x

Iklan

Antonius Satria Hadi
Bergabung Sejak: 17 Maret 2024

Jumat, 7 Juni 2024 17:51 WIB

Keraton Yogyakarta Gelar Trial Tour Wisata Budaya

Keraton Yogyakarta mengadakan trial tour atau uji coba paket wisata budaya dengan konsep deep experience yang menekankan pada pengalaman mendalam bagi para wisatawan. Program ini diinisiasi oleh Gusti Kanjeng Ratu Bendara dan bertujuan menyempurnakan paket wisata budaya yang ditawarkan keraton.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keraton Yogyakarta mengadakan trial tour atau uji coba paket wisata budaya dengan konsep deep experience yang menekankan pada pengalaman mendalam bagi para wisatawan pada Jumat (07/06/2024) pukul 08.30 WIB. Program ini diinisiasi oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara dan bertujuan untuk menyempurnakan paket wisata budaya yang ditawarkan oleh Keraton Yogyakarta

GKR Bendara menjelaskan bahwa trial tour ini dimulai dari Pendopo Ndalem Mangkubumen yang berlokasi di Kampus 1 UWM dan berlangsung selama 7 hingga 8 jam. Pada uji coba ini, calon wisatawan akan memulai perjalanan mereka dengan mengganti pakaian menjadi Abdi Dalem dan kemudian dibagi menjadi beberapa grup untuk mengikuti tur di dalam keraton.

"Di dalam keraton, wisatawan akan diberikan penjelasan mengenai struktur keraton dan diajari cara untuk naik turun pendopo," kata GKR Bendara. "Selanjutnya, wisatawan akan dibagi menjadi beberapa tur utama diantaranya adalah tur arsitektural dan tur botanical," ujar dia menambahkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada botanical tur, wisatawan akan diajak untuk fokus pada pohon dan tanaman yang ada di dalam keraton serta lingkungan sekitarnya, seperti Tamansari. Sementara itu, arsitektural tur akan membawa wisatawan dari keraton hingga Tamansari, memberikan pengetahuan mendalam mengenai arsitektur keraton. Selain itu, wisatawan juga akan diajari cara menulis aksara Jawa dan meramu jamu, memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan mendalam.

"Trial tour ini bertujuan untuk melihat dan menyempurnakan paket wisata yang kami tawarkan, agar sesuai dengan istilah 'dol-able', serta target pasar kami adalah wisatawan mancanegara, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk wisatawan domestik, dengan durasi tur yang lebih pendek, sekitar 4 jam," tambah GKR Bendara.

Pak Candra, anggota POKDARWIS sekaligus Abdi Dalem Keraton Yogyakarta, juga memberikan keterangannya terkait pelaksanaan trial tour ini. "Setelah dari Pendopo Ndalem Mangkubumen, wisatawan akan menuju Tamansari, kemudian ke Ndalem Pakuningratan, Sasono Hinggil, dan kembali lagi ke Ndalem Mangkubumen. Transportasi yang digunakan dalam tur ini adalah becak," ujar Pak Candra.

Trial tour ini merupakan langkah awal dalam memperkenalkan dan menyempurnakan paket wisata budaya di Keraton Yogyakarta, dengan harapan dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan edukatif bagi para wisatawan.

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler