x

Iklan

Rahman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Separatis Bersenjata Meresahkan

Tindakan separatisme pasti tindakan yang bertentangan dengan norma. Baik norma agama, norma masyarakat dan .....

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tindakan separatisme pasti tindakan yang bertentangan dengan norma. Baik norma agama, norma masyarakat dan norma hukum. Kerja separatis tidak jauh-jauh dari intimidas, teror, perkosaaan kepada rakyat dan bahkan membunuh sudah menajdi hal rutin. Karena separatisme adalah suatu paham   yang bertujuan memisahkan diri dari daerah tempat tinggalnya dari Negara yang menjadi induknya, yakni secara lambat laun berkembang menjadi Negara sendiri yang merdeka serta berdaulat. 

Sebagaimana yang telah dilansir   beberapa media terakhir ini dengan adanya  penembakan yang dilakukan oleh    Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Pasar Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (12/2) lalu. Tidak tanggung-tanggung  anggota TNI Satgas Ban Timsus Sinak itu ditembak saat sedang belanja kebutuhan sehari-hari di Pasar Sinak. Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit, membenarkan adanya kasus penembakan oleh KKSB yang menyebabkan satu anggotanya tewas. Menurut Pangdam, Pratu Sandi meninggal akibat luka tembakan yang dialaminya di telinga kiri hingga tembus ke pipi.

Dengan  adanya penembakan tersebut jangan salahkan kalau TNI akan bertindak tegas kepada kelompok separatis yang ingin mendirikan negara dalam negara yang bertentangan dengan hukum  yang berlaku. Karena dasar TNI untuk melakukuan penumpasan separatis di Papua dengan berpedoman pada   Pasal 7 ayat 2 UURI No 34 Tahun 2004 tentang TNI, mengisyaratkan pelaksanaan tugas pokok TNI dilakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu untuk mengatasi gerakan separatis bersenjata di Papua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Maka tidak salah kalau Panglima Besar Jenderal  Besar Soedirman mengingatkan kepada  TNI bahwa  pada suatu saat akan masuk pada Era perubahan tata pemerintahan dan tata masyarakat yang demokratis yaitu demokrasi itu sendiri bukanlah tujuan tetapi hanya sarana untuk mencapai tujuan. Amanatnya Panglima Jenderal Besar Soedirman dalam rangka memperingati hari APRI ( Angkatan Perang Republik Indonesia /ABRI ) yang mengatakan bahwa Anak-anakku, Tentara Indonesia, kamu bukanlah serdadu sewaan, tetapi prajurit yang berideologi, yang sanggup berjuang dan menempuh maut untuk keluhuran tanah airmu. Percaya dan yakinlah, bahwa kemerdekaan suatu Negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa harta benda dari rakyat dan Bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapapun juga”(Jogjakarta, 5 Oktober 1945).

Penyelesaian cara terbaik yang ditempuh Negara terhadap separatisme adalah pencegahan/preventif sesegera mungkin, karena telah mengarah kepada tindakan  kekerasan dan pembunuhan kepada aparat negara.  Penembakan  Pratu Sandi anggota Kopassus beberapa waktu yang lalu oleh separatis KKSB Papua tidak boleh dibiarkan.  Pelakunya harus tetap dicari hingga ketemu hidup atau mati. Sebab jika dibiarkan berkeliaran maka korban akan semakin banyak berjatuhan. Baik kerban sipil maupun dari korban aparat. Jadi Pelaku penembakan harus dituntaskan hingga ketangkap. Sebab jika tidak ada tindakan tegas bukan tidak menutup kemungkinan masih ada   korban lain.

Seperatis harus dilawan dengan kekuatan bersenjata karena kelompok KKSB  juga  memiliki senjata. Tidak ada tempat bagi pelaku kriminal. Mereka hanya dua pilihan,  kembali ke pangkuan NKRI atau   mati.  Lawan negara berarti separatisme KKSB siap melawan aparat TNI. Kalau tidak mau menyerah aparat harus berani ambil sikap tegas habisi hingga tidak tersisa. Rakyat Papua  selalu menanti karya aparat TNI dalam  menumpas  kejahatan bersenjata. Rakyat Papua akan selalu berdiri dibelakang aparat TNI demi kemaslahatan bangsa dan negara.  Rakyat Papua rindu kedamiaan dan kami butuh aparat yang tegas.

 

Ikuti tulisan menarik Rahman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu