waktu lelang pertama, kami dengan desain yang juara sayembara pertama, tetapi setelah dicek Pak Presiden beliau melihat perlu direvisi sehingga kami revisi … Lelang ulang atau tidak itu nanti,” ujar Basuki.

Cnnindonesia,com menulis bahwa selain membangun istana presiden, pemerintah juga membangun kantor untuk empat kementerian koordinator dan sejumlah kementerian. Untuk kepentingan pembangunan gedung wakil presiden pemerintah telah melakukan lelang pembangunan.

Lelang itu termasuk di dalam proyek 'Pembangunan Sarana Prasarana Pemerintahan II di Ibu Kota Negara'. Situs LPSE Kementerian PUPR telah menampilkan proyek itu. Dikutip dari detik, nilai pagu paket Rp 1,7 triliun. Sementara itu, nilai HPS paket Rp 1,7 triliun.

Ikuti tulisan menarik Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu