x

Iklan

muthiah alhasany

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menjadi Cerdas Karena Menulis

Menulis membuat seseorang lebih cerdas karena harus banyak membaca untuk referensi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu keuntungan yang tidak bisa dinilai dengan materi adalah kecerdasan. Namun kecerdasan itu sendiri harus selalu diasah. Ibarat pisau, jika didiamkan akan berkarat. Sedangkan kalau terus digunakan, justru akan semakin tajam. Demikian juga dengan menulis, membuat kita bertambah cerdas karena terasah terus menerus.

Menulis tentu bukan sekedar menulis. Seorang penulis, selain membutuhkan ide, juga membutuhkan referensi atau literasi. Tulisan yang mendalam menandakan penulisnya memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.  Hal itu bisa didapatkan dari pengalaman, buku-buku atau media massa. Jika sebuah tulisan tanpa referensi, akan terasa garing dan dangkal.

Karena itu, untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas baik, maka penulis dipaksa untuk banyak membaca. Jika ia ingin menulis tentang politik, maka harus membaca artikel, atau buku politik dan selalu mengikuti perkembangan politik terbaru. Begitu pula dalam bidang-bidang lain, harus dipelajari terlebih dahulu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semakin banyak dan semakin sering kita menulis, maka semakin banyak bacaan yang kita 'telan'. Dengan sendirinya otak kita juga semakin banyak menyimpan ilmu pengetahuan. Terutama bila fokus di bidang tertentu. Suatu saat kita dipandang sebagai ahli di bidang itu.

Dengan selalu berkarya melalui tulisan, penulis juga semakin pandai bermain kata-kata. Penulis yang sudah berpengalaman, akan selalu menemukan judul dan tema yang menarik bagi pembaca. Tak heran jika tulisan-tulisannya dibaca hingga mencapai ribuan orang.

Mungkin kita pernah mendengar pepatah bahwa pena bisa lebih tajam daripada pedang. Maksudnya, tulisan dengan kata-kata yang tepat, akan bisa menggugah oarng lain. Kemampuan mengolah kata, ditambah dengan pengetahuan yang luas menjadikan seorang penulis sangat berbahaya. Apalagi jika tulisannya dapat memengaruhi banyak orang untuk percaya dan mengikuti.

Pada akhirnya, setiap tulisan akan menjadi sangat berarti dan ditunggu para pembaca. Penulis pun akan selalu terinspirasi dan menemukan banyak ide karena seringnya dia membaca dan menulis. Suatu fakta yang tak terbantahkan, menulis membuat kita semakin cerdas dari waktu ke waktu.

Ikuti tulisan menarik muthiah alhasany lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler