x

Foto: jcomp/Freepik

Iklan

Adil Tigo Abdillah, S.E.

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2024

Kamis, 30 Mei 2024 12:10 WIB

Makin parah! Cuaca Panas Ekstrem Melanda Beberapa Wilayah di Indonesia

Kondisi cuaca ekstrem ini juga berdampak pada sektor pertanian. Di beberapa daerah, petani melaporkan kesulitan mengairi sawah dan ladang mereka karena sumber air mengering. Di Banyumas, beberapa petani mulai beralih ke tanaman yang lebih tahan terhadap panas dan kekeringan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semarang, 29 Mei 2024 - Indonesia saat ini sedang menghadapi cuaca panas ekstrem di berbagai wilayah, terutama di Pulau Jawa. Suhu di beberapa daerah telah mencapai lebih dari 35 derajat Celsius, memicu peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG mencatat bahwa kondisi ini disebabkan oleh perubahan pola angin dan rendahnya curah hujan yang biasanya terjadi pada bulan Mei hingga Juli.

 

Wilayah Terdampak

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semarang, Surabaya, dan Jakarta termasuk dalam daerah yang paling terdampak. Di Semarang, suhu siang hari bisa mencapai 36 derajat Celsius. Warga diimbau untuk memperbanyak konsumsi air, menghindari aktivitas berat di luar ruangan pada siang hari, dan mengenakan pakaian yang menyerap keringat untuk mencegah dehidrasi dan heatstroke.

Di Jakarta, kondisi ini memperburuk kualitas udara yang sudah kritis akibat polusi. Pihak berwenang mengeluarkan peringatan bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan pernapasan untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Dampak Ekonomi dan Sosial

Kondisi cuaca ekstrem ini juga berdampak pada sektor pertanian. Di beberapa daerah, petani melaporkan kesulitan dalam mengairi sawah dan ladang mereka karena sumber air yang mulai mengering. Di Banyumas, beberapa petani bahkan mulai beralih menanam tanaman yang lebih tahan terhadap panas dan kekeringan.

Di sektor energi, peningkatan penggunaan pendingin ruangan dan kipas angin menyebabkan lonjakan konsumsi listrik. PLN mengimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan listrik pada puncak siang hari guna menghindari pemadaman bergilir.

Langkah-Langkah Pencegahan

Pemerintah daerah di berbagai wilayah telah mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi dampak dari cuaca ekstrem ini. Di Semarang, Dinas Kesehatan membagikan panduan untuk menjaga kesehatan selama cuaca panas dan menyiagakan fasilitas kesehatan untuk menangani kasus heatstroke.

BMKG terus memantau kondisi cuaca dan memberikan informasi terkini melalui berbagai saluran komunikasi. Masyarakat diimbau untuk selalu mengikuti update cuaca dan mengikuti rekomendasi dari pihak berwenang.

 

Tanggapan Masyarakat

Beberapa masyarakat memanfaatkan situasi ini dengan cara kreatif. Di Yogyakarta, misalnya, beberapa kafe menyediakan minuman khusus untuk menyegarkan tubuh selama cuaca panas. Di Malang, beberapa komunitas mengadakan kegiatan indoor untuk menghindari panas terik, seperti workshop kerajinan tangan dan kelas memasak.

 

Kesimpulan

Cuaca panas ekstrem yang melanda beberapa wilayah di Indonesia memerlukan kewaspadaan dan adaptasi dari semua pihak. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, dampak negatif dari fenomena ini diharapkan dapat diminimalisir.

 

Sumber:

- ANTARA News: "Cuaca Panas Ekstrem di Beberapa Wilayah Indonesia"【5†source】.

- Kompas: "Dampak Cuaca Panas Ekstrem di Jawa"【5†source】.

- BMKG: Laporan Cuaca Terkini.

Ikuti tulisan menarik Adil Tigo Abdillah, S.E. lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler