x

Iklan

Agus Waka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sungai Cibanjaran Meluap, Hektaran Sawah dan Pemukiman Warga Tergenang

Akibat pendangkalan, sungai Cibanjaran meluap menyebabkan hektaran lahan sawah dan pemukiman di desa sinagar dan desa linggajati tergenang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sungai cibanjaran adalah salah satu sungai yang terletak diwilayah desa sinagar dan desa linggajati kecamatan sukaratu, yang mana pada saat ini sungai tersebut mengalami pendangkalan yang cukup serius. Saat ini musim hujan tiba, air dari sungai tersebut meluap hingga hektaran sawah dan pemukiman warga tergenang air.

Warga desa sinagar dan sekitarnya sangat mengharapkan kepada pihak terkait untuk melakukan pengerukan saluran sungai tersebut. Dampak dari pendangkalan sungai cibanjaran telah mengakibatkan bencana bagi warga sekitar.  

Salah seorang warga Desa Sinagar, Sulton, menuturkan, "Ketika musim hujan tiba sungai tersebut airnya meluap yang mengakibatkan hampir 4 hektar sawah tergenang luapan air yang meluap dari sungai cibanjaran sehingga hektaran sawah yang tergenang hampir menyerupai danau. Sehingga mengakibatkan gagal panen. Selain menggenangi area pesawahan luapan air dari saluran sungai cibanjaran itu juga menggenangi pemukiman warga."

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banjir juga menyebabkan kerugian yang cukup besar terhadap usaha pemeliharaan ayam dan ikan warga. Seperti kejadian pada musim hujan kemarin, hampir 700 ekor ayam mati tergenang air. Selain itu, kolam ikan milik warga juga mengalami kerugian yang lumayan besar karena tergenang luapan air," jelasnya.

Hal senada pun dilontarkan salah seorang staf Desa Sinagar Rahmat.

"Saat ini pihak pemerintah desa akan melakukan upaya penanggulangan agar tuntutan warga dapat terealisasi terutama warga sekitar kampung babakan kondang yang sering kali terkena imbas dari luapan sungai cibanjaran. Kami atas nama pemerintahan Desa akan berkordinasi dengan pihak terkait untuk membahas mengenai masalah itu. Sementara warga dan pihak desa telah melaksanakan musyawarah untuk membahas masalah menanggulangan hal itu, dengan berupaya untuk mendatangkan alat berat untuk melakukan pengerukan saluran sungai cibanjaran yang mengalami pendangkalan. Karena kalau dilaksanakan dengan cara manual itu tak mungkin karena lokasi sungai cibanjaran yang harus dikeruk sangatlah luas. Selain itu yang menjadi kendala utama dalam hal ini adalah masalah pendanaan, mengungat sangat terbatasnya kiemampuan yang kami miliki, sehingga kami atasnama pemerintahan desa dan warga berupaya untuk menggandeng pengusaha pasir yang memiliki alat berat untuk melakukan pengerukan saluran sungai cibanjaran. Yang saat ini memang mengalami pendangkalan. Untuk itu kami perlu dukungan dari semua pihak terutama dari unsure muspika yang ada di kecamatan sukaratu agar upaya pengerukan sungai ibanjaran yang mengalami pendangkalan segera dapat teratasi," paparnya.

Ikuti tulisan menarik Agus Waka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler