x

Iklan

MAI WANDEU NEWS

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Februari 2024

Kamis, 21 Maret 2024 13:19 WIB

Pasca Banjir, PKBI Berikan Layanan Kesehatan bagi Ibu, Anak dan Lansia

Di tengah situasi sulit ini, PKBI Daerah Sumatera Barat melalui program Voice for Inclusiveness Climate Resilience Action hadir untuk membantu. PKBI melakukan assessment awal dan memberikan layanan kesehatan reproduksi bergerak di Nagari Kampung Galapung, Kecamatan Ulakan Tapakis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Padang Pariaman beberapa waktu lalu meninggalkan luka mendalam bagi masyarakat, terutama bagi perempuan, balita, bayi, dan lansia. Dampak terberat dirasakan pada kesehatan mereka yang terganggu akibat akses layanan kesehatan yang terbatas.

Di tengah situasi sulit ini, PKBI Daerah Sumatera Barat melalui program VICRA (Voice for Inclusiveness Climate Resilience Action) hadir untuk membantu. PKBI Daerah Sumatera Barat telah melakukan assessment awal dan memberikan layanan kesehatan reproduksi bergerak (mobile) di Nagari Kampung Galapung, Kecamatan Ulakan Tapakis. Sebanyak 884 jiwa yang terdampak di Nagari tersebut, dengan Jumlah bayi sebanyak 12 orang, balita 35 orang, ibu hamil 2 orang, ibu nifas 1 orang, ibu menyusui 14 orang, WUS 96 pasang.

Dampak Banjir pada Perempuan, Balita, dan Lansia

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banjir tak hanya merenggut harta benda, tapi juga berakibat pada kesehatan masyarakat, terutama perempuan, balita, bayi, dan lansia. Berikut beberapa dampak yang dirasakan:

  • Tergangunya akses layanan kesehatan : Fasilitas kesehatan di daerah terdampak banjir banyak yang rusak, sehingga akses terhadap layanan kesehatan menjadi terhambat.
  • Meningkatnya risiko penyakit : Kondisi sanitasi yang buruk pasca banjir meningkatkan risiko penyakit, seperti diare, infeksi saluran pernapasan, dan penyakit kulit.
  • Trauma psikologis : Bencana alam dapat meninggalkan trauma psikologis yang mendalam, terutama bagi perempuan dan anak-anak.

PKBI Berkontribusi dengan Layanan Kesehatan Reproduksi

Melihat kondisi tersebut, PKBI bergerak cepat untuk membantu masyarakat. Bantuan yang diberikan meliputi:

  • Layanan kesehatan reproduksi bergerak : Tim medis PKBI mendatangi langsung masyarakat di daerah terdampak untuk memberikan layanan kesehatan reproduksi, seperti pemeriksaan kesehatan ibu hamil, nifas, dan KB.
  • Pemberian KIT PPAM : PKBI membagikan paket Perlengkapan Persalinan Aman (KIT PPAM) yang berisi paket bayi baru lahir, paket ibu hamil, paket ibu nifas, dan paket wanita usia subur.

PKBI: Melengkapi Bantuan Pemerintah dan Mitra

Meskipun pemerintah dan mitra sudah memberikan bantuan, namun rata-rata bantuan tersebut belum maksimal, terutama untuk layanan kesehatan reproduksi. PKBI hadir untuk melengkapi bantuan yang ada dan memastikan kebutuhan kesehatan masyarakat terpenuhi, terutama di masa pemulihan pasca bencana.

Ikuti tulisan menarik MAI WANDEU NEWS lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu