x

Iklan

Zulfa Ahmad Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengukur Peran Masjid Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan

Memberikan gambaran aneka kegiatan di Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Majalah Forbes pada September 2016 merilis data negara paling dermawan di dunia. Indonesia berada di urutan dua negara dengan tingkat kedermawanan tertinggi, dengan jumlah penduduk yang suka beramal kurang lebih 75%. Predikat ini diberikan bukan tanpa alasan karena jika kita lihat di Indonesia banyak gerakan sosial yang berkontribusi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan dengan berbagai cara. Gerakan sosial itu terbentuk dari berbagai latar belakang; keagamaan, perusahaan, keluarga, politik, bahkan kelompok remaja. Hal ini tidak lepas dari semangat gotong royong yang menjadi budaya Indonesia serta doktrin bersedekah yang diajarkan agama khususnya Islam yang merupakan agama mayoritas di Indonesia.

Selain dilihat dari banyaknya gerakan sosial yang ada. Bentuk kedermawanan masyarakat Indonesia bisa juga dilihat saat kegiatan keagamaan seperti ibadah sholat jumat, sholat ied, serta ibadah lainnya yang bagi umat muslim kegiatan itu menjadi salah satu media menyalurkan infak. Kegiatan ibadah sholat wajib bagi umat Islam bersifat rutin sehingga jumlah infak yang terkumpul dari hari ke hari semakin meningkat apalagi dengan jumlah muslim 87.2% dari total penduduk di Indonesia (BPS, 2010) tentu dana yang terkumpul di masjid-masjid bisa mencapai angka yang cukup besar. Di Provinsi DIY berdasarkan penelitian Adnan (2013) terdapat dana kotak amal sebesar Rp. 269,9 miliar atau setara $30 juta yang menganggur.  

Potensi dana infak yang begitu besar seharusnya bisa menjadikan masjid sebagai pendorong kesejahteraan bagi masyarakat. Sayangnya peran masjid di Indonesia dalam mengentaskan kemiskinan masih minim. Menurut data BPS angka kemiskinan di Indonesia pada Maret 2016 adalah 10.86% dari total penduduk. Penggunaan dana infak sebatas untuk pembangunan masjid, kegiatan pengajian rutin dan kegiatan peringatan hari-hari besar Islam saja. Dengan pengeluran yang relatif kecil itu seharusnya menyisakan dana yang cukup besar untuk bisa dioptimalkan manfaatnya bagi umat, sayangnya belum semua pengelola/takmir masjid menyadari pentingnya peran masjid dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan masjid yang terkadang begitu megah berbanding terbalik dengan kondisi masyarakat miskin yang rumahnya hampir roboh, bahkan banyak yang tidak memiliki rumah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Umat muslim yang berinfak di masjid tentu berharap uang mereka dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh takmir masjid untuk kebaikan. Tetapi mayoritas takmir masjid justru terkesan “menimbun” dana amal dan tidak menggunakannya selain untuk kepentingan mendesak dan berkaitan langsung dengan masjid. Larangan menimbun harta sebenarnya tercantum dalam QS. at-Taubah ayat 34 di mana ayat ini turun berkenaan dengan ahli kitab dan kaum muslimin yang sering menimbun harta benda. Menimbun dan menabung harta tentu memiliki makna yang berbeda, menimbun adalah menumpuk harta tanpa tujuan yang jelas. Sedangkan menabung memiliki tujuan jangka tertentu untuk dicapai sehingga pada akhirnya harta tersebut akan digunakan apabila telah mencapai nilai yang diharapkan. 

Memang tidak semua masjid seperti itu. Di Yogyakarta terdapat masjid yang cukup terkenal di masyarakat, bukan karena kemegahan atau keunikan bangunannya tetapi karena aneka program yang dilaksanakan oleh takmir masjid serta pengelolaan yang dipandang baik dan telah meraih Juara satu Lomba Masjid Besar Percontohan DIY 2016 yang diadakan oleh KEMENAG DIY. Masjid itu adalah Masjid Jogokariyan, sebuah masjid yang terletak di Jalan Jogokariyan no. 36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. 

Apa dan Bagaimana cara yang dilakukan Masjid Jogokariyan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya?  

Masjid di era Rasulullah dan sahabat merupakan pusat dari berbagai aktivitas umat muslim, menurut Dalmeri (2014)

“Masjid Nabawi oleh Rasulullah difungsikan sebagai: (1) pusat ibadah; (2) pusat pendidikan dan pengajaran; (3) pusat penyelesaian problematika umat dalam aspek hukum (peradilan); (4) pusat pemberdayaan ekonomi umat melalui Baitul Mal (ZISWAF); (5) pusat informasi Islam; (6) Bahkan pernah sebagai pusat pelatihan militer dan urusan-urusan pemerintahan Rasulullah.”

Memang kondisi di zaman itu jauh berbeda dengan yang ada saat ini sehingga masjid di zaman ini akan kesulitan jika harus menerapkan semua yang Rasulullah lakukan dahulu di masjid. Meskipun demikian sebagai umat muslim wajib berusaha semaksimal mungkin meneladani apa yang sudah dilakukan Rasulullah. Karena kaidah fiqih mengatakan “jika tidak bisa mewujudkan semuanya setidaknya jangan tinggalkan semuanya”.

Apa yang bisa kita wujudkan di masjid saat ini salah satunya menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti yang dilakukan di Masjid Jogokariyan. Sebagai peraih juara satu Lomba Masjid Besar Percontohan DIY 2016 masjid ini memiliki berbagai program yang bisa dijadikan contoh bagi masjid di seluruh Indonesia. Beberapa program itu antara lain:

  • Gerakan Jamaah Mandiri

“Terwujudnya masyarakat sejahtera lahir bathin yang diridhoi Allah melalui kegiatan kemasyarakatan yang berpusat di Masjid” Itulah visi Masjid Jogokariyan. Di tahun 2005 masjid jogokariyan menginisiasi gerakan jamaah mandiri, gerakan berupa ajakan kepada jamaah untuk berinfak dalam jumlah tertentu setiap sholat jumat agar dapat membiayai operasional masjid dalam satu tahun. Dengan kapasitas masjid sebesar 1200 orang, angka yang diperoleh adalah Rp. 1.500,-, sehingga apabila setiap jamaah menginfakkan hartanya minimal senilai Rp. 1.500,-/pekan dia termasuk jamaah mandiri, apabila lebih dari itu artinya dia telah mensubsidi jamaah lain, apabila kurang dari itu artinya dia disubsidi jamaah lain. Melalui gerakan ini total infak jumat yang diperoleh meningkat signifikan melebihi jumlah pengeluaran tahunan yang ditaksir. Sehingga dana yang dimiliki Masjid Jogokariyan dari tahun ke tahun meningkat seiring meningkatnya kepercayaan jamaah menitipkan infak mereka. Yang berbeda pada takmir Masjid Jogokariyan adalah mereka berusaha menggunakan dana dari jamaah semaksimal mungkin agar saldo kas mendekati Rp. 0,-/tahun. Mengapa demikian, karena bagi mereka uang dari jamaah adalah amanah untuk disalurkan dalam berbagai program yang bermanfaat, jadi sebisa mungkin tidak tertahan di rekening masjid. Berikut adalah ringkasan laporan keuangan Masjid Jogokariyan 4 tahun terakhir:

Tabel 1. Laporan Keuangan Takmir Masjid

Tahun

Pemasukan

Pengeluaran

Saldo

1433 H

  139.152.000

  122.094.000

  17.058.000

1434 H

  162.500.700

  135.235.000

  27.265.700

1436 H

  223.981.000

  217.952.000

    6.029.000

1437 H

  287.139.000

  234.527.000

  52.612.000

Sumber: Buletin idul fitri Masjid Jogokariyan

Pemasukan terbesar berasal dari infak jamaah jumat (Gerakan jamaah mandiri). Sedangkan alokasi pengeluran di tahun 1437H beberapa diantaranya untuk honor dan santunan tenaga kebersihan mencapai 12 juta/tahun, subsidi kegiatan organisasi di bawah naungan masjid mencapai 20,9 juta/tahun, santunan jamaah yang sakit sebesar 2,3 juta, dan pesangon KKN sebesar 500 ribu.    

  • Gerakan Jamaah Subuh

Demi meningkatkan jamaah sholat subuh, pada 2004 takmir membuat undangan unik seperti undangan pernikahan yang ditujukan pada setiap keluarga dalam wilayah dakwah masjid jogokariyan lengkap dengan nama serta dilengkapi hadits-hadits keutamaan Shalat Shubuh. Ide ini ternyata berhasil meningkatkan jumlah jamaah sholat subuh mencapai sepertiga jamaah sholat jumat atau kurang lebih 400 jamaah.  

Gerakan ini turut meningkatkan pemasukan masjid melalui kotak infak yang diputarkan. Sehingga takmir masjid bisa mengadakan sarapan gratis untuk jamaah shubuh setiap hari minggu di pekan pertama setiap bulannya. Selain itu dari dana infak shubuh takmir bisa membangun poliklinik di area masjid sebagai alternatif berobat bagi jamaah. Fasilitas ini diutamakan bagi penduduk di wilayah dakwah masjid Jogokariyan dan gratis untuk pengobatan ringan.

Tabel 2. Laporan Keuangan Kotak Infaq Jamaah Subuh

Tahun

Pemasukan

Pengeluaran

Saldo

1433 H

16.414.700

9.563.700

6.851.000

1434 H

15.890.900

4.555.500

11.335.400

1435 H

16.036.600

3.888.000

12.148.600

1436 H

26.102.600

11.870.000

14.232.600

1437 H

55.228.100

34.550.000

20.678.100

Sumber: Buletin idul fitri Masjid Jogokariyan

Pengeluaran dari kotak infak subuh 1437 H diantaranya untuk; bakti sosial di gunung kidul sebesar 4,6 juta, subsidi poliklinik sebesar 9 juta, santunan anak yatim sebesar 2,4 juta, dan konsumsi pengajian subuh sebesar 14,3 juta.

  • Kampung Ramadhan Jogokariyan

Program yang diadakan khusus di bulan Ramadhan ini berisi beberapa kegiatan. Pertama, Tarawih ala Madinah dan tarawih ala Gaza. Panitia ramadhan mendatangkan imam asli dari Madinah dan Gaza tujuannya untuk membuka wawasan jamaah tentang Madinah dan mendengar kabar tentang Gaza yang disampaikan langsung oleh imam tersebut pada saat ceramah tarawih.

Kedua, buka puasa bersama dengan porsi yang tersedia mencapai 1200. Total pemasukan kegiatan ini di tahun 1437 H sebesar Rp. 323.758.700,- dan menyisakan saldo Rp. 0,-.

Ketiga, pasar sore ramadhan yaitu kegiatan berwirausaha untuk masyarakat di sekitar masjid dengan berjualan di sepanjang jalan jogokariyan. Kegiatan ini gratis bagi para pedagang yang ingin berpartisipasi, panitia menyediakan meja dan kursi. Bahkan untuk calon pedagang yang tidak memiliki modal dan mengajukan bantuan modal kepada panitia akan diberikan modal yang berasal dari baitul maal masjid dengan akad qardh atau hibah bagi mereka yang memenuhi kriteria.   

  • Baitul Maal

Tidak banyak masjid yang memiliki baitul maal. Tetapi takmir masjid Jogokariyan berhasil mewujudkan dengan kepercayaan dari umat. Baitul Maal adalah program yang menampung dana zakat maal dari umat yang kemudian disalurkan kepada delapan golongan yang berhak menerima zakat.  

Tabel 3. Laporan Keuangan Baitul Mall Masjid Jogokariyan

Tahun

Pemasukan

Pengeluaran

Saldo

1435 H

165.954.150

130.715.150

35.239.000

1436 H

  230.122.000

  166.850.000

63.272.000

1437 H

253.651.500

79.512.000

174.139.500

Sumber: Buletin idul fitri Masjid Jogokariyan

Penyaluran di tahun 1437 H diantaranya diberikan kepada fakir miskin sebesar 29 juta, fisabilillah 49 juta, dan ibnu sabil/musafir sebesar 412 ribu.

  • Hotel Masjid Jogokariyan

Cita-cita menjadi Masjid yang mandiri mendorong inovasi dan usaha takmir masjid untuk bisa menjalani dakwah dengan dana infak yang dikelola secara baik sehingga pengeluaran masjid tidak menjadi beban bagi masyarakat. Justru masjid yang ingin diusahakan terus berkontribusi bagi masyarakat sekitar. Ini dibuktikan dengan dibangun hotel setara bintang tiga yang terdiri dari 10 kamar regular dan satu kamar vip di lantai tiga masjid. Setiap kamar dilengkapi TV, kamar mandi dalam dan AC sedangkan untuk kamar vip fasilitas tambahan berupa single bed, kamar mandi dengan air hangat, bathtub. Keuntungan dari usaha ini diharapkan bisa memberikan tambahan pemasukan untuk dakwah masjid. Berikut adalah laporan keuangan hotel masjid jogokariyan:

Tabel 4. Laporan Keuangan Hotel Masjid Jogokariyan

Periode

Pemasukan

Pengeluaran

Saldo

Jun-15

 

 

  17.651.847

Jul-15

  20.910.000

   11.467.402

  27.094.445

Agu-15

  13.970.000

    6.764.091

  34.300.354

Sep-15

   6.140.000

    5.169.014

  35.271.340

Okt-15

  16.290.000

    5.965.414

  45.595.926

Nov-15

   8.210.000

    6.672.653

  47.133.273

Des-15

  19.899.000

    7.980.850

  59.051.423

Jan-16

  11.450.000

    7.023.042

  63.478.381

Feb-16

   9.920.000

    7.033.458

  66.364.923

Mar-16

  13.420.000

    5.973.045

  73.811.878

Apr-16

  10.960.000

    7.523.426

  77.248.452

Mei-16

  21.270.000

    6.922.216

  91.596.236

Jun-16

   8.410.000

    7.259.697

  92.746.539

Sumber: Buletin idul fitri Masjid Jogokariyan

  • Aula Islamic Center Masjid Jogokariyan

Selain hotel, didirikan juga Aula Islamic Center sebagai ruang untuk berbagai acara yang disewakan untuk umum. Ruangan dengan daya tampung hingga 200 orang dengan fasilitas meja-kursi seminar, 5 buah AC, LCD projector dan sound system. Harga sewa Aula Islamic Center untuk Pukul 08.00-12.00 sebesar Rp 300.000,- Pukul 08.00-15.00 sebesar Rp 500.000,- dan Pukul 08.00-18.00 sebesar Rp 750.000,-. Dengan berbagai usaha ini keuntungan yang diperoleh akan dimanfaatkan seluruhnya bagi kepentingan dakwah dan mensejahterkan umat.   

Beberapa program yang dipaparkan di atas hanya sebagian kecil dari seluruh kegiatan yang ada di masjid jogokariyan yang sebenarnya sangat banyak. Tetapi dari sekian itu kita sudah dapat menyimpulkan bahwa apa yang mereka lakukan sangat inovatif dan patut dijadikan contoh bagi masjid lainya. Sudah seharusnya takmir masjid di Indonesia membuat visi yang jelas untuk kebaikan umat agar selanjutnya dapat membuat perencanaan kegiatan dan merealisasikan dengan baik yang pada ujungnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan ketaatan beribadah. Dengan begitu masjid dapat mewujudkan fungsinya tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai tempat pemberdayaan ekonomi, pendidikan dan pusat peradaban.

 

 

Daftar Pustaka

Adnan A. M (2013), An Investigation of the Financial Management Practices of the Mosques In The Special Region of Yogyakarta Province, Indonesia, Proceeding of Sharia Economics Conference- Hannover

Dalmeri (2014), Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Ekonomi Dan Dakwah Multikultural, Jurnal Walisongo Volume 22, Nomor 2, November.

Departemen Agama RI (2009), Syaamil Al-Quran The Miracle, Bandung: Sygma.

Muliana A Vina (2016), 10 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?, http://bisnis.liputan6.com/read/2613916/10-negara-paling-dermawan-di-dunia-indonesia-nomor-berapa, diakses 5 Desember 2016.

Papilanda Ditto (2013), Wow! Duit Kotak Amal Masjid Capai Rp 269 Miliar, http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/13/02/06/mhsd9p-wow-duit-kotak-amal-masjid-capai-rp-269-miliar, diakses 5 Desember 2016.

http://masjidjogokariyan.com/

Ikuti tulisan menarik Zulfa Ahmad Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB