x

Iklan

Wawan Priyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Start dari P22, Rio Kecewa Mobilnya Kurang Cepat

Hal bagus dari pengembangan mobil Manor adalah mampu memangkas gap dari 5 detik menjadi 3 detik dengan mobil tercepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Upgrade yang dilakukan tim Manor Racing terhadap mobil Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein memang berdampak positif. Kedua mobil itu semakin kompetitif dan mampu memangkas gap hingga hanya 3 detik dari mobil tim Mercedes yang diperkuat Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Di FP1, gap antara mobil Manor dengan tim Mercedes masih di atas 5 detik.

Di babak kualifikasi, mobil Manor sudah di-setting sekaligus untuk balapan. Karena memang menurut peraturan FIA, mobil yang sudah masuk babak kualifikasi tidak boleh diutak-atik lagi. Hanya wing angle saja yang boleh diubah. Dengan setelan terbaik di babak kualifikasi, Sabtu malam, 14 Mei 2016, Rio hanya mampu menempati posisi ke-22 dan Pascal di posisi ke-21. Keduanya langsung out di Q1.

Rio hanya mampu mencatat waktu 1 menit 25.939 detik dan Pascal 1 menit 25.745 detik. Waktu tercepat atau pole position diraih Hamilton dengan 1 menit 22.000 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hasil ini membuat Rio kecewa. Menurut Rio, upgrade (sayap depan, lantai mobil, sayap belakang dan mesin) yang dilakukan sudah sangat baik dan mobil mampu melaju lebih cepat, tapi itu belum cukup untuk bisa berkompetisi dengan tim lain. "Sekarang saya fokus untuk balapan dan berharap tampil lebih baik lagi," kata Rio dalam release yang dikirim Manor Racing, Sabtu, 14 Mei 2016.

Hasil positif pengembangan mobil juga diamini Pascal. Menurutnya, development yang dilakukan Manor sudah baik tapi Sirkuit de Catalunya bukanlah sirkuit yang cocok untuk mobil Manor. "Mobil kami memerlukan lebih banyak downforce untuk bisa bersaing di Catalunya, dan itu (downforce) masih dalam pengembangan tim," ujar Pascal.

Manor, kata Pascal, juga belum menemukan solusi untuk mengurangi degradasi ban yang cukup cepat. "Saya rasa tim akan terus melakukan perbaikan, dan di balapan selanjutnya Manor akan bersaing di track yang lebih cocok dengan karakter mobil," Pascal, menambahkan.

Racing Director Manor Racing Dave Ryan mengatakan pengembangan mobil mulai terlihat dampak positifnya. Di sisi lain, sesuai dengan hasil free practice dan kualifikasi, Ryan mengakui mobil Manor masih perlu lebih banyak pengembangan lagi agar bisa bersaing dengan tim lain. "Rio dan Pascal melakukan pekerjaan yang baik. Mereka tentu kecewa dengan hasil yang kurang memuaskan. Namun demikian, kami akan terus bertarung dan bersaing dengan tim lain di balapan hari ini," tutur Ryan.

Foto: Manor Racing Media

Ikuti tulisan menarik Wawan Priyanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu