Fakta dan Makna Paskah Secara Universal

Rabu, 27 Maret 2024 18:55 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagian orang di luar sana mungkin mengatakan Paskah hanya bertalian dengan umat Kristiani. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada banyak fakta dan makna yang dapat dipelajari bagi setiap orang, tanpa mempertimbangkan agamanya.

    Bagi umat Kristiani di seluruh dunia, Paskah merupakan hari yang didevosikan untuk mengenang wafatnya Isa Almasih di Kayu Salib untuk menghapus seluruh dosa manusia di dunia. Sebagian orang di luar sana mungkin mengatakan bahwa Paskah hanya bertalian erat terhadap umat Kristiani saja. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada banyak fakta dan makna yang dapat dipelajari bagi setiap orang, tanpa mempertimbangkan agamanya.

     Pertama, bagi umat Kristen Katolik, sebelum Paskah dilaksanakan, mereka akan menjalani Tri Hari Suci. Tri Hari Suci terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci. Berikut adalah penjelasan dari setiap hari tersebut.

   Kamis Putih ditujukan untuk mendevosikan perjamuan malam terakhir, atau hari Yesus membasuh kaki para muridNya dan memecah-mecahkan roti dan mencelupkannya ke dalam anggur sebagai manifestasi tubuh dan darah Kristus yang harus selalu dikenang.

   Di sisi lain, Jumat Agung ditujukan untuk mengenang penyaliban Yesus di Bukit Golgota untuk menebus dosa setiap manusia. Tidak sampai di situ, di dalam Sabtu Suci, umat Katolik menyalakan api dan lilin, kemudian membunyikan lonceng. Hal ini sepenuhnya untuk melambangkan kematian Yesus, peralihan masa Prapaskah menuju Paskah, dan pengukuhan calon baptisan.

      Ada banyak hal yang dapat dipelajari oleh umat dari berbagai agama di dunia. Pertama, kita harus memiliki sikap rendah hati dan sederhana dalam menjalani kehidupan, seperti Yesus yang rela membasuh kaki para muridNya. Selain itu, kita harus rela berkorban ataupun mengalah, kendati kita banyak disalahkan, difitnah, atau direndahkan. Perlu diakui, ini bukan hal yang mudah, tetapi mari kita jalankan secara bersama-sama. 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Joseph Hiwakari

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua