x

Nuzulul Qur\x27an adalah malam penuh keberkahan bagi umat Islam.

Iklan

Ahmad mizamul rikhil qulub Mizam

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2023

Kamis, 28 Maret 2024 13:31 WIB

Amalan-amalan Nuzulul Qur’an di Bulan Ramadan 2024

Amalan-amalan yang dianjurkan pada malam Nuzulul Quran antara lain membaca Al-Quran dengan konsisten, memperbanyak itikaf di masjid, serta melaksanakan sholat malam dan berdoa. Melakukan amalan-amalan ini dengan niat ikhlas diharapkan dapat mendatangkan berkah dari bulan Ramadan bagi umat Islam.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kapan nuzulul qur’an 2024 ?

Nuzulul qur’an jatuh pada tanggal 17 ramadan, adapun tanggal peringatan nuzulul qur’an 17 ramad  an 1445 hijriah dalam kalender masehi menurut hasil sidang PP Muhammadiyah.

Menurut kementrian agama .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nuzulul qur’an akan di peringati kamis,28 maret 2024, berdasarkan hasiil sidang isbat yang menetapkan 1 ramadhan 1445 hijriah jatuh pada selasa, 12 maret 2024.

Menurut muhammadiyah.

Nuzulul qur’an akan di peringat pada tanggal 27 maret 2024, yang bertepatan dengan tanggal 17 ramadan 1445 hijriah, penetapan ini di dasarkan pada hasil prhitungan Ramadan pada tanggal 11 maret 2024, hal ini diumummkan melalui maklumat nomor 1/MLM,l.0./E/2024 yang di tandatangani oleh ketua PP muhammadiyah, haedar nashir, dan sekretaris pp muhammadiyah, abdul mu’ti, pada tanggal 12 januari 2024.

Dan di antaranya amalanya sebagai berikut.

Pertama, membaca al qur’an

Salah satu metede yang paling efektif untuk menghabiskan malam nuzulul qur’an adalh dengan konsisten membaca al qur’an, di blan Ramadhan, sebagai contoh, dapat diterapakan target untuk menyelesaikan membaca al qur’an setidaknya sekali.

Kedua, memperbayak I’tikaf,

Untuk mendapakan keutamaan malam nuzulul qur’an, umat islam juga bisa memperbayak I’tikaf di masjid, I’tikaf memang bisaa di lakukan kapan saja, akan tetapi lebih dianjurka untuk itikaf di bulan ramadhan karena banyak memiliki keistiimewahan.

Ketiga,melakukan sholat malam dan berdoa,

Amalan yang bisa di lakukan pada malam nuzulul qu’an yaitu dengan melaksanakan sholat malam da berdoa, kita bisa meraih banyak keutamaan jika melaksanakan sholat malam karna sholat malam merupakan yang paling utama setelah sholat lima waktu, pahalanya melaksanakan solat malam adalah sama dengan ketamaan layaknya sedekah yang di lakukan secara rahasia.

Nha, itulah amalan amalan ketika nuzulul qur’an yang kamu bisa lakukan pada malam nuzulul qur’an di bulan Ramadan, lakukan dengan niat ikhlas supaya kamu dapat berkah dari bulan ramadhan.

Ikuti tulisan menarik Ahmad mizamul rikhil qulub Mizam lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler