x

Iklan

Novira Maharani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Generasi Muda Indonesia Bijak Teknologi

Generasi muda Indonesia adalah generasi emas yang akan membawa nama Indonesia menjadi lebih baik di masa depan. Generasi bijak untuk Indonesia bijak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

          Pada era yang sangat modern dan canggih ini, teknologi merupakan salah satu alat komunikasi yang dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Keberadaan teknologi tersebut pun memberikan banyak manfaat dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia setiap harinya. Bentuk teknologi pada zaman sekarang pun sangat bervariasi, bergantung pada kegunaan masing-masing teknologi tersebut. Salah satu teknologi yang sangat diminati setiap orang pada saat ini adalah gadget. Gadget pun sudah menjadi alat komunikasi yang wajib dimiliki oleh setiap orang dari berbagai jenis usia, jenis kelamin, hingga status sosial. Akan tetapi karena kuatnya arus teknologi dan budaya pada saat ini,keberadaan gadget pun memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi setiap penggunanya. Salah satu pengguna gadget yang akanb   saya bahas pada artikel ini adalah anak-anak sebagai pengguna gadget yang aktif, yang mana saya akan memberikan fokus terhadap anak-anak yang berada pada rentang usia 6-12 tahun. Anak-anak yang berada pada rentang usia tersebut cenderung menjadi pengguna gadget yang sangat aktif pada era teknologi ini, bahkan tidak sedikit anak-anak yang menjadi kecanduan terhadap gadget mereka tersebut. Hal ini tidak dapat terlepas dari kurangnya pengawasan, pengertian, dan pemahaman yang diberikan orangtua kepada anak mereka terhadap penggunaan gadget itu sendiri. Banyak orangtua yang memberikan kebebasan bagi anak mereka untuk menggunakan gadget tersebut, tanpa adanya peraturan tertentu mengenai waktu dan saat yang tepat untuk menggunakan gadget. Tidak sedikit orangtua yang juga memberikan fasilitas kepada anak mereka untuk memiliki gadget sendiri. Dengan adanya kebebasan dari para orangtua, banyak anak-anak yang mengalami kecanduan terhadap penggunaan gadget tersebut.

          Anak-anak tersebut menggunakan gadget dalam waktu yang sangat lama dan tanpa adanya pengawasan dari orangtua mereka. Hal ini dapat menjadikan gadget tersebut sebagai sumber dampak negatif kepada anak-anak. Dampak negatif yang diberikan gadget terhadap anak-anak tersebut pun sangat beragam, salah satunya adalah berkurangnya kemampuan mereka dalam bersosialisasi dengan lingkungan mereka. Anak-anak yang mengalami kecanduan terhadap gadet cenderung menjadi pribadi yang lebih tertutup, pendiam, dan memiliki stabilitas emosi yang rendah. Hal ini perlu menjadi sorotan yang sangat penting bagi para orangtua untuk memberikan perhatian terhadap tumbuh dan kembang anak-anak mereka. Para orangtua perlu menjadi lebih bijak kepada anak-anak mereka terhadap penggunaan gadget dalam kegiatan mereka sehari-hari. Menurut pendapat saya, jika orangtua dapat menjadi bijak dalam hal ini, fenomena kecanduan gadget pada anak-anak ini akan semakin berkurang. Orangtua dapat memberikan kebebasan bagi anak-anak mereka dalam menggunakan gadget selama hal tersebut juga disertai dengan pengawasan dan peraturan tertentu pada saat menggunakan gadget. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa gadget merupakan salah satu teknologi yang dapat memberikan banyak manfaat positif bagi anak-anak, dikarenakan beragamnya informasi yang dapat diperoleh dari gadget tersebut yang dapat menunjang aspek pendididikan dan pengetahuan mereka. Dengan adanya gadget, anak-anak tersebut dapat memperoleh banyak ilmu pengetahuan baru baik melalui bacaan, tontonan edukasi, serta permainan yang dapat mengasah kemampuan otak mereka.

          Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak merupakan generasi penerus bangsa ini,merekalah yang akan melanjutkan pembangunan negeri ini dan merekalah yang akan menjadi pemimpin bangsa ini di masa depan. Untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik di masa depan pastinya diperlukan generasi muda yang cerdas,berprestasi,dan berakhlak mulia. Hal ini bergantung kepada bagaimana cara yang diterapkan orangtua untuk mendidik anak-anak mereka. Orangtua yang bijaksana terhadap anak-anak mereka sangat diperlukan dalam mewujudkan generasi yang berprestasi. Karena bangsa yang sejahtera dan makmur bergantung kepada generasi yang memimpin bangsa tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Novira Maharani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

18 jam lalu

Terpopuler