x

Iklan

Yuyun Sunarsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Mei 2024

Jumat, 10 Mei 2024 14:36 WIB

Tanda-tanda Mental Lemah dan Tip Mengatasinya

Tanpa kita sadari, banyak di antara kita yang mengalami lemah mental padahal sudah memasuki usia dewasa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tanpa disadari banyak di antara kita yang mengalami lemah mental padahal sudah memasuki usia dewasa. Faktor penyebab seseorang lemah mental dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti lingkungan tempat tinggal, pola pikir yang dimiliki sejak kecil, kurangnya pengalaman, bahkan perlakuan yang diterima dari keluarga sejak kecil. 

Oleh karena itu, dalam mencapai kesuksesan baik dalam karir maupun bisnis, hal-hal seperti skill, keberuntungan, uang, latar belakang pendidikan atau wawasan saja tidak cukup. Mental yang kuat juga berperan besar dalam keberhasilan setiap jalan dan rencana yang ingin Anda laksanakan serta tujuan yang ingin Anda capai.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan meningkatkan diri. Nah, jika Anda ingin mengetahui apakah mental Anda lemah dan ingin memperbaikinya. Berikut beberapa tanda Mental Lemah dan tips mengatasinya.

Tanda-Tanda Mental Lemah

Tidak Dapat Membuat Keputusan Untuk Diri Sendiri

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sifat atau kebiasaan ini biasanya muncul karena Anda terlalu sering membiarkan orang lain mengatur dan mengarahkan arah hidup Anda. Misalnya orang tua yang memilih jurusan kuliah atau membiarkan teman belajarnya menentukan ide, atau tidak pernah berani menjadi pemimpin suatu organisasi.

Kebiasaan membiarkan orang lain menentukan segala sesuatu yang berhubungan dengan Anda akan membuat Anda ragu untuk memilih pilihan sendiri. Jika hal ini terus berlanjut maka kebiasaan ini akan menjadi perilaku ketergantungan yang akan merugikan Anda di kemudian hari. Sesuatu yang terlalu diganggu oleh orang lain dan bukan merupakan hasil dari keputusan Anda sendiri biasanya akan berujung pada penyesalan, Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut bukan?

Tips: Anda bisa memulai semuanya dari hal kecil. Sebab sifat tersebut bisa muncul dari kurangnya kemandirian dan terlalu bergantung pada orang lain. Perubahan kecil yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sifat tersebut adalah dengan mencoba melakukan semuanya sendiri, seperti pergi berbelanja sendirian, menonton film pilihan sendiri, makan di restoran favorit sendiri, atau berlibur sendirian.

Ketergantungan Yang Berlebihan

Pernahkah akhir-akhir ini Anda merasa tidak bisa melakukan apa pun jika orang lain tidak memberi tahu atau melakukannya untuk Anda? Jika iya, berarti Anda sudah memasuki tahap perilaku ketergantungan berlebihan. Apalagi Anda mengalaminya pada usia produktif yakni 21 tahun ke atas. Di usia tersebut seharusnya Anda sudah bisa melakukan dan memutuskan segala sesuatunya sendiri.

Jika hal ini terus berlanjut, ketergantungan berlebihan yang Anda alami saat ini perlahan bisa merusak rasa percaya diri Anda hingga membuat Anda sulit mencari pekerjaan dan bersosialisasi.

Tips: Kini cara menghilangkan ketergantungan berlebihan tersebut adalah dengan berusaha melakukan segala aktivitas sehari-hari sendiri semaksimal mungkin. Seperti memasak makanan sendiri, memilih hobi yang bisa mengekspresikan diri semaksimal mungkin, seperti melukis atau memainkan alat musik.

Dengan melakukan hal ini, perlahan Anda akan terbiasa melakukan setidaknya satu hal rutin secara mandiri, mulai dari mencari informasi sendiri, mempelajarinya sendiri, dan mempraktikkannya sendiri.

Mudah Menyerah

Mudah menyerah merupakan salah satu dari sekian banyak dampak negatif yang muncul akibat kurangnya rasa percaya diri. Biasanya sifat mudah menyerah muncul karena tekanan baik dari lingkungan atau pekerjaan yang terlalu berlebihan namun tidak memberikan dukungan. Jadi seseorang memilih untuk cepat menyerah bahkan sebelum mencoba.

Untuk itu dukungan dan nasehat merupakan hal yang penting agar orang yang mudah menyerah menjadi semangat dan optimis dalam menjalankan apa yang telah direncanakannya.

Tips: Jika Anda merasa termasuk tipe ini. Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sifat tersebut adalah dengan menerapkan komitmen bahkan pada hal terkecil sekalipun. Misalnya, berkomitmen untuk hanya mengeluarkan Rp30 per hari untuk makanan selama seminggu. Kamu juga bisa berkomitmen untuk mengonsumsi serial drama Korea favoritmu dengan catatan hanya menonton 1 episode per hari hingga episode berakhir.

Tidak ada salahnya menerapkan latihan untuk memperkuat komitmen dan disiplin terhadap hal-hal yang Anda sukai. Jangan lupa, catatlah setiap pencapaian yang kamu raih dan kembangkan latihan ini menjadi hal yang lebih besar seperti komitmen untuk belajar alat musik atau memasak makanan hingga kamu bisa.

Kesulitan Mengontrol Emosi

Kesulitan mengendalikan emosi biasanya akan membuat Anda melakukan sesuatu secara impulsif atau tiba-tiba tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Seperti ngobrol yang bisa menyakiti hati orang lain hingga berbelanja barang yang tidak penting hanya karena bosan.

Tidak bisa mengendalikan emosi juga bisa menyebabkan hubungan Anda dengan orang lain, baik itu teman dekat, teman sekantor, maupun orang di sekitar Anda menjadi renggang karena terlalu sensitif, mudah tersinggung, bahkan keras kepala dan tidak mau mendengarkan orang lain. rakyat. Kesulitan mengendalikan emosi juga bisa muncul akibat stres dan beban kerja yang berlebihan, lingkungan yang beracun, serta gaya hidup yang tidak sehat.

Tips: Bisa sangat merugikan diri sendiri, salah satu hal mudah yang bisa dilakukan untuk masalah seperti ini adalah coba cari informasi tentang manajemen amarah di internet, konsultasi ke psikolog, ceritakan ke banyak orang terdekat tentang hal tersebut. permasalahan yang sedang kamu hadapi, jauhi media sosial, dan pergilah berlibur untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Ketahui Tanda-Tanda Mental Lemah seperti yang dilansir olx88. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Yuyun Sunarsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler